cool hit counter DaisyDisk mudahkan cari file berukuran besar di Mac | UNAPPOLOGETIC

DaisyDisk mudahkan cari file berukuran besar di Mac

Memiliki Mac dengan ruang kapasitas penyimpanan yang terbatas memang tidak menyenangkan. Beberapa Mac terutama pada lini MacBook Air terkadang masih memiliki ruang penyimpanan 64Gb. Jika kita tidak mengorganisirnya dengan baik, jangan kaget bila tiba-tiba muncul peringatan “Startup Disk almost full”. Saya sendiri menggunakan MacBook Air dengan storage 64Gb. Untuk file-file seperti film atau musik saya selalu menyimpannya pada harddisk external. Storage di Mac benar-benar saya khususkan untuk file pekerjaan.

Namun karena saya orangnya pelupa, saya pernah menyimpan file-file berukuran besar di Mac. Alhasil muncul peringatan “Startup Disk almost full” tersebut. Berhubung saya lupa menyimpan file tersebut di folder yang mana, saya menggunakan sebuah aplikasi canggih bernama DaisyDisk. DaisyDisk akan memindai harddisk di Mac dan mengeluarkan hasil berupa sebuah diagram lingkaran dan daftar folder-folder dan ukurannya.

DaisyDisk mudahkan cari file berukuran besar di Mac

DaisyDisk mudahkan cari file berukuran besar di Mac

Kamu bisa menelusuri tiap-tiap folder yang terdapat pada Mac kamu dan mengetahui file apa saja yang berukuran besar dengan mudah. Kalau kamu ingin menghapus sebuah file atau folder, tinggal drag dan drop ke titik yang ada bagian pojok kiri aplikasi DaisyDisk. Kamu juga dapat mereview sekali lagi file-file yang akan dihapus dengan klik pada titik pengumpulan file tersebut.

DaisyDisk mudahkan cari file berukuran besar di Mac

DaisyDisk juga dapat digunakan untuk memindai harddisk external yang sedang tersambung dengan Mac. Karena biasanya file yang berukuran besar dalam harddisk external saya adalah film maka DaisyDisk lumayan berguna untuk menghapus film-film tersebut terutama untuk yang tidak akan saya tonton kembali.

DaisyDisk bisa didapatkan dengan dua cara, lewat Mac App Store atau melalui situsnya. Jika kamu membeli dari situs DaisyDisk ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketimbang versi Mac App Store. Diantaranya adalah tidak adanya batasan sandbox sehingga kamu bisa scan harddisk sebagai administrator, menghapus file-file yang stuck serta mengetahui ruang penyimpanan tersembunyi yang biasanya digunakan oleh system. Namun jika kamu sudah terlanjur membelinya di Mac App Store, jangan khawatir karena kamu bisa mengunduh aplikasi yang ada di websitenya dan DaisyDisk akan secara otomatis mengenali pembelian di Mac App Store dan membuka semua fiturnya.

Aplikasi ini bisa kamu peroleh dengan harga $9.99 atau sekitar Rp 150ribuan. Sebelum membeli, kamu bisa mencoba versi trialnya. DaisyDisk adalah tambahan baru di MacBook Air saya sebagai alat untuk mengorganisir dan mengembalikan ruang penyimpanan yang termakan oleh file-file berukuran besar. Jika kamu sudah menggunakan CleanMyMac, DaisyDisk adalah tambahan yang tepat agar ruang penyimpanan kamu Mac kamu terorganisir dengan baik.

Gambar header:DaisyDisk

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya

2 Comments

  1. CHS

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya