cool hit counter 7 hal menarik tentang Apple Park, kantor pusat Apple yang baru | UNAPPOLOGETIC

7 hal menarik tentang Apple Park, kantor pusat Apple yang baru

Apple tengah merampungkan pembangunan kantor pusat barunya yang bernama Apple Park. Dengan luas area mencapai 71 hektar, Apple Park akan menjadi rumah kedua bagi 12 hingga 13 ribu karyawan Apple. Sama seperti produk Apple lainnya, Apple Park didesain dan dibangun dengan perhatian akan detail yang luar biasa. Berikut ada 7 hal menarik tentang Apple Park.

Bentuk bangunannya unik, UFO-y serta biaya pembangunannya yang fantastis

Berupa Apple Park menyerupai silinder raksasa. “It’s a little like a spaceship”, ujar Steve Jobs sewaktu mempresentasikan rendering Apple Park di depan Cupertino City Council pada 7 Juni 2011. Untuk mencapai bangunan berbentuk silinder raksasa tersebut, Apple harus menggunakan material kaca yang dikembangkan khusus. Proyek Apple Park sendiri menelan biaya $5 milyar USD. Melebihi dari yang direncanakan semula. Apple menggandeng Foster + Partners untuk merancang Apple Park.

Terdapat panggung istimewa yang diberi nama dari pendiri sekaligus CEO Apple, Steve Jobs

7 hal menarik tentang Apple Park, kantor pusat Apple yang baru

Pada bukit tertinggi yang berada di area Apple Park dibangun sebuah panggung yang diberi nama Steve Jobs Theater. Panggung ini direncanakan akan menjadi tempat bagi Apple dalam mengumumkan produk terbarunya

Apple Park menggunakan sumber daya energi terbarukan yang ramah lingkungan

Kebijakan penggunaan sumber daya energi terbarukan yang dimulai Apple untuk toko ritelnya juga diterapkan di Apple Park. Apple menggunakan 65 ribu meter persegi panel tenaga surya yang sanggup menghasilkan daya 8 MW untuk kebutuhan operasionalnya. Selain itu, dari laporan yang dikeluarkan oleh Bloomberg, Apple akan menggunakan teknologi “climate responsive” dimana bagian gedung seperti ventilasi mampu menyesuaikan dengan kondisi sekitar sehingga suhu dalam ruangan stabil.

Terdapat area untuk pengunjung, cafe serta toko retail

Bukan hanya diperuntukan sebagai tempat kerja para pegawai Apple, Apple Park juga memiliki bagian yang terbuka untuk umum. Para pengunjung bisa menikmati makanan di kafe yang disediakan ataupun berbelanja di toko retail yang terdapat di Apple Park. Bahkan, Apple baru saja memposting sebuah lowongan pekerjaan untuk supervisor dan manajer untuk bagian kafe.

Tak lupa fasilitas kesehatan untuk para pegawai Apple serta area khusus untuk divisi riset dan pengembangan

Agar pegawainya tetap dalam kondisi prima, Apple menyediakan fasilitas kesehatan. Termasuk lintasan lari sejauh dua mil atau sekitar 3 km. Apple juga menyediakan 1000 buah sepeda untuk sarana mobilitas pegawainya di area Apple Park.

Seperti produk Apple lainnya, Apple Park terbuat dari material nomor satu

7 hal menarik tentang Apple Park, kantor pusat Apple yang baru

Sama seperti produk Apple yang dibuat dengan material pilihan, Apple Park juga demikian. Jobs ingin setiap sudut dari Apple Park dibuat sesempurna mungkin. Interior yang menggunakan bahan baku kayu misalnya dipilih dari spesies pohon Maple tertentu. Bagian kacanya diproduksi dengan teknik khusus untuk menghasilkan lengkung yang baik namun tetap tidak merusak tampilannya. Karena hanya bisa diproduksi oleh Seele – perusahan penyedia material kaca untuk Apple Park, di Eropa maka mau tidak mau Apple harus mengimpornya secara khusus.

Direncanakan selesai pada akhir 2017

Apple Park direncanakan akan selesai pada akhir tahun ini. Saat ini Apple sedang melakukan proses pemindahan para pegawainya dari One Infinite Loop ke Apple Park.

Foto dan video aerial pembangunan Apple Park

Matthew Roberts secara rutin setiap bulan menerbangkan drone untuk menangkap kemajuan pembangunan Apple Park. Berikut ada beberapa video di tahun 2017 ini, untuk selengkapnya kamu bisa menuju channel Youtubenya.

 

Tertarik untuk mengunjungi Apple Park?

Gambar header: MacGeneration

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya