cool hit counter Bear, aplikasi catatan yang minimalis khusus untuk perangkat Apple | UNAPPOLOGETIC

Bear, aplikasi catatan yang minimalis khusus untuk perangkat Apple

Bagi saya, aplikasi pembuat dan penyimpan catatan itu hanya ada dua jenis. Pertama yang mendukung rich-text formatting macam Evernote atau Notes.app dari Apple dan yang menggunakan sintaks markdown seperti Byword atau Ulysses. Saya pernah menggunakan keduanya. Catatan dengan plain text formatting lebih fleksibel dibawa-bawa dan dipindahkan antar perangkat. Tinggal taruh di Dropbox dan sambungkan aplikasi catatan ke akun Dropbox.

Saking fleksibelnya, terkadang justru formatting yang dilakukan dari satu perangkat bisa menyebabkan perubahan yang membuat catatan tidak rapi ketika diakses dari aplikasi atau perangkat lain. Tetapi hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu menggunakan Bear, aplikasi catatan yang minimalis khusus perangkat Apple.

Bear memiliki tampilan yang minimalis nan cantik, tak hanya mendukung untuk membuat catatan tetapi juga menulis

Tampilan antar muka Bear sangat minimalis dan tertata rapi. Deretan catatan di tampilan utama bisa diurutkan berdasarkan tanggal pembuatan, pengubahan atau sesuai dengan abjad judul. Untuk catatan yang penting, kamu bisa menempelkan catatan tersebut di bagian atas dengan fitur Pin. Caranya cukup geser ke kiri pada sebuah catatan dan tekan Pin Top.

Ada 4 jenis font yang bisa kamu pilih untuk digunakan di Bear. Kustomisasinya pun cukup lengkap. Mulai dari tersedianya beberapa tema yang siap pakai hingga mengatur besar kecilnya huruf, jarak antar huruf atau baris dan paragraf.

Bear, aplikasi catatan yang minimalis khusus untuk perangkat Apple

Beberapa jenis tema yang tersedia dalam aplikasi Bear

Apabila kamu memiliki catatan di aplikasi lain semacam Vesper atau Notes.app ada fitur Import yang bisa kamu gunakan untuk memindahkannya ke dalam Bear. Untuk fitur organisir, kamu bisa menambahkan tag. Atau kalau kamu ingin lebih mudah mencari catatan, kamu bisa mengaitkannya satu catatan dengan yang lainnya menggunakan internal link.

Bear, aplikasi catatan yang minimalis khusus untuk perangkat Apple

Fitur organisir, tags serta ekspor catatan ke berbagai format

Untuk membuat sebuah catatan baru, tinggal tekan pada tombol bergambar tanda + di bagian pojok kanan bawah. Perihal formatting, Bear mengadopsi Markdown syntax. Kamu bisa menambahkan Heading, mencetak miring dan atau menebalkan kata, hingga menyisipkan link. Tak kalah lengkap dengan Notes.app, kamu juga bisa membuat checklist dalam sebuah catatan di Bear.

Bear, aplikasi catatan yang minimalis khusus untuk perangkat Apple

Beberapa contoh formatting di aplikasi Bear

Sinkronisasi yang cepat, serta fitur ekspor ke bermacam-macam format

Satu masalah yang sering saya alami ketika menyimpan catatan di Dropbox dan membukannya dari aplikasi yang berbeda-beda adalah adanya Conflicted Copy. Biasanya terjadi karena catatan yang diubah di aplikasi lain belum selesai disinkronkan tetapi sudah diakses di aplikasi lainnya. Dengan Bear saya tak perlu khawatir adanya Conflicted Copy. Bear memanfaatkan sinkronisasi CloudKit. Prosesnya pun sangat cepat. Perubahan catatan yang saya buat di iPad bisa segera muncul di iPhone.

Namun metode ini bukan tanpa kekurangan, karena mengandalkan CloudKit, maka yang bisa mengaksesnya hanya aplikasi Bear juga di perangkat Apple (iPhone, iPad dan Mac)

Catatan yang kamu simpan dalam Bear bisa diekspor ke berbagai format. Ada format TXT, Markdown, HTML, Rich Text hingga menjadikannya gambar. Format yang terakhir sangat mempermudah ketika ingin membagikan catatan ke media sosial. Tanpa harus mengambil screenshot.

Membuat catatan lebih dipermudah dengan dukungan automation menggunakan aplikasi seperti Workflow, atau Drafts

Bagi pro user, Bear menyediakan dukungan automation seperti fitur mengubah laman web menjadi catatan dengan Workflow ataupun menambahkan catatan baru di awal atau akhir pada catatan yang sudah ada. Ada skema URL yang juga bisa digunakan untuk mempermudah membuka atau menambahkan catatan baru. Dokumentasinya bisa kamu lihat di sini.

Perlu membayar biaya perlangganan per bulan atau tahun untuk bis a menikmati fiturnya secara lengkap

Tak semua fitur di Bear bisa kamu gunakan secara gratis. Tema, serta fitur sinkronisasi baru bisa digunakan ketika kamu sudah membayar biaya berlangganan sebesar Rp 20ribu sebulan atau Rp 200ribu setahun. Bear cocok untuk kamu yang bekerja menggunakan perangkat Apple terus menerus dalam keseharian. Selain aplikasinya cantik dan mudah untuk digunakan, fitur sinkronisasi yang cepat juga mempermudah mengakses catatan antar perangkat.

Sedang mencari alternatif untuk Evernote? Silakan pertimbangkan Bear dan apabila ada pertanyaan langsung sampaikan lewat kolom komentar di bawah ya! See you on next review!

Bear – App Store & Mac App Store – Gratis

Gambar header: Website Bear

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya