cool hit counter Kontrol Mac lebih mudah dengan Better Touch Tool | UNAPPOLOGETIC

Kontrol Mac lebih mudah dengan Better Touch Tool

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi dan efektifitas dalam bekerja di Mac adalah navigasi. Baik itu navigasi antar aplikasi atau ketika menggunakan Finder. Pada Macbook, lini laptop besutan Apple, Trackpad adalah salah satu perangkat input serta navigasi. Agar penggunaannya lebih maksimal, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Better Touch Tool.

Better Touch Tool adalah salah satu utilitas yang selalu saya install pada setiap Mac. Beberapa waktu yang lalu, saya pernah membahas tips mengenai membuka aplikasi menggunakan Trackpad dengan bantuan Better Touch Tool. Kali ini, saya ingin berbagi tentang bagaimana saya mengatur Better Touch Tool untuk bekerja di Mac.

Kontrol Mac lebih mudah dengan Better Touch Tool

Akses folder Dropbox

Setiap folder yang ada di Mac seperti Desktop, Downloads, Home, Applications, dll sudah mendapatkan keyboard shortcuts sehingga dapat diakses secara cepat. Namun tidak untuk folder Dropbox setelah kita menginstallnya. Karena saya sering membutuhkan file yang ada di Dropbox, saya perlu cara cepat untuk mengaksesnya. Untuk itulah saya mengatur trackpad gesture khusus untuk mengakses folder Dropbox. Saya menggunakan 4 fingers tap ketika Finder aktif untuk mengaksesnya.

Akses folder lain menggunakan perintah Go to Folder

Sebenarnya kamu bisa beralih dari satu folder ke folder lainnya menggunakan keyboard shortcut Shift+Command+G di Finder. Perintah ini akan menampilkan kotak dialog dimana kamu bisa mengisinya dengan folder yang ingin dituju. Nah, agar lebih cepat lagi saya menggunakan 4 fingers tap dengan tombol Command untuk mengaktifkan perintah Go to folder tersebut. Selanjutnya saya tinggal mengetikkan snippets lokasi folder yang saya tuju.

Akses folder yang terakhir dikunjungi

Untuk yang satu ini saya menggunakan three fingers swipe left gesture pada Trackpad untuk mengaktifkan menu Back di Finder. Back di Finder digunakan untuk mengakses folder yang terakhir dikunjungi. Begitupun dengan menu Forward yang saya petakan dengan gesture three fingers swipe right pada Better Touch Tool

Menampilkan hidden files di Finder

Seringkali saya butuh mengedit file-file yang tersembunyi pada OS X.1 Sebenarnya hal ini bisa dilakukan dari terminal dengan perintah:

defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles TRUE;killall Finder

dan untuk menyembunyikannya kembali dengan perintah berikut:

defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles FALSE;killall Finder

Namun agar lebih cepat, saya mengaturnya dengan trackpad gesture 4 fingers double tap untuk menampilkan ataupun menyembunyikan kembali file-file tersebut.

Buat tweet baru dari Tweetbot

Kontrol Mac lebih mudah dengan Better Touch Tool

Sama seperti Finder, saya juga mengatur 4 fingers tap untuk membuat tweet baru. Pada dasarnya saya mengatu Better Touch Tool untuk mengaktifkan perintah tweet baru menggunakan keyboard shortcut Command+N.

Pada dasarnya kamu bisa mengaktifkan keyboard shortcut aplikasi apapun dengan menggunakan Better Touch Tool. Jika sebuah aplikasi tak memiliki keyboard shortcut untuk sebuah menu, Better Touch Tools juga bisa digunakan untuk membuka context menu dari aplikasi yang sedang aktif.

Sebenarnya masih banyak fungsionalitas Better Touch Tool yang belum saya bahas. Selain Trackpad, kamu juga bisa mengkustomisasi keyboard, Magic Mouse hingga Siri remote atau Apple remote. Membuka aplikasi dengan menggambar huruf di Trackpad? Better Touch Tool pun bisa melakukannya.

Saya merekomendasikan Better Touch Tool jika sehari-hari kamu bekerja menggunakan Mac. Tak hanya mempercepat navigasi namun juga menjadikan bekerja di Mac lebih efektif dan efisien.


  1. If you’re not familiar with hidden files on Mac, then you shouldn’t messing around with it. 

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya