cool hit counter 5 tips dan trik menggunakan aplikasi Mail di iPhone dan iPad | UNAPPOLOGETIC

5 tips dan trik menggunakan aplikasi Mail di iPhone dan iPad

Cara termudah mengelola akun email adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan. Saya pun cukup puas dengan performa serta fitur yang dihadirkan oleh Apple pada aplikasi Mail. Termasuk adanya shortcut yang membuat pengelolaan email semakin lebih efektif dan cepat. Dan berikut adalah 5 tips dan trik menggunakan aplikasi Mail di iPhone dan iPad yang bisa kamu coba.

Swipe ke bawah untuk menyimpan sebagai draft

Kamu sedang menulis email. Tiba-tiba ada detail atau informasi yang perlu kamu cari dari email lain. Langsung saja simpan email tersebut sebagai draft. Caranya cukup swipe ke bawah dari bagian header email yang sedang ditulis.

Untuk melanjutkan email yang tersimpan, tap di bagian bawah. Mail akan menampilkan daftar email yang belum selesai di tulis. Tampilannya persis dengan tampilan tab terbuka pada Safari. Jika ingin menghapus draft email, swipe ke arah kiri atau tekan tombol X ya.

5 tips dan trik menggunakan aplikasi Mail di iPhone dan iPad

Menampilkan kembali draft email yang tersimpan

Cara tercepat mengembalikan draft email yang tersimpan adalah dengan cara menekan dan tahan tombol compose di pojok kiri bawah. Daftar draft yang tersimpan akan muncul dan selanjutnya kamu bisa melanjutkan menyusun email tersebut.

5 tips dan trik menggunakan aplikasi Mail di iPhone dan iPad

Menambahkan kontak ke dalam list VIP

Apabila kamu sedang menunggu email yang penting, kamu bisa menambahkan alamat emailnya ke dalam daftar VIP. Notifikasi yang masuk pada kontak dalam daftar VIP bisa kamu kustomisasi sehingga dapat dibedakan dari kontak biasa. Caranya:

  1. Pada folder VIP, tekan tombol i
  2. Tekan Add VIP
  3. Pilih kontak yang ingin ditambahkan ke dalam daftar

5 tips dan trik menggunakan aplikasi Mail di iPhone dan iPad

Selanjutnya email dari kontak yang sudah ditambahkan bisa diakses dengan cepat pada folder VIP dan suara notifikasinya bisa diatur dari aplikasi Settings > Notifications > Mail > VIP > Sounds

Mengatur susunan folder di tampilan utama

Untuk mengakses sebuah folder dengan cepat, kamu dapat menyusunnya sesuai dengan yang kamu butuhkan. Cukup tap Edit di pojok kanan atas lalu drag and drop menggunakan tombol garis tiga di sebelah kanan. Tap Done jika sudah selesai.

5 tips dan trik menggunakan aplikasi Mail di iPhone dan iPad

Unsubscribe email berlangganan

Aplikasi Mail di iOS 10 semakin pintar. Apabila mendeteksi email berlangganan dari sebuah layanan, Mail.app akan menampilkan tombol Unsubscribe. Caranya:

Punya tips aplikasi Mail yang ingin dibagikan?

5 tips dan trik di atas bisa kamu coba dan praktikkan agar semakin efektif dan efisien dalam mengelola email. Kamu punya tips dan trik lain yang belum saya bahas? Silakan langsung beritahu saya lewat kolom komentar di bawah ini ya!

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya