cool hit counter [Review] Petakan gagasan atau ide dengan Mind Node di iPhone dan iPad | UNAPPOLOGETIC

[Review] Petakan gagasan atau ide dengan Mind Node di iPhone dan iPad

Sebelum memulai sebuah proyek atau pekerjaan tertentu, saya biasanya membuat mind map terlebih dahulu. Menurut Wikipedia mind map adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan kiri secara simultan. Mudahnya, mind map adalah sebuah cara untuk memetakan gagasan-gagasan yang saling terkait dengan gagasan utama.

Ada beberapa aplikasi dan layanan web yang bisa kamu gunakan untuk memetakan pikiran atau mind map. Salah satunya yang juga akan review dalam tulisan kali ini adalah Mind Node. Mind Node di iPhone, iPad dan Mac.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas Mind Node di iPhone dan iPad. Mind Node versi iOS memiliki tampilan yang minimalis and pretty straightforward. Pada bagian atas terdapat tombol untuk memilih dokumen mind map dari Dropbox atau iCloud, tombol Recently Used, Search dan ikon bergambar gir untuk masuk ke pengaturan aplikasi.

Untuk membuat mind map, tinggal tap tombol +. Selanjutnya isi ide pokok yang akan dikembangkan lewat mind map. Ketika mengetik, terdapat toolbar pada bagian atas keyboard yang bisa digunakan untuk menambahkan node, catatan hingga daftar pekerjaan apabila diperlukan. Fitur untuk menambahkan daftar tugas atau pekerjaan dalam mind map menjadi salah satu alasan mengapa saya memilih Mind Node. Daftar pekerjaan dan tugas tersebut bisa diekspor ke aplikasi task manager pilihan saya, OmniFocus. Daftar pekerjaan ataupun mind map yang dibuat juga bisa diekspor ke Reminders.

[Review] Petakan gagasan atau ide dengan Mind Node di iPhone dan iPad

Pada bagian atas, terdapat tombol bergambar kuas yang dapat digunakan untuk mengatur tampilan mind map yang sedang dibuat. Kamu bisa mengatur tampilan kotak, warna dan garis node. Pilihan font dan besar kecilnya juga bisa kamu atur. Mind Node juga menyediakan beberapa tema siap pakai apabila tema utamanya tidak cocok dengan seleramu.

Untuk membagikan mind map yang sudah dibuat? Let’s say kamu ingin menampilkannya pada blog. Jangan khawatir karena Mind Node memiliki fitur berbagi ke MyMindNode. Untuk menggunakan fitur ini, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu. Cukup masukkan email dan selanjutnya mind map yang dibuat akan diupload. Setelah selesai, copy URL yang disediakan Mind Node dan taruh di blog atau bagikan ke teman atau kerabat.

Kalau kamu memiliki printer wireless maka kamu bisa langsung mencetak mind map yang dibuat. Terdapat pula fitur ekspor ke beragam tipe dokumen seperti Markdown, CSV, PDF, PNG, dll.

[Review] Petakan gagasan atau ide dengan Mind Node di iPhone dan iPad

Sayangnya Mind Node hanya menggunakan iCloud untuk menyimpan dokumen mind map. Meski terdapat pengaturan Dropbox, kamu tak bisa menyimpan mind map yang dibuat ke dalamnya. Kamu hanya dapat mengambil dokumen mind map yang telah tersimpan di Dropbox.

Tampilan minimalis, sederhana namun memiliki fitur yang cukup lengkap pun ditambah pilihan ekspor ke berbagai macam format dokumen membuat Mind Node aplikasi pilihan saya untuk memetakan ide/ gagasan/ pikiran. Apa pendapatmu tentang Mind Node? Tertarik untuk mencoba?
Mind Node tersedia di App Store dengan harga Rp. 149ribu.

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya