cool hit counter Review AirPods, sebenar-benarnya wireless | UNAPPOLOGETIC

Review AirPods, sebenar-benarnya wireless

Apple adalah salah satu perusahaan teknologi yang paling gemar meninggalkan teknologi yang dianggapnya sudah usang. Sebagai contoh, USB tipe A di Macbook Pro terbaru dan port audio 3,5 mm di iPhone 7. Ketika rumor mengenai hilangnya port audio 3,5 mm merebak, pada saat yang bersamaan pula Apple dikabarkan bersiap merilis sebuah earphone wireless pintar dan hal itulah yang sekarang kita kenal dengan AirPods.

AirPods bukan sekedar earphone wireless biasa. Apple menggunakan chip khusus W1 yang membuat AirPods dapat terhubung dengan iPhone, iPad dan Mac dengan lebih cepat dan mudah. Apabila sebelumnya kamu pernah menggunakan earphone wireless dan mengalami betapa ribetnya memasangkan dengan smartphone, maka hal tersebut tidak akan kamu alami lagi dengan menggunakan AirPods.

Desain

Review AirPods, sebenar-benarnya wireless

AirPods memiliki bentuk fisik mirip dengan EarPods minus kabelnya. Dalam penjualannya, AirPods ditempatkan dalam charging case dengan desain yang minimalis namun tetap terlihat elegan khas Apple, kamu juga akan mendapat satu kabel Lightning. Satu hal yang berbeda dari menggunakan AirPods dibandingkan dengan headphone/ earphone wireless lainnya adalah cara mengisi baterenya. Basically, yang perlu diisi baterainya adalah charging case atau tempat AirPodsnya.

Klaim dari Apple, dengan charging case yang terisi penuh, kamu bisa mendapatkan waktu penggunaan selama lebih dari 24 jam. Hal ini bukan berarti kamu bisa menggunakan AirPods terus menerus. Setiap AirPods memiliki baterainya masing-masing dan bisa digunakan selama lebih kurang 5 jam. Setelah itu kamu harus menaruhnya kembali ke charging case untuk mengisi dayanya. Informasi dari Apple, menaruh AirPods pada charging case selama 15 menit setara dengan 3 jam penggunaan.

Lalu, bagaimana ketahanan baterainya di penggunaan sehari-hari? Dari pengalaman saya, saya hanya perlu mengisi ulang charging case AirPods seminggu sekali. Selama menggunakan AirPods, saya tak pernah khawatir kehabisan baterai yang bisa mengganggu penggunaan.

Dengan desain yang sama dengan EarPods minus kabelnya, banyak yang berasumsi bahwa AirPods akan mudah copot ketika digunakan. Kenyataannya selama 3 bulan lebih menggunakan AirPods, belum pernah sekalipun earphone wireless ini copot. Bahkan ketika digunakan saat jogging atau treadmill, AirPods tetap terpasang dengan baik. Oh ya, dengan Apple Watch 2 dan AirPods, aktivitas olahraga jadi lebih menyenangkan. Saya cukup sync playlist yang ingin didengarkan ketika berolahraga ke Apple Watch. Selanjutnya saya tinggal pasangkan AirPods dengan Apple Watch. Tak perlu lagi ribet bawa-bawa iPhone.

Kualitas suara AirPods, Siri, kontrol lagu dan hal lainnya

Kalau kamu mencari earphone dengan kualitas suara yang mumpuni, jelas AirPods bukan pilihan yang tepat. Pendapat saya, kualitas suara AirPods mirip dengan EarPods namun dengan bass dan treble yang lebih terasa. Apabila kamu mencari earphone wireless yang anti ribet, mudah tersambung ke iPhone, iPad dan Mac serta memiliki daya tahan batere yang handal, AirPods merupakan pilihan yang tepat.

AirPods selain dilengkapi dengan chip W1 juga memiliki beberapa sensor. Sensor-sensor inilah yang membuatnya lebih cerdas dibanding dengan earphone wireless pesaingnya. Dengan fitur Automatic In Ear Detection misalnya, AirPods bisa langsung tersambung dengan iPhone atau iPad ketika dipasang di telinga. Berlaku juga ketika AirPods dilepas, musik akan secara otomatis ter-pause. Hal ini memudahkan sekali terlebih ketika digunakan di kantor dan tiba-tiba saya harus mengangkat telpon. Saya tak perlu repot-repot menyalaka iPhone hanya untuk menghentikan musik yang sedang didengar.

Selain auto-pause ketika dicopot dari telinga, kamu juga bisa mengaktifkan Siri dengan mengetuk dua kali pada AirPods. Nantinya, di iOS 11, kamu bisa mengatur ketukan di tiap-tiap AirPods. Misalnya dua kali ketuk di AirPods kanan untuk memainkan lagu selanjutnya dan AirPods kiri untuk mengaktifkan Siri. Kamu juga bisa mengatur AirPods sebelah mana yang dapat digunakan sebagai microphone.

Bagaimana cara mendapatkan AirPods di Indonesia?

Tinggal di negara di mana tidak terdapat Apple Store maka mendapatkan produk terbaru dari Apple apalagi yang peminatnya sangat banyak seperti AirPods bukanlah sesuatu yang mudah. Saya mendapatkan AirPods berkat titip dari seseorang di Instagram yang rajin bolah-balik Indonesia Singapore. Itupun saya harus preorder lebih dahulu dan menunggu selama hampir sebulan. Harganya Rp 2,9 juta.

Apabila kamu ingin membeli AirPods, saran saya silakan langsung kontak mas Bhaguz. Informasi terakhir yang saya terima darinya masih ada 1 unit AirPods yang tersedia. Bagaimana dengan iBox, Infinite, Emax dsb? Saya tidak yakin kamu bisa mendapatkannya di sana. Saya pernah beberapa kali bertanya di Infinite dan mereka tidak punya stok. Mereka membuka preorder namun itupun belum dapat dipastikan kapan kamu akan menerimanya.

AirPods, sebenar-benarnya wireless

Apple mengubah standar earphone wireless dengan kehadiran AirPods. Sync serta dapat tersambung dengan mudah ke iPhone, iPad dan Mac dengan mudah menjadi keunggulan utama AirPods. Thanks to W1 chip. AirPods meredefinisi istilah wireless, layaknya Apple meredefinisi smartphone dengan iPhone. Airpods, sebenar-benarnya wireless.

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya