10 Tips Wanita Tinggal di Rumah Mertua Biar Betah

Tinggal di rumah mertua untuk pertama kalinya mungkin bisa jadi hal yang bermasalah khususnya bagi perempuan. Entah itu karena asalan tidak enakan, mertua cerewet ataupun hal lainnya. Namun mungkin hal ini tidak berlaku sebaliknya bagi pria. Biasanya pria, khususnya jika sudah bekerja maka akan sangat gampang beradaptasi. Bagaimana tidak, dia bisa pulang malam dan berangkat pagi kembali.

Sedangkan wanita biasanya harus sedikit lebih lama di rumah dibandingkan laki-laki. Hal ini disebabkan harus membersihkan rumah dan memasak terlebih dahulu. Jadi waktu wanita disinilah yang cukup lama dibandingkan dengan yang lain. Oleh karena itu, tips ini lebih dikhususkan bagi kita para wanita

1. Bantu Apa yang Dia Minta

Jika pertama kali tinggal di rumah mertua, maka pertama kali yang perlu kamu lakukan adalah membantu saja. Jangan terlalu banyak inisiatif terlebih dahulu. Cukup tanyakan, ada yang bisa dibantu mama/ibu/umi? Nanti jika diberikan suatu kerjaan maka bantulah dengan ramah.

Namun bagaimana jika tidak diberikan tanggung jawab memasak atau apapun itu misalnya? Maka cukup liat dulu dan temani hingga dia selesai bekerja. Lakukan kegiatan seperti itu selama beberapa bulan hingga kamu mendapatkan kepercayaan dari mertuamu.

2. Ikuti Hobi Mertua

Setiap orang pasti punya hobi tersendiri begitu juga dengan mertua. Kamu bisa mendekati mertua dengan hobi yang biasa dilakukannya. Salah satu contohnya jika mertua memiliki hobi menanam maka kamu juga bisa bertanya lebih dalam dan ingin belajar. Ketertarikan yang sama akan memberikan kedekatan lebih mendalam lagi.

Bagimana jika hobi mertua tidak bisa kamu ikuti? Misalkan mertua memiliki hobi panjat gunung dan kamu tidak suka melakukan hal tersebut maka kamu cukup support mertua dengan membantu beberapa persiapan yang dia butuhkan. Cukup beberapa saja, tidak perlu semuanya.

3. Biasakan Memiliki Ruang Pribadi.

Jika kamu tinggal bersama mertua maka biasakan memiliki ruangan pribadi yang tidak boleh dikunjungi kecuali kamu dan pasanganmu. Tujuan ini adalah saat kamu tidak ingin diganggu maka kamu bisa berdiam diri sejenak. Tidak hanya ruangan pribadimu ya, biasakan juga tidak menyentuh ruang pribadi mertuamu.

4. Tidak Bermalas – malasan.

Memang hal yang paling mengasikkan adalah bermalas – malasan akan tetapi ini akan sedikit sulit kamu lakukan untuk pertama kali tinggal di rumah mertua. Kamu sebaiknya selalu terlihat rajin dan bersemangat. Jangan sampai terlalu banyak istirahat untuk saat pertama. Jika mertua kamu masih menganggap kamu suka bermalas – malasan maka mulailah bekerja di kantor ataupun ditempat lain. Jadi kamu bisa mengurangi jam interaksi yang terlihat malas – malasan.

5. Hindari bertengkar dengan suami dihadapan mertua

Pertengkaran adalah hal yang terkadang tidak bisa dihindari khususnya bagi pasangan muda. Akan tetapi ketika ada mertua sebaiknya dihindari karena mau tidak mau perasaan orang tua akan melindungi anaknya sendiri. Manfaat lainnya adalah membiasakan diri untuk tidak ekspose masalah rumah tangga kepada orang lain.

Biasakan segera selesaikan masalah dengan kepala dingin. Ingat, tidak minta maaf bukan berarti tidak salah begitu juga sebaliknya.

6. Biasakan Minta Izin saat Keluar Rumah

Rumah ini adalah rumah mertuamu, jika kamu harus pergi cukup jauh maka biasakan minta izin dulu. Tidak hanya pada suami tetapi juga pada mertua. Tidak perlu izini ribet, cukup kasih tau bahwa mau pergi kemana dan tawarkan mau ikut atau tidak. Jika tidak bisa mengajak maka tawarkan mau oleh – oleh apa.

Baca Juga:Hindari 6 Hal Berikut Saat ke Myanmar

7. Jangan Ikut Campur Debat Keluarga Suamimu

Kamu sebagai istri sebaiknya menghindari acara debat keluarga suamimu meskipun kamu merasa benar. Hal ini untuk membiasakan diri supaya tidak ikut serta dalam masalah keluarga orang lain. Biarkan mereka berdebat karena nanti mereka juga akan berdamai sendiri.

8. Perlakukan Mertua Seperti Memperlakukan Ibu

Berbuat baik kepada mertua sama seperti berbuat baik pada ibu mu. Ini akan sedikit berbeda jika ternyata kamu tidak biasa melakukan perbuatan baik pada ibumu maka kamu akan merasakan sendiri bagaimana rasanya. Jadi, biasakan berbuat baik pada mertua agar kamu juga bisa melakukannya pada mertua.

9. Kenali Kebiasaan dan Pengendalian Diri

Kenali kebiasaan mertuamu lebih baik lagi dan lebih dalam lagi. Biar kamu tau kapan harus bersabar dengan kebiasaan mertuamu. Misalkan mertua punya kebiasaan cerewet maka kamu cukup bersabar karena itu memang sudah menjadi kebiasaan dia dari lama. Tentu sangat susah merubah kebiasaan yang sudah ada dari muda pada saat sudah tua. Jangan marah, jangan emosi, tetap santuy.

10. Berikan Artikel Ini Pada Mertuamu

Tidak ada salahnya kamu kirimkan artikel ini kepada mertuamu biar dia tau perjuanganmu untuk diterima oleh sang mertua. Mana tau mertuamu kirim balik artikel tentang bagaimana membuat menantu nyaman dan sayang dengan mertua. Jadi jangan berburuk sangka dulu dengan mertua.

Sekian dulu pembahasan artikel kami kali ini, semoga bermanfaat untuk semua.

Leave a Comment