Cara Menghilangkan Notifikasi Chrome dengan Mudah

Salam pembaca! Apakah Anda sering merasa terganggu dengan notifikasi dari Google Chrome yang sering muncul di layar komputer atau smartphone Anda? Tentunya hal tersebut bisa sangat mengganggu konsentrasi dan produktivitas kita, terutama jika notifikasi tersebut tidak diperlukan atau tidak penting. Namun, jangan khawatir, pada artikel kali ini akan kami berikan beberapa tips dan trik bagaimana cara menghilangkan notifikasi chrome yang mengganggu Anda.

Langkah-langkah Menghilangkan Notifikasi Chrome

1. Mematikan Notifikasi untuk Situs Tertentu

Jika Anda sering menerima notifikasi dari situs tertentu yang tidak penting, Anda bisa mematikan notifikasi tersebut dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka Google Chrome di komputer atau smartphone Anda
2. Klik icon tiga titik vertikal pada bagian atas kanan (atau tiga garis horizontal pada smartphone) lalu pilih opsi “Settings” atau “Pengaturan”
3. Pilih opsi “Site settings” atau “Pengaturan situs”
4. Klik opsi “Notifications” atau “Notifikasi”
5. Cari situs yang ingin dihentikan notifikasinya, lalu klik
6. Pilih opsi “Notifications” atau “Notifikasi” lagi
7. Pilih opsi “Block” atau “Blokir”

Setelah langkah di atas dilakukan, notifikasi dari situs tersebut akan dihentikan.

2. Menghilangkan Semua Notifikasi

Jika Anda ingin menghilangkan semua notifikasi dari Google Chrome, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka Google Chrome seperti biasa
2. Klik icon tiga titik vertikal pada bagian atas kanan (atau tiga garis horizontal pada smartphone) lalu pilih opsi “Settings” atau “Pengaturan”
3. Gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Advanced” atau “Lanjutan”
4. Klik opsi tersebut
5. Pilih opsi “Content settings” atau “Pengaturan konten”
6. Klik opsi “Notifications” atau “Notifikasi”
7. Pilih opsi “Ask before sending” atau “Tanyakan sebelum mengirim”
8. Matikan opsi tersebut dengan menggeser tombol menjadi “Off”

Setelah langkah di atas dilakukan, notifikasi dari Google Chrome tidak akan muncul lagi kecuali jika Anda mengizinkan terlebih dahulu.

3. Mematikan Notifikasi dari Situs yang Masih Muncul

Jika notifikasi dari situs yang sudah diblokir tetap muncul, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka Google Chrome dan buka situs yang masih memberikan notifikasi
2. Klik icon gembok pada bagian atas kiri (atau kanan pada smartphone) alamat situs
3. Pilih opsi “Site settings” atau “Pengaturan situs”
4. Klik opsi “Notifications” atau “Notifikasi”
5. Pilih opsi “Block” atau “Blokir”

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, notifikasi dari situs yang masih muncul akan dihentikan.

Penjelasan

Ketiga langkah di atas merupakan cara menghilangkan notifikasi Chrome yang paling umum. Notifikasi yang sering muncul dari Google Chrome biasanya disebabkan oleh pengaturan aplikasi web dan situs serta cookie, yang diminta untuk memberikan notifikasi pada pengguna ketika ada perubahan pada situs atau aplikasi tersebut, seperti email baru, permintaan teman, atau terdapat notifikasi lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara agar aplikasi atau situs tidak memberikan notifikasi berlebihan, atau menggunakannya dengan bijaksana, seperti dengan memilih opsi untuk memblokir notifikasi, mengatur pengaturan fungsi notifikasi dengan klik icon gembok atau mengubah pengaturan aplikasi atau situs yang memberikan notifikasi.

Tips dan Trik

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mencegah notifikasi dari Google Chrome yang mengganggu:

1. Jangan terlalu sering memberikan izin untuk notifikasi

Jangan memberikan izin untuk notifikasi pada setiap situs web atau aplikasi yang dimiliki. Pilih situs atau aplikasi tertentu yang benar-benar dibutuhkan notifikasi, seperti email pribadi, atau aplikasi yang membutuhkan verifikasi login, dan lain sebagainya.

2. Gunakan mode “Do Not Disturb”

Menggunakan mode “Do Not Disturb” bisa membantu menghilangkan notifikasi yang terus muncul di layar. Mode ini ditemukan pada sebagian besar sistem operasi, termasuk Android dan Mac.

3. Matikan notifikasi untuk aplikasi media sosial

Terkadang notifikasi yang muncul dari aplikasi media sosial bisa sangat mengganggu, terutama jika Anda menerima banyak pesan atau interaksi dari teman atau follower. Cobalah untuk mematikan notifikasi atau mengatur notifikasi agar tidak terlampau sering muncul.

4. Atur jadwal notifikasi

Beberapa aplikasi dan situs memiliki opsi untuk mengatur jadwal notifikasi, atau hanya memberikan notifikasi pada waktu tertentu, seperti saat istirahat atau saat waktu senggang.

5. Atur notifikasi pada aplikasi permainan

Jika aplikasi permainan sering memberikan notifikasi, cobalah untuk mengatur pengaturan permainan agar tidak terlalu banyak memunculkan notifikasi.

6. Tambahkan situs ke daftar pengecualian

Jika ada situs yang ingin Anda terima notifikasinya, Anda dapat menambahkan situs tersebut ke daftar pengecualian di pengaturan notifikasi Chrome.

7. Tampilkan notifikasi dengan cara yang lebih terorganisir

Beberapa aplikasi, seperti aplikasi email, memiliki opsi untuk menampilkan notifikasi dengan cara yang lebih terorganisir, seperti mengelompokkan berdasarkan kategori atau pengirim.

8. Gunakan aplikasi perantara

Beberapa aplikasi seperti Notif Pro atau Notin, dapat membantu mengelola dan mengorganisir notifikasi agar terlihat lebih rapi dan tidak mengganggu.

9. Hapus aplikasi yang memberikan notifikasi berlebihan

Jika aplikasi yang memberikan notifikasi terus-menerus alami terlalu berlebihan, dan tidak penting, cobalah untuk menghapus aplikasi tersebut dari perangkat Anda.

10. Periksa pengaturan notifikasi situs dan aplikasi secara teratur

Secara berkala, Anda harus memeriksa pengaturan notifikasi aplikasi dan situs, untuk memastikan bahwa tidak ada aplikasi atau situs yang memberikan notifikasi tanpa izin atau tidak relevant.

Demikianlah tips dan trik dalam menghilangkan notifikasi Chrome. Semoga artikel ini bisa membantu dalam mengatur notifikasi agar tidak terlampau mengganggu. Terima kasih dan salam sukses!

Kelebihan dan Kekurangan: Bagaimana Cara Menghilangkan Notifikasi Chrome

Kelebihan

1. Membuat browsing menjadi lebih lancar dan tidak terganggu dengan munculnya notifikasi yang mengganggu.

2. Menghemat penggunaan baterai pada perangkat mobile, karena notifikasi terkadang dapat menjadi penyebab cepatnya daya baterai terkuras.

3. Mengurangi resiko kebocoran informasi pribadi, karena notifikasi dapat muncul meskipun perangkat dalam kondisi terkunci dan dapat dilihat oleh orang yang tidak berhak.

4. Meningkatkan fokus pada tugas yang sedang dilakukan, karena notifikasi dapat mengalihkan perhatian pengguna dari aktivitas yang sedang dilakukan.

5. Mempercepat kinerja perangkat, karena notifikasi yang terus muncul dapat memperlambat performa perangkat.

Kekurangan

1. Mengurangi kemampuan untuk menerima informasi segera, karena notifikasi dapat membantu dalam mendapatkan pemberitahuan penting dari aplikasi yang terinstal.

2. Menghilangkan kesempatan untuk mengakses informasi dengan cepat, karena notifikasi sering kali menawarkan akses cepat ke aplikasi yang digunakan.

3. Meningkatkan risiko ketinggalan informasi, karena pengguna harus secara manual membuka aplikasi untuk melihat notifikasi yang belum terbuka.

4. Menurunkan keterlibatan dengan aplikasi, karena notifikasi dapat membantu pengguna tetap terlibat dengan aktivitas aplikasi yang sedang digunakan.

5. Mengurangi efektivitas promosi, karena notifikasi dapat membantu dalam mempromosikan produk atau layanan uiat dihadirkan dengan cara yang tepat.

FAQ

1. Apa itu notifikasi Chrome?

Notifikasi Chrome adalah notifikasi pop-up yang muncul di sudut kanan bawah layar Anda ketika ada aktivitas baru di aplikasi browser Chrome.

2. Mengapa Anda ingin menghapus notifikasi Chrome?

Terkadang, notifikasi Chrome bisa menjadi sangat mengganggu terutama ketika Anda sedang fokus pada pekerjaan atau aktivitas penting lainnya.

3. Bagaimana cara menghilangkan notifikasi Chrome?

Anda dapat menghilangkan notifikasi Chrome dengan mengikuti beberapa langkah sederhana yang akan dijelaskan di bawah ini.

4. Apakah saya bisa mematikan notifikasi Chrome hanya untuk beberapa situs web saja?

Tentu saja. Anda dapat mengatur notifikasi Chrome untuk situs web tertentu atau mematikannya sepenuhnya.

5. Bagaimana cara mematikan notifikasi dari situs web tertentu?

Anda dapat pergi ke pengaturan Chrome, lalu klik “Lainnya” dan “Settings”. Kemudian pilih “Advanced” dan klik “Site Settings”. Setelah itu, pilih “Notifications” dan matikan notifikasi dari situs web yang ingin Anda matikan.

6. Bagaimana cara mengatur notifikasi Chrome secara keseluruhan?

Anda dapat mematikan notifikasi Chrome sepenuhnya dengan pergi ke pengaturan Chrome, lalu klik “Lainnya” dan “Settings”. Kemudian pilih “Advanced” dan klik “Site Settings”. Setelah itu, pilih “Notifications” dan matikan opsi “Ask before sending”.

7. Apakah saya bisa mengatur notifikasi Chrome agar muncul tetapi tanpa suara?

Tentu saja. Anda dapat mengatur notifikasi Chrome agar muncul tetapi tanpa suara dengan mematikan suara notifikasi. Anda dapat melakukannya dengan pergi ke pengaturan Chrome, lalu klik “Lainnya” dan “Settings”. Kemudian pilih “Advanced” dan klik “Site Settings”. Setelah itu, pilih “Notifications” dan cari opsi “Sound”. Matikan opsi ini.

8. Apakah saya perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk menghilangkan notifikasi Chrome?

Tidak, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan. Anda dapat mengatur notifikasi Chrome dengan mudah menggunakan pengaturan bawaan Chrome.

9. Apakah notifikasi dari Chrome mengambil ruang di memori perangkat?

Ya, notifikasi Chrome membutuhkan ruang di memori perangkat Anda. Jika Anda memiliki banyak notifikasi, ini dapat mempengaruhi kinerja perangkat Anda.

10. Apakah ada efek samping dari menghilangkan notifikasi Chrome?

Tidak ada efek samping yang signifikan dari menghilangkan notifikasi Chrome. Namun, Anda mungkin akan kehilangan beberapa pemberitahuan penting jika Anda memiliki notifikasi penting yang diaktifkan.

11. Apakah saya bisa mengatur notifikasi Chrome untuk muncul hanya saat saya membuka browser?

Tentu saja. Anda dapat memilih opsi “Block” pada notifikasi di pengaturan Chrome, dan notifikasi akan muncul hanya saat Anda membuka browser.

12. Apakah saya bisa mengatur notifikasi Chrome agar muncul pada waktu-waktu tertentu saja?

Tidak, Chrome tidak memiliki opsi untuk mengatur notifikasi agar muncul pada waktu-waktu tertentu saja.

13. Apakah saya bisa mengubah ukuran notifikasi Chrome?

Tidak, Anda tidak dapat mengubah ukuran notifikasi Chrome. Ukuran notifikasi bergantung pada ukuran tampilan di perangkat Anda.

Kesimpulan

Setiap pengguna Google Chrome pastinya pernah mengalami notifikasi di browser yang dikenal cukup mengganggu. Namun, ada beberapa cara untuk menghilangkan notifikasi tersebut. Pertama, bisa dilakukan dengan cara memblokir ijin notifikasi pada website tertentu. Kedua, menggunakan fitur Quiet Notification atau Notifikasi Senyap pada Google Chrome. Terakhir, bisa menggunakan ekstensi pihak ketiga untuk memblokir notifikasi yang tidak diinginkan.

Penutup

Demikian artikel singkat mengenai bagaimana cara menghilangkan notifikasi chrome yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Pengalaman menjelajahi internet jadi lebih menyenangkan tanpa harus terganggu oleh notifikasi yang tidak diinginkan. Namun, jangan lupa untuk tetap mengizinkan notifikasi pada website yang memang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa!