cool hit counter Elk, aplikasi yang mempermudah konversi kurs mata uang ketika travelling | UNAPPOLOGETIC

Elk, aplikasi yang mempermudah konversi kurs mata uang ketika travelling

Mendapatkan informasi nilai tukar antar mata uang kini tak lagi susah. Asal punya internet, maka persoalan tersebut akan beres. Apalagi kini sudah banyak aplikasi baik di Android atau iOS yang menyediakan fitur tersebut. Baik yang gratis atau berbayar. Pada tulisan kali ini saya akan membahas sebuah aplikasi untuk mengkonversi mata uang yang tersedia untuk iPhone dan Apple Watch bernama Elk.

Elk ditujukan untuk mempermudah pengguna melakukan konversi mata uang secara cepat. Pada aplikasi versi Apple Watch, kamu dapat langsung mengubah angka yang berwarna orange dengan memutar Digital Crown. Jadi semisal kamu melakukan konversi dari USD ke IDR, angka berwarna orange adalah nilai USD yang ingin diubah menjadi Rupiah. Untuk menambahkan atau mengurangi puluhan, kamu bisa swipe ke kiri atau ke kanan. Bagian Settings di Apple Watch bisa kamu akses dengan tombol bergambar gir. Dari situ kamu bisa mengatur mata uang apa yang hendak dikonversi.

Elk, aplikasi yang mempermudah konversi kurs mata uang ketika travelling

Menggunakan Elk di iPhone pun tak jauh beda dengan yang di Apple Watch. Tak ada tombol di tampilan utamanya. Hanya deretan angka. Swipe ke kiri atau ke kanan juga berfungsi untuk menambah atau mengurangi puluhan persis seperti aplikasi versi Apple Watch. Elk secara default menampilkan urutan angka 1, 2, 3, dst. Untuk mengkonversi 1.50, kamu perlu tap pada angka 1 yang selanjutnya akan muncul deretan angka baru dari 1.10 sampai dengan 1.90.

Salah satu kelebihan dari Elk adalah hasil konversi ditampilkan secara otomatis. Rate yang digunakan pun tersinkronisasi dengan cepat antara iPhone dengan Apple Watch. Jangan khawatir, Elk selalu menyediakan rate terupdate via background refresh di iPhone. Nah, apabila kurs yang digunakan oleh Elk tak sesuai dengan yang kamu inginkan, atau kamu ingin menggunakan custom rate, tinggal masukan jumlahnya yang ada pada pengaturan yang ada di iPhone.

Salah satu kekurangan Elk adalah meski Elk bisa membantumu untuk melakukan konversi antar mata uang secara cepat, tetapi belum tersedia pilihan untuk melakukan konversi angka pecahan yang lebih terperinci seperti 2,32.

Aplikasi Elk bisa kamu gunakan secara gratis namun kalau kamu ingin kurs mata uang secara lengkap serta fitur untuk mengatur custom rate, ada in-app-purchase sebesar Rp 75ribu yang harus dibayar. Sebelum memutuskan untuk membayar, Elk menyediakan free trial selama dua minggu lho.

  • Download – App Store – Gratis, dengan in-app-purchase Rp 75ribu

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya