8 Sayur dan Buah yang Bisa Ditanam di Halaman Kecil

Tidak hanya bunga dan rerumputan, ternyata sayur juga bisa ditanam meski memiliki pekarangan kecil. Menanam sayur untuk kebutuhan sendiri tentu akan sangat banyak menghemat pengeluaran bulanan. Selain itu juga bisa membantu mengurangi stress ketika di rumah karena menurut penelitian yang dilansir menyatakan bahwa bercocok tanam bisa mengurangi stress hingga 70%. Namun bagaimana jika pekarangan terbatas?

Berikut ini sayur dan buah yang bisa ditanam di halaman rumah yang terbatas

1. Cabai

Ternyata cabai menjadi tanaman favorit untuk ditanam di rumah. Cabe merah atau hijau bisa kamu tanam pada pot di rumah. Tidak butuh lahan besar, cukup ukuran 30 cm x 30 cm maka tanaman ini sudah bisa kamu tanam. Untuk perawatan juga tidak terlalu sulit, yang penting rutin membersihkan dan memberikan air kepada tanaman tersebut.

2. Kangkung

Jika kamu punya lahan yang sedikit basah maka tanam kangkung bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Namun jika kondisinya kering maka tanaman ini akan sedikit susah untuk tumbuh. Cara penanaman, cukup masukkan batang ke tanah dan tunggu mereka tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik lagi.

3. Bayam

Kamu bisa menanam bayam dengan kandungan tanah kering. Kamu cukup siram 1-2 kali sehari agar tidak menjadi kering. Bayam ini bisa hidup di tanah yang sedikit kering dari pada kangkung. Cukup sediakan tempat 50×50 cm maka kamu sudah bisa berkebun bayam.

4. Singkong

Untuk kamu yang memiliki lahan berlebih sekitar 1×1 meter maka kamu bisa mencoba menanam singkong. Tanaman singkong ini tidak membutuhkan tanah terlalu basah namun rasanya tentu akan berbeda dengan tanah subur. Untuk menghasilkan tanah yang lebih subur maka kamu bisa tambahkan pupuk kompos hingga lebih gembur dari pada biasanya.

5. Daun Bawang

Daun bawang bisa loh ditanam di pekarangan kecil. Bahkan daun bawang ini bisa tumbuh pada lahan 20 cm x 20 cm. Cukup sekali bukan untuk rumah kecil mu? Kebutuhan air sendiri juga tidak terlalu banyak kok yang penting tanahmu gembur.

6. Selada

Siapa bilang tanam selada itu susah? Ternyata gak sesusah yang dibilang loh. Meskipun selada identik dengan sayuran lumayanan mahal tetapi bisa ditanam sendiri. Hal yang paling penting adalah memiliki tanah gembur dan usahakan tidak kering.

7. Kunyit

Kunyit bisa ditanam di rumah bahkan dengan tanah tidak terlalu gembur dan sedikit berpasir. Hal yang paling penting ketika menanam kunyit adalah rutin menyiram sekali sehari. Namun, jika terlewat juga tidak masalah jika kamu memiliki tanah yang cukup gembur.

8. Lengkuas

Apakah kamu pernah salah makan dengan mengira lengkuas adalah daging rendang? Ternyata kamu juga bisa tanam lengkuas di rumah sendiri asal tanahmu gembur. Tidak perlu lahan luas, 30 cm x 30 cm maka bisa menanam ini.

Sekian dulu pembahasan kami kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Comment