5 Hidangan Paling Aneh di Asia. Kamu Berani Coba?

masakan aneh di asean

Berwisata kuliner merupakan salah satu hal wajib yang selalu dilakukan setiap orang, terutama saat mengunjungi suatu negara. Jika biasanya kita hanya mencicipi makanan seperti pizza, pasta, ramen, hingga kimbab, justru beberapa negara di Asia ini menghidangkan beragam makanan aneh. Makanan-makanan tersebut biasanya hasil dari budidaya hewan yang dinilai memiliki khasiat baik untuk tubuh. Bagi kamu pecinta makanan, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa makanan aneh dibawah ini:

  1. Telur Semut

Jajanan yang sering dijumpai di Kamboja, Thailand, dan Vietnam ini ternyata memiliki khasiat baik untuk tubuh loh. Selain digunakan untuk pakanan burung kicau, telur semut (kroto) bisa diolah menjadi makanan sedap seperti pepes tahu ataupun sup putih telur. Kroto memiliki beberapa kandungan baik yang dibutuhkan tubuh manusia, seperti protein dan vitamin. Maka tak heran, banyak orang yang membudidayakan hewan ini, karena nilai jualnya tinggi. Negara Thailand sendiri menjadikan telur semut sebagai makanan ringan yang dibungkus dengan daun pisang. Mengenai cita rasa, beberapa orang mengatakan rasa telur semut ini sedikit manis dan segar seperti jeruk nipis.

  1. Sarang Burung Wallet

Budidaya hewan yang satu ini bisa terbilang sulit, karena kamu membutuhkan modal besar. Namun keuntungan yang akan kamu dapatkan dari ternak wallet sangat setimpal dengan modal yang dikeluarkan. Di pelosok Kalimantan sendiri, kamu bisa melihat bangunan-bangunan tinggi yang digunakan sebagai tempat membudidayakan wallet. Konon katanya, sarang burung wallet bisa dikonsumsi oleh manusia karena khasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Makanan tersebut juga sangat terkenal di China dan dikonsumsi oleh para kaisar disana. Salah satu cara mengolah makanan ini yaitu menjadikannya sup.

  1. Kopi Luwak

Kopi merupakan minuman yang paling banyak dicari, baik disaat nongkrong bersama teman atau pun sata melakukan aktivitas. Tapi apa jadinya bila kopi yang dikonsumsi berbahan dasar dari kotoran luwak?

Kotoran luwak yang berbentuk kopi tersebut merupakan hasil dari difermentasi alami dalam tubuh luwak. Biji kopi yang dimakan oleh luwak nyatanya tidak hancur ketika hewan itu buang air. Oleh para peternak luwak, biji kopi ini diolah menjadi kopi dengan harga termahal. Kopi luwak Indonesia bisa dibilang sebagai salah satu minuman mahal yang diekspor ke berbagai belahan dunia dengan harga tinggi.

  1. Boendegi

Boendegi atau ulat sutera adalah makanan yang sangat populer di Korea Selatan. Cukup direbus dan ditambahkan rempa-rempa pilihan, satu piring boendegi bisa kamu nikmati dengan kisaran harga 500 sampai 200 won. Untuk cita rasanya sendiri, banyak yang bilang kalau boendegi ini memiliki rasa mirip dengan kayu. Sehingga tidak heran banyak penduduk Korea yang budidaya hewan tersebut.

  1. Jing Leed

Jajanan khas Thailand ini berbahan dasar belalang yang digoreng dan dibumbui dengan garam, lada, dan cabai untuk menambah cita rasa pedas. Kamu akan merasakan sensasi gurih renyah saat pertama kali mencicipi jing leed. Tidak hanya ada di Thailand saja, belalang goreng juga bisa kamu temui di Yogyakarta. Olahan dari Yogyakarta itu biasanya berbentuk keripik dan digemari oleh warga sekitar daerah Gunung Kidul.

Itulah kelima hidangan aneh yang ada di Asia. Kalau kamu memang pecinta kuliner, maka lima hidangan itu patut kamu coba. Selain cita rasanya yang aneh, hidangan-hidangan tersebut memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh. Kamu juga bisa budidaya hewan-hewan tersebut untuk nantinya dijadikan lading usaha ataupun konsumsi pribadi. Tertarik untuk budidaya? Baca saja artikel mengenai hewan yang bisa dijadikan peluang bisnis melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/ingin-bisnis-ternak-5-hewan-ini-pilihannya/.

 

Leave a Comment