cool hit counter Apa itu fitur Low Power Mode di iOS 9?

Apa itu fitur Low Power Mode di iOS 9?

iOS 9 hadir dengan satu fitur yang mampu memperpanjang daya tahan baterai iPhone. Fitur ini dikenal dengan nama Low Power Mode. Apple mengklaim dengan menggunakan iOS 9, Anda akan mendapatkan 1 jam penggunaan tambahan. Lebih lagi dengan fitur Low Power Mode diaktifkan Anda bisa mendapatkan 3 jam waktu penggunaan tambahan sebelum mengisi ulang iPhone. Secara otomatis, fitur Low Power Mode di iPhone akan diaktifkan ketika baterai tersisa 20%.

Selain aktif secara otomatis, Anda juga bisa mengaktifkan Low Power Mode secara manual. Hal ini tentu berguna misalnya ketika Anda kelupaan membawa power bank waktu berpergian. Caranya:

Aktifkan Low Power Mode

  1. Masuk Settings > Battery
  2. Aktifkan Low Power Mode, jika Low Power Mode aktif ikon baterai di iPhone akan berwarna kuning.

Apa itu fitur Low Power Mode di iOS 9?

 

Tentunya ada “harga” yang harus dibayar ketika mengaktifkan fitur ini. Ketika Low Power Mode aktif, beberapa fitur yang menggunakan daya baterai akan dinonaktifkan. Diantaranya adalah beberapa efek visual, background app refresh, dan automatic downloads serta fetching e-mail harus dilakukan secara manual.

Apple juga diketahui menurunkan kecepatan clock CPU iPhone ketika fitur ini diaktifkan. Geekbench mencatat skor yang lebih rendah dari CPU ketika Low Power Mode diaktifkan baik secara single core ataupun multi-core. Namun jangan khawatir karena ternyata hal ini tak berdampak banyak pada performa iPhone. Anda tetap bisa menggunakan iPhone seperti biasa ketika Low Power Mode diaktifkan.

Lalu, bagaimana kalau Low Power Mode kita aktifkan terus menerus? Jawabannya ada di sebuah blog milik Matt Birchler yang bereksperimen dengan iPhone yang menggunakan Low Power Mode dalam keseharian. Dari data yang dikumpulkan oleh Matt, ia menarik kesimpulan bahwa Low Power Mode mampu menurunkan kecepatan habisnya baterai iPhone hingga 37%. Sebuah temuan yang cukup menarik mengingat banyak sekali pengguna iPhone yang mengeluhkan baterai iPhone yang mudah sekali habis dayanya.

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya