cool hit counter Mengenal App Thinning

Mengenal App Thinning, teknologi rahasia di balik leganya ruang penyimpanan perangkat iOS di iOS 9

Ketika iOS 8 dirilis, banyak pengguna mengeluh karena mereka diharuskan mengosongkan empat koma sekian giga lebih agar dapat melakukan update. Hal ini tentu bukan hal yang menyenangkan terlebih bagi mereka yang memiliki perangkat iOS dengan ruang penyimpapan 16 GB. Oleh karena itu, berkaca dari pengalaman, Apple membuat iOS 9 lebih mudah diinstall dengan memperkecil persyaratan ruang penyimpanan kosong yang diperlukan.

iOS 9 dimaksudkan hadir untuk membawa peningkatan performa serta stabilits pada perangkat iOS. Selain fokus pada dua hal tersebut kemudahan update juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Kini untuk update ke iOS 9, Anda hanya perlu sekitar satu koma sekian gigabytes ruang penyimpanan kosong. Lebih lagi, Apple juga menyediakan teknologi khusus yang dapat menghapus aplikasi tertentu ketika dibutuhkan pada waktu update dan menginstallnya kembali jika sudah selesai secara otomatis.

Selain kebutuhan ruang penyimpanan yang lebih kecil untuk diinstall, iOS 9 ternyata juga membawa tiga teknologi anyar yang mampu membuat ruang penyimpanan di perangkat iOS lebih lega. Ketiga teknologi ini diperkenalkan pada ajang developer WWDC 2015 seiring dengan diperkenalkannya iOS 9 pertama kali Juni lalu. Slicing, Bitcode dan On Demand Resources merupakan tiga teknologi anyar sebagai bagian dari App Thinning yang bisa dimanfaatkan oleh para developer untuk mengoptimasi aplikasi mereka. Dengan mengimplementasikan App Thinning sang developer dapat membuat ukuran aplikasinya lebih kecil dan lebih cepat untuk diunduh serta tentu saja tak memakan banyak ruang penyimpanan pada perangkat iOS.

Lalu, bagaimana cara kerja Slicing, Bitcode dan On Demand Resources? Slicing, Bitcode dan On Demand Resources (ODR) memiliki mekanisme cara kerjanya masing-masing, mari kita bahas:

Slicing

Mengenal App Thinning, teknologi rahasia di balik leganya ruang penyimpanan perangkat iOS di iOS 9

 

Dari laman iOS Developer Library:

Slicing is the process of creating and delivering variants of the app bundle for different target devices.

Pada versi iOS sebelumnya, ketika Anda mengunduh sebuah aplikasi universal(Aplikasi universal adalah aplikasi yang dapat digunakan di semua perangkat iOS baik itu iPhone, iPod touch dan iPad) seluruh kode dan file pendukung untuk beragam varian perangkat iOS akan ikut terunduh. Padahal kode dan file pendukung tersebut mungkin saja tak diperlukan di perangkat iOS Anda.

Contohnya seperti ini: Misalnya saya memiliki perangkat iPhone 4S yang menggunakan prosesor 32-bit dan belum mendukung API Metal. Ketika saya ingin mengunduh sebuah aplikasi permainan universal, iOS hanya akan mengunduh kode serta file pendukung untuk perangkat 4S serta kode grafis OpenGL. Itu artinya saya tak perlu mengunduh juga kode serta file pendukung untuk perangkat iPad atau perangkat lain yang menggunakan prosesor 64-bit serta kode API Metal untuk dukungan grafisnya.

Apple mengklaim bahwa pengaplikasian slicing mudah untuk dilakukan oleh para pengembang. Mereka hanya perlu mengkategorikan kode serta file-file pendukung ke dalam sebuah Asset Catalog untuk kebutuhan masing-masing perangkat. App Store dengan pintar akan memilah kode serta file pendukung mana yang harus diunduh berdasarkan perangkat yang dimiliki oleh sang pengguna.

Bitcode

Mudahnya adalah dengan menggunakan Bitcode, App Store dapat menentukan kode serta file pendukung mana yang harus diunduh sesuai kebutuhan dan dukungan perangkat iOS yang Anda miliki.

On Demand Resources (ODR)

Mengenal App Thinning, teknologi rahasia di balik leganya ruang penyimpanan perangkat iOS di iOS 9

 

Teknologi ketiga bernama On Demand Resources. Sesuai namanya, teknologi ini memungkinkan pengguna untuk hanya mengunduh barisan kode serta file pendukung yang dibutuhkan dalam aplikasi. Ketika file-file pendukung ini tidak dibutuhkan lagi, iOS akan secara pintar menghapusnya dan membuat ruang penyimpanan perangkat Anda lebih lega kembali.

Misalnya jika Anda mengunduh sebuah permainan yang berisi dari beberapa level, dengan On Demand Resources iOS akan mengunduh file-file pendukung untuk bagian perkenalan dan level-level awal permainan tersebut saja. Ketika permainan sudah berjalan sekian waktu dan Anda meninggalkan level-level awal, iOS akan mengunduh kode serta file pendukung untuk level selanjutnya dan menghapus kode serta file pendukung untuk bagian perkenalan dan level awal permainan tersebut.

Ketiga fitur ini tentunya menjadi salah satu kunci Apple untuk dapat menyediakan ruang penyimpanan yang lebih lega di perangkat Anda. Dengan ruang penyimpanan yang lebih lega, Anda bisa menyimpan lebih banyak foto atau lagu kesukaan. Jadi, sudah tahu kan rahasia dibalik leganya ruang penyimpanan di perangkat iOS Anda setelah update ke iOS 9?

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya