cool hit counter 5 Widget Notifications Center yang berguna dan informatif - UNAPPOLOGETIC

5 Widget Notifications Center yang berguna dan informatif

Semenjak iOS 8, Notification Center kini semakin informatif berkat hadirnya widget dari berbagai macam aplikasi. Widget ini berguna untuk menampilkan informasi singkat tentang sebuah aplikasi. Kita tak perlu repot-repot lagi mengecek agenda apa yang kita miliki hari ini di aplikasi kalendar, cukup buka Notifications Center dan kita akan mendapatkan informasi tersebut. Kini mungkin hampir setiap aplikasi memiliki Today Widget dan saya pun memasang beberapa di antaranya. Ada 5 aplikasi yang menurut saya memiliki widget yang sangat berguna. Apa saja? Ini dia daftarnya:

Fantastical

Fantastical merupakan aplikasi kalendar yang fantastis. Tak hanya menyenangkan digunakan berkat fitur natural language parsing, Fantastical juga memiliki today view widget yang sangat informatif. Tampilan kalendar sebulan penuh pada Notifications Center membuat kita mudah melihat agenda kegiatan apa saja yang kita miliki. Selain itu dengan color-coded, kita juga mudah melihat apakah agenda tersebut berkaitan dengan pekerjaan atau keluarga.

Selain melihat agenda, kita juga dapat dengan mudah menambahkan agenda kegiatan baru dari widgetnya. Tap dan tahan pada salah satu tanggal dan aplikasi Fantastical akan terbuka selanjutnya kita tinggal menginput agenda kegiatan di tanggal yang kita pilih.

  • Fantastical for iPhone – Rp 75ribu – Download
  • Fantastical for iPad – Rp 150ribu – Download

Wunderlist

Saya tak lagi menggunakan Todoist untuk mencatat setiap daftar pekerjaan yang harus saya lakukan. Saya berpindah ke Wunderlist. Salah satu yang saya sukai dari Wunderlist adalah desain yang cantik dan sinkronisasi yang sangat cepat. Selain itu Wunderlist juga tersedia di hampir setiap platform sistem operasi yang saya gunakan (Mac dan PC).

Widget milik Wunderlist cukup sederhana. Tampilan daftar tugas yang belum selesai akan tertampil di Notifications Center. Jika sudah menyelesaikan salah satu pekerjaan, kamu bisa mencentangnya dari daftar yang ada di Wunderlist dari Notifications Center. Di bagian bawahnya terdapat tombol Show All untuk membuka aplikasi Wunderlist.

5 Widget Notifications Center yang sangat berguna dan informatif

Dari kiri ke kanan: Fantastical, Wunderlist, Workflow, Copied, Pedometer++

Workflow

Untuk melakukan otomasi di perangkat iOS saya menggunakan Workflow. Menghapus screenshot, cross posting artikel ke Facebook dan Twitter hingga mengunggah beberapa foto sekaligus ke Dropbox saya lakukan menggunakan Workflow. Jika kamu belum menggunakan Workflow, maka kamu ketinggalan jaman. Serius, Workflow mampu menghemat waktumu cukup banyak dengan mengotomasi beberapa pekerjaan.

Today widget dari Workflow adalah terdiri dari serangkaian workflow yang tersimpan dalam aplikasi tersebut. Dengan hadirnya widget ini menjalankan sebuah workflow tidak harus membuka aplikasinya terlebih dahulu. Cukup buka Notifications Center dan tap workflow yang ingin dijalankan.

Copied

Menulis menggunakan perangkat iPad saya perlu menyalin beberapa tautan atau bagian yang ingin saya tambahkan ke dalam sebuah tulisan. Untuk itulah saya mempercayakan Copied untuk mengelola teks yang saya salin tersebut. Copied tersedia di Mac dan iOS serta memiliki fitur sinkronisasi antar perangkat tersebut.

Widget Copied menampilkan teks apa saja yang barusan saya salin. Tak hanya teks, Copied juga bisa menyalin gambar. Dengan hadirnya widget Copied di Notifications Center, saya dapat dengan mudah mencari teks yang sudah saya salin dan menempelkannya di aplikasi lain.

Pedometer++

Lebih sehat dan bugar adalah salah satu resolusi saya di tahun yang baru ini. Untuk itulah saya mulai mengunduh aplikasi kesehatan, Pedometer++ salah satunya. Pedometer++ merupakan aplikasi kesehatan yang dapat menghitung jumlah langkah. Today widget dari Pedometer++ sendiri sangat sederhana. Tentu saja, widgetnya menampilkan berapa banyak jumlah langkah yang sudah kita tempuh dan estimasi jaraknya. Selain itu Pedometer++ juga menampilkan estimasi jumlah tangga yang telah dilalui.

Nah, itu dia 5 aplikasi dengan widget di Notifications Center yang sangat informatif dan berguna. Kamu juga menggunakan widget di Notifications Center? Widget apa saja yang kamu pasang? Show me! Silakan komen di bawah atau mentions ke @adityadaniel ya!

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya