cool hit counter Perlukah menginstall dan mencoba iOS 10 sekarang? | UNAPPOLOGETIC

Perlukah menginstall dan mencoba iOS 10 sekarang?

Apple telah memperkenalkan iOS 10 pada ajang WWDC Juni yang lalu. iOS 10 tak hanya membawa tampilan antar muka baru pada beberapa aplikasi namun juga tambahan fitur seperti lirik pada aplikasi Music serta sticker dan efek animasi pada iMessages. Apple juga memperkenalkan mekanisme baru untuk membuka iPhone atau iPad.

Pada iOS 10, Apple mengimplementasikan Press Home to Unlock untuk membuka perangkat iOS, bukan lagi Slide to Unlock. Saya sendiri butuh beberapa waktu untuk menyesuaikan, namun cara ini lebih lebih praktis dan mungkin lebih nyaman bagi para pengguna iPhone 6s dan 6s Plus yang memiliki Touch ID generasi kedua yang jauh lebih cepat mengenali sidik jari pengguna.

Versi developer beta iOS 10 langsung diluncurkan oleh Apple setelah ajang WWDC usai digelar. Saya sendiri mendapatkan kesempatan mencobanya. Dirilis dengan label versi beta maka sudah pasti akan banyak bug yang ditemukan serta kurang optimalnya performa setelah diinstall. Masih ada lag, widgets pada aplikasi yang belum sepenuhnya berfungsi, beberapa aplikasi crash, random restart dan masih banyak lagi.

Seminggu yang lalu, Apple merilis versi public beta untuk pengguna yang terdaftar. Meski terbilang lebih stabil namun tetap saja saya masih menemui bug dan lag dalam penggunaan sehari-hari. Lalu, apakah kamu perlu menginstall iOS 10 sekarang? Saya menyarankan tidak. Kecuali kamu adalah pengembang aplikasi dan perlu mengujicoba aplikasi bikinanmu di iOS terbaru tersebut. Setidaknya ada 4 alasan mengapa kamu sebaiknya menunggu iOS 10 hingga benar-benar dirilis oleh Apple secara resmi.

Tidak mudah untuk melakukan restore kembali ke iOS 9

Meski kamu sudah menyiapkan backup dari iOS 9 sebelum mengupdate ke iOS 10, melakukan restore tidaklah semudah mengupdate secara OTA melalui aplikasi Settings di iPhone/ iPad. Kamu perlu mengunduh IPSW secara manual, menggunakan iTunes untuk restore dari Recovery Mode dan mengembalikan backup. Langkah yang cukup rumit dan bukan tak mungkin malah bisa jadi kamu kehilangan backup berisi foto dan data-data penting lainnya.

Terdapat bug yang mungkin bisa menyebabkan hilangnya data

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, versi beta dari iOS 10 ataupun macOS Sierra masih terdapat bug yang dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna sehari-hari. Lebih lagi jika ternyata ada bug yang sangat serius sehingga bisa menyebabkan hilangnya data.

Jika kamu bukan pengguna iPhone 6s, ada baiknya untuk menunggu versi resmi

iOS 10 hadir dengan segudang fitur shortcut baru yang bisa diakses menggunakan 3D Touch. Itu artinya fitur tersebut hanya akan berjalan di iPhone 6s dan 6s Plus. Selebihnya, pengalaman menggunakan iPhone dengan iOS 10 tak akan jauh berbeda dengan iOS 9.

Masih akan ada pembaruan lebih lagi dari Apple, belum semua aplikasi mendukung iOS 10.

Versi beta masih akan dapat mengalami perubahan. Artinya Apple masih bisa saja menambahkan atau mengurangi beberapa fitur sebelum rilis resminya. Pun demikian dengan aplikasi yang kamu gunakan. Beberapa aplikasi memang dapat langsung berjalan dengan baik di iOS 10 namun ada juga yang belum mendukung sehingga terjadi crash ketika digunakan atau tidak bisa digunakan sama sekali. Bayangkan jika hal tersebut terjadi di aplikasi yang kamu butuhkan dan gunakan setiap harinya?

Saya sangat menyarankan untuk sedikit bersabar jika kamu ingin mencoba iOS 10 ataupun macOS Sierra sekalipun. Selain hidup lebih tenang tanpa gangguan bug, kamu juga bisa menikmati pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan dengan iOS 9 yang ada sekarang.

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya