cool hit counter Serangan EFI Lock di Mac dan Lost Mode iPhone | UNAPPOLOGETIC

Serangan EFI Lock di Mac dan Lost Mode iPhone

Tadi pagi saya cukup terkejut mendapati banyak tweet mengenai iPhone yang tiba-tiba masuk ke Lost Mode serta Mac yang terkena EFI Lock. Hal ini bisa terjadi apabila ada orang yang tidak bertanggung jawab mengetahui dan menggunakan akses Apple ID kamu untuk kemudian mengunci iPhone dan Mac. Bukan berarti iCloud pernah dihack ataupun tidak aman. Solusi sementara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menonaktifkan Find My iPhone dan Find My Mac. Silakan baca artikelnya di MakeMac untuk informasi lebih lanjut.

Penasaran dengan EFI Lock, saya pun mencari di internet dan menemukan beberapa artikel menarik. Pertama saya menemukan tools di GitHub yang bisa melakukan brute force password EFI. Sayangnya untuk dapat menjalankan tools ini kamu memerlukan Teenesy board. Agak sulit jika harus dilakukan oleh orang awam. Informasi kedua yang saya temukan adalah dengan meminta file SCBO dari Apple. Dari forum MacRumors tahun 2013, ada seorang pengguna yang menghubungi Apple dengan menyertakan serangkaian kode dari Mac yang terkunci dan kemudian diberikan file SCBO. File ini kemudian dipindahkan ke USB dan digunakan untuk mereset password EFI di Mac. Cara yang kedua ini tidak ada salahnya untuk dicoba. Kalau kamu tertarik mengenai file SCBO yang akan diberikan, silakan baca artikel reverse engineeringya di tautan ini.

Dengan teknologi semakin canggih, keamanan harus menjadi kesadaran bagi setiap penggunanya. Selalu gunakan password yang sulit ditebak dan hindari penggunaan password yang sama untuk setiap akun adalah hal yang selalu wajib diingat. Gunakan password manager untuk lebih mudah mengelola password.

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya