6 Tanaman Ini Ampuh Usir Nyamuk di Rumah

Bulan penghujan sebentar lagi datang maka kita harus makin waspada dengan segala kemungkinan. Salah satunya adalah makin banyak nyamuk yang berkeliaran karena mereka kedinginan diluar sana. Masalah kesehatan yang paling dekat dihadapi dengan nyamuk adalah demam berdarah. Maka dari itu harus segera melakukan penanganan.

Penanganan dalam mengusir nyamuk memang terdapat banyak pilihan seperti melakukan penyemprotan yang penuh dengan bahan kimia atau cara yang lebih aman. Cara yang aman tersebut adalah dengan membersihkan rumah dan menanam beberapa tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

1. Lavender

Lavender telah lama menjadi tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini sudah bisa dibilang legenda yang masih ada hingga saat ini. Bau lavender ini sebenarnya cukup wangi tetapi tidak untuk nyamuk. Nyamuk tidak menyukai aroma lavender. Menanam tanaman ini di rumah akan mengurangi potensi nyamuk masuk ke rumah.

2. Marigold

Mungkin saja kamu tidak tau tanaman marigold karena tidak familiar di Indonesia. Bahkan penulis juga tidak tau tentang tanaman ini, namun tanaman ini terbukti ampuh mengusir nyamuk dari rumah. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang baik jadi letakkan diluar rumah ya.

3. Sereh

Serai atau juga disebut dengan sereh merupakan jenis tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk dan lalat. Aroma yang wangi membuat nyamuk merasa risih dan gelisah ketika mencium aroma sereh tersebut. Daun sereh bisa kamu ambil dan letakkan di kamar jika perlu. Jadi nyamuk akan berkurang dari kamar.

4. Catnip

Catnip atau sayurnya para kucing adalah jenis tumbuhan yang disukai kucing. Catnip sendiri memiliki aroma yang wangi dan tajam sehingga nyamuk tidak suka. Kabarnya tanaman ini juga bisa digunakan sebagai teh herbal.

5. Selasih

Selasih menjadi salah satu tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk. Entah kenapa, mungkin karena aromanya yang cukup menyengat bagi nyamuk. Selasih ini bisa kamu letakkan di dalam kamar karena ini masih cukup aman dilakukan. Jika kamu ingin lebih efektif maka gunakan minyak essensial selasih untuk aroma ruangan biar lebih wangi dan tidak disukai nyamuk.

6. Papermint

Papermint atau daun mentol merupakan salah satu dari berbagai tanaman yang tidak disukai nyamuk. Nyamuk tidak suka karena mungkin pedas ditenggorokan nyamuk. Daun papermint ini bisa kamu letakkan disamping kamu tidur. Kalau mau minum juga bisa loh.

Bagian yang paling penting sebenarnya adalah membersihkan rumah dengan rutin. Tidak hanya rumah tetapi juga selokan sekitarmu. Memberikan semprot anti nyamuk memang bisa tetapi untuk berkepanjangan tentu akan bahaya. Kamu bisa meminimalisir hal tersebut dengan tanaman herbal diatas.

Leave a Comment