cool hit counter [Review] Squash - Permudah optimalkan gambar untuk website | UNAPPOLOGETIC

[Review] Squash – Permudah optimalkan gambar untuk website

Ketika membuat sebuah postingan blog tips dan trik, ada beberapa hal yang perlu saya perhatikan. Salah satunya adalah gambar yang ingin saya masukkan. Selain harus runut dan mudah untuk diikuti, ukuran gambar juga menjadi salah satu pertimbangan. Idealnya, gambar yang ingin saya masukkan harus berkualitas baik tetapi dengan ukuran yang relatif kecil atau yang sudah dioptimasi.

Keuntungan dari gambar yang sudah dioptimasi untuk web adalah dapat membantu mempercepat loading serta menghemat data internet untuk memuatnya. Beberapa aplikasi pengolah gambar seperti Pixelmator dan Photoshop sebenarnya sudah mendukung fitur untuk mengekspor gambar ke dalam format yang ramah untuk digunakan dalam website. Namun dalam praktiknya, menggunakan aplikasi pengolah gambar hanya untuk mengoptimalkan ukuran kurang praktis dan merepotkan. Realmac Software, pengembang dari aplikasi Clear, Typed dan RapidWeaver menawarkan solusi dengan sebuah aplikasi bernama Squash.

Dari namanya saja sudah tergambar apa kegunaan dari aplikasi ini. Ya, Squash dapat mengompres ukuran gambar namun tidak mengurangi kualitasnya. Antar muka aplikasinya pun sederhana. Hanya ada tombol gir untuk masuk ke pengaturan.

[Review] Squash - Permudah optimalkan gambar untuk website

Tampilan utama Squash

Menggunakan Squash juga sangat mudah, kamu tinggal tarik gambar yang ingin dikompres ke dalam Squash dan tunggu sampai prosesnya selesai. Selanjutnya tinggal tekan tombol Save Images untuk menyimpan gambar-gambar tersebut. Praktis bukan?

[Review] Squash - Permudah optimalkan gambar untuk website

Pengaturan Squash

Pengaturan aplikasi Squash pun juga sangat sederhana. Terdapat pengaturan kompresi file PNG, kualitas file JPG yang dihasilkan, tempat menyimpan file dan nama tambahan untuk gambar yang sudah dioptimalkan. Penasaran dengan hasil kerja Squash? Saya mengunduh beberapa gambar dari Unsplash dan mencobanya di Squash. Perbandingan ukurannya bisa kamu lihat pada tabel di bawah:

Gambar Ukuran sebelum dikompres Ukuran sesudah dikompres
Unsplash 1 5.4MB 4.8MB
Unsplash 2 1.1MB 993KB
Unsplash 3 1.9MB 1.5MB
Unsplash 4 1.5MB 1.2MB

 

Selain melakukan kompresi gambar, Unsplash juga dapat secara otomatis mengkonversi format PSD, TIFF dan RAW menjadi JPG. Lebih praktis dibanding menggunakan aplikasi pengolah gambar.

Squash permudah optimalkan gambar untuk web

Saya sangat menyukai kemudahan dan kesederhanaan Squash dalam mengoptimalkan gambar. Meski ukuran gambar hasil kompresi tidak sekecil yang dihasilkan oleh ImageOptim, namun saya sangat menyukai kecepatan serta tampilannya yang minimalis. Kalau kamu tertarik untuk memiliki Squash, ada baiknya bergegas karena selama masa launching dan Black Friday, Squash didiskon 60% menjadi $8 atau Rp 119ribu di App Store dari harga normal $19.99.

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya