cool hit counter 5 aplikasi iOS yang wajib Anda miliki

5 aplikasi iOS yang wajib Anda miliki

iOS kini menjadi salah satu platform sistem operasi mobile yang canggih dan mampu melakukan banyak hal. iOS 9 menjadi versi teranyar sistem operasi perangkat iPhone, iPad dan iPod touch dan menghadirkan beberapa fitur anyar untuk mendukung kegiatan keseharian penggunanya seperti Proactive Siri, penambahan fitur pada aplikasi Notes dan membuatnya semakin canggih hingga hadirnya content blocker untuk mempercepat loading halaman web di Safari.

Faktor lain yang membuat saya betah menggunakan iOS adalah banyaknya aplikasi pendukung buatan pengembang pihak ketiga di App Store. App Store menyediakan banyak aplikasi menarik untuk mendukung beragam kegiatan. Mulai dari games hingga aplikasi to-do list bisa Anda unduh melalui App Store. Jika Anda masih bingung mengunduh aplikasi apa, maka saya sudah merangkumkan 5 aplikasi iOS yang wajib untuk Anda miliki. Apa saja? Berikut daftarnya:

Tweetbot

tweetbot-4

Menginjak versi 4, Tweetbot kini menjadi aplikasi universal yang bisa Anda install baik pada iPhone atau iPad. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa harus membayar hanya untuk sebuah aplikasi bermain Twitter padahal tersedia aplikasi yang resmi dan gratis pula. Jawabannya adalah Tweetbot memiliki UI yang menarik serta mudah untuk digunakan. Dilengkapi dengan skema warna gelap untuk kenyamanan bermain Twitter di waktu malam, versi terbaru Tweetbot menambahkan fitur Activity dan Statistics sehingga Anda bisa mengetahui aktivitas akun Twitter yang dimiliki.

Download – Tweetbot

Launch Center Pro

launch-center-pro

Launch Center Pro merupakan sebuah aplikasi gudang shortcut atau jalan pintas. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk melakukan banyak aktivitas pada perangkat iOS dengan cepat. Contohnya: Tanpa Launch Center Pro, Anda harus masuk ke aplikasi Phone, mencari nama teman atau keluarga yang ingin ditelepon baru dapat melakukan panggilan telepon. Namun dengan Launch Center Pro, Anda bisa mengatur jalan pintas telepon ke teman atau keluarga tersebut. Cukup buka Launch Center Pro dan tap shortcut yang sudah dibuat dan Anda akan secara otomatis melakukan panggilan. Lebih cepat bukan? Tak terbatas pada melakukan panggilan, Launch Center Pro bisa dengan cepat mencari sebuah aplikasi di App Store, mengambil gambar untuk postingan baru di Instagram, mengirim pesan via iMessage, membuka halaman web di Safari, hingga memindai QR Code. Dengan update terbaru aplikasinya Anda bisa melakukan beragam hal lebih cepat lagi dengan menambahakan widget Launch Center Pro pada Notification Center.

Download – Launch Center Pro

Fantastical 2

fantastical

Fantastical 2 bukanlah sebuah aplikasi kalendar biasa. Rahasia utama Fantastical 2 adalah adanya natural language parser engine yang akan menerjemahkan kalimat yang Anda ketik menjadi sebuah catatan di kalendar. Anda bisa mengetik “Lunch with John tomorrow at 1pm” dan Fantastical akan menerjemahkannya menjadi sebuah catatan di kalendar pada besok hari di jam 1 siang untuk Anda. Tak hanya catatan kegiatan, Fantastical 2 juga mendukung catatan pengingat. Cukup tambahkan ‘remind me to’, ‘reminder’, ‘todo’ ketika membuat entry baru di Fantastical 2.

Ingin membuat pengingat setiap awal bulan? Tambahkan ‘every first day of the month’. Setiap dua minggu? Tambahkan ‘every two weeks’. Canggih, kan? Natural language parser Fantastical kini mendukung 6 bahasa yang berbeda.

Drafts 4

drafts-4

Drafts tak sekedar teks editor. Semua teks, catatan, ide yang tiba tiba muncul berawal dari Drafts. Anda akan disuguhkan oleh sebuah catatan kosong baru ketika membuka Drafts dan mencatat apa saja. Catatan yang adan buat dalam Drafts bisa Anda kirim ke mana saja. Menjadikannya sebuah tweet? Bisa! Menambahkannya pada sebuah file teks di Dropbox, Drafts pun bisa melakukannya. Masih berasa kurang? Drafts bisa mengolah sebuah catatan menjadi pengingat ataupun catatan kegiatan di Fantastical 2 melalui skema url. Pada versi terbarunya, Drafts 4 sudah mendukung fitur multitasking Split View dan Slide Over yang bisa digunakan pada perangkat iPad.

Download – App Store

Todoist

todoist

Todoist menjadi salah satu aplikasi andalan saya untuk mengelola daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Dengan kesibukan pekerjaan belum lagi freelance dan kuliah, Todolist banyak membantu saya mengelola tugas serta semua pekerjaan yang harus diselesaikan. Alasan saya memilih Todoist adalah adanya fitur natural language parsing seperti yang terdapat di Fantastical untuk menentukan due date sebuah tugas atau pekerjaan. Meski belum secanggih Fantastical 2 dan rasanya tak pantas membandingkan keduanya namun penambahan fitur ini pada Todoist menjadi tambahan yang menyenangkan ketimbang harus scrolling untuk menyetel tanggal dan waktu due date.

Download – App Store

Kelima aplikasi iOS yang saya rangkum ini tak hanya membantu saya dalam keseharian namun juga membuat saya lebih produktif. Lebih lagi didukung dengan pengalaman penggunaan yang menyenangkan, kelima aplikasi inilah yang selalu pertama kali saya install pada perangkat iOS baru atau setiap kali selesai melakukan update iOS. Tertarik mencoba? Atau sudah memiliki salah satu aplikasi di atas? Sampaikan di kolom komentar ya!

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya