cool hit counter Setapp, cara baru menikmati aplikasi di Mac | UNAPPOLOGETIC

Setapp, cara baru menikmati aplikasi di Mac

Beberapa tahun yang lalu untuk dapat menikmati konten digital secara legal kita perlu untuk membeli. Baik itu musik, film atau aplikasi. Akibatnya, tidak sedikit orang yang menempuh cara illegal alias mencari dan menikmati konten bajakan. Sekarang, keadaan sudah jauh berbeda. Konten digital seperti musik dan film semakin mudah dan lebih terjangkau untuk dinikmati secara legal. Pilihannya pun banyak, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Cukup bayar biaya langganan dan kamu sudah bisa mengakses sepuasnya.

Lalu bagaimana dengan aplikasi? Beberapa sudah mulai beralih ke sistem berlangganan, Adobe misalnya. Namun tak sedikit yang masih memilih menjual secara langsung atau melalui toko aplikasi. Kini ada sebuah layanan baru untuk menikmati berbagai aplikasi Mac dengan sistem berlangganan yaitu Setapp. Dikembangkan oleh MacPaw yang juga mengembangkan aplikasi pembersih Mac pintar CleanMyMac dan Gemini, Setapp bertujuan mempermudah pengguna untuk menikmati berbagai aplikasi pilihan Mac.

Berlangganan atau membeli?

Jawabannya tergantung akan kebutuhan kamu. Apabila kamu hanya membutuhkan satu atau dua aplikasi saja, membeli lisensinya bisa menjadi pilihan terbaik. Beberapa aplikasi Mac memang dihargai tidak murah, rata-rata di atas Rp 200ribu meski masih ada yang membanderolnya dengan harga di bawah Rp 150ribu. Namun jika kamu membutuhkan lebih dari 2 aplikasi dan gemar mencoba aplikasi baru, layanan Setapp merupakan pilihan yang jelas lebih pas. Saat ini Setapp menawarkan lebih dari 40 aplikasi Mac berkualitas dan jumlahnya akan masih terus bertambah.

[clickToTweet tweet=”Setapp menawarkan cara baru menikmati aplikasi Mac dengan sistem berlangganan” quote=”Setapp menawarkan cara baru menikmati aplikasi Mac dengan sistem berlangganan” theme=”style3″]

Oleksandr Kosovan, CEO dan founder dari MacPaw menargetkan akan ada 300 aplikasi Mac terbaik hadir lewat Setapp.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Setapp?

Saat ini Setapp belum dapat kamu nikmati secara resmi karena masih dalam tahap uji coba publik beta. Nantinya, kamu tinggal mendaftar via webnya dan mengunduh aplikasi Setapp. Kemudian download dan login dengan akun yang sudah dibuat pada aplikasi Setapp yang diunduh. Selanjutnya Setapp akan mengatur sebuah folder aplikasi untuk pertama kali.

Tampilan login di aplikasi Setapp

Aplikasi pada folder Setapp

Tampilan preview aplikasi di Setapp

Langkah berikutnya tinggal kamu install aplikasi yang ingin digunakan. Deretan aplikasinya cukup beragam. Beberapa merupakan aplikasi favorit saya seperti Ulysses, CleanMyMac, dan Gemini. Lainnya ada CodeRunner, Taskpaper, Goodtask, Squash dan masih banyak lagi.

Jangan khawatir ketika bekerja tanpa koneksi internet. Karena aplikasi yang sudah kamu unduh dan install akan tetap dapat bekerja secara normal. Keuntungan lain menggunakan Setapp adalah kamu pasti mendapatkan update terbaru dari setiap aplikasi yang digunakan.

Setapp vs Software Piracy

Salah satu tujuan dari Setapp memang untuk mengurangi pembajakan software atau aplikasi. Dengan biaya berlanggan tiap bulan yang lebih kecil dibandingkan dengan membeli lisensi tiap-tiap aplikasi secara langsung, Setapp berusaha memberikan tawaran untuk pengguna menikmati software secara legal. Apakah cara ini akan berhasil seperti Spotify, Netflix atau Apple Music? Mungkin saja.

Kesimpulan

Setapp adalah Netflix untuk aplikasi-aplikasi Mac. Dengan Rp 150ribu setiap bulannya, kamu sudah bisa menikmati lebih dari 40 aplikasi Mac berkualitas dan jumlahnya masih akan terus bertambah. Bagaimana pendapatmu? Lebih suka membeli lisensi aplikasi langsung atau tertarik mencoba Setapp?

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya