Cara Menghilangkan Garis Biru di Microsoft Word

Salam hangat bagi pembaca setia kami! Pernahkah Anda mengalami ketika mengerjakan dokumen di Microsoft Word, tiba-tiba muncul garis biru di tengah-tengah dokumen tersebut? Tentu saja, hal ini dapat mengganggu konsentrasi dan bahkan membuat hasil pekerjaan menjadi tidak rapi. Tidak perlu khawatir lagi, karena pada artikel kali ini kami akan membahas cara menghilangkan garis biru di Microsoft Word.

Langkah-langkah Menghilangkan Garis Biru di Word

1. Menonaktifkan Format Pengecoran Otomatis

Umumnya, garis biru tersebut diketahui sebagai fitur Pengecoran Otomatis, yang biasanya muncul ketika kita menambahkan huruf atau kata baru ke dalam dokumen. Untuk menghapusnya, pertama-tama kita perlu menonaktifkan fitur Pengecoran Otomatis. Hal ini dapat dilakukan dengan mengklik tombol “Berhenti Mengekor” yang terletak di pojok kanan bawah Microsoft Word.

2. Mengubah Pilihan Opsi Pengecoran Otomatis

Apabila menonaktifkan fitur Pengecoran Otomatis tidak berhasil, kita dapat mencoba mengubah opsi pilihan Pengecoran Otomatis. Caranya adalah dengan membuka “Opsi Pengecoran Otomatis” dan memilih opsi “Semua (Kecuali Tanda List)”.

3. Mematikan Opsi Penerimaan Otomatis

Selain menonaktifkan fitur Pengecoran Otomatis, kita juga perlu mematikan opsi Penerimaan Otomatis. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka menu “Opsi Penggantian Cepat” dan menghapus centang pada opsi “Tampilkan Opsi Penggantian Cepat Saat Radikal Disorot”.

4. Mengubah Opsi Penomoran Otomatis

Apabila garis biru tersebut muncul pada nomor atau angka pada dokumen, maka kita perlu mengubah opsi Penomoran Otomatis. Caranya adalah dengan membuka “Opsi Penomoran” dan memilih opsi “Tidak ada” pada bagian “Tipe”.

5. Menonaktifkan Opsi Klik dan Ketik

Fitur Klik dan Ketik pada Microsoft Word memungkinkan kita untuk menambahkan teks dengan mengklik sebuah tombol di layar. Namun, hal ini juga dapat menyebabkan munculnya garis biru tersebut. Oleh karena itu, kita perlu menonaktifkan opsi Klik dan Ketik pada “Opsi Pilihan Edit”.

6. Menonaktifkan Opsi Penjaga

Sama seperti fitur Klik dan Ketik, opsi Penjaga pada Microsoft Word juga dapat menyebabkan munculnya garis biru tersebut. Untuk menonaktifkannya, kita perlu membuka “Opsi Penjaga” dan menghapus centang pada opsi “Pemisahan Kata Otomatis”.

7. Mengedit Opsi Olok-olok

Fitur Olok-olok pada Microsoft Word memungkinkan kita untuk mempercepat pengetikan dengan memilih kata yang muncul pada layar dan mengetikkannya. Namun, hal ini juga dapat menyebabkan munculnya garis biru tersebut. Untuk mengatasinya, kita bisa mengedit opsi Olok-olok pada menu “Opsi Pilihan Edit”.

8. Mengubah Opsi Tautan

Apabila garis biru tersebut muncul pada bagian tautan, maka kita perlu mengubah opsi Tautan pada Microsoft Word. Caranya adalah dengan membuka “Opsi Tautan” dan menghapus centang pada opsi “Munculkan Tautan dengan Warna dan Tanda Bawah”.

9. Menonaktifkan Fitur Otomatisasi Tabel

Fitur Otomatisasi Tabel pada Microsoft Word memungkinkan kita untuk membuat tabel secara otomatis. Namun, hal ini juga dapat menyebabkan munculnya garis biru tersebut. Oleh karena itu, kita perlu menonaktifkan fitur Otomatisasi Tabel dengan mengklik tombol “Otomatisasi Tabel” pada menu “Teks”.

10. Menonaktifkan Fitur Otomatisasi Angka

Selain fitur Otomatisasi Tabel, Microsoft Word juga memiliki fitur Otomatisasi Angka yang dapat membuat angka dan nomor secara otomatis. Namun, hal ini juga dapat menyebabkan munculnya garis biru tersebut. Oleh karena itu, kita perlu menonaktifkan fitur Otomatisasi Angka pada menu “Opsi Otomatisasi”.

11. Menonaktifkan Fitur SmartTag

Fitur SmartTag pada Microsoft Word memungkinkan kita untuk melihat definisi atau sinonim dari kata tertentu pada dokumen kita. Namun, hal ini juga dapat menyebabkan munculnya garis biru tersebut. Oleh karena itu, kita perlu menonaktifkan fitur SmartTag pada “Opsi Pendeteksian Institut Otomatis”.

12. Mengubah Opsi Baris Garis Bawah

Apabila garis biru tersebut muncul pada bagian teks yang didalamnya terdapat garis bawah, kita perlu mengubah opsi Baris Garis Bawah pada Microsoft Word. Caranya adalah dengan membuka “Opsi Pilihan Edit” dan menghapus centang pada opsi “Hentikan Penyelesaian Setelah Mengetik Garis Bawah”.

Penjelasan dan Tips Menghilangkan Garis Biru di Word

Sekarang Anda sudah mengetahui 12 langkah-langkah untuk menghilangkan garis biru di Microsoft Word. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini penjelasan dan tips tambahan untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Anda bisa mencoba menghapus semua konten dokumen dan mulai mengetik ulang dari awal. Hal ini karena garis biru tersebut biasanya muncul ketika kita menyalin dan mem-paste konten dari dokumen lain.

2. Pastikan bahwa Anda menggunakan versi software Microsoft Word terbaru. Versi lama cenderung memiliki lebih banyak masalah dan bug.

3. Periksa pula apakah ada update terbaru untuk Microsoft Word. Update biasanya memperbaiki masalah dan menjaga keamanan dokumen.

4. Terakhir, jangan lupa untuk selalu menyimpan dokumen Anda secara teratur agar tidak kehilangan pekerjaan yang telah dilakukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, garis biru di Microsoft Word dapat dihilangkan dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba!

Cara Hilangkan Garis Biru di Word: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Menghilangkan garis biru pada dokumen Word yang tidak diinginkan meningkatkan keindahan dan tampilan dokumen.

2. Dapat meningkatkan profesionalisme pada dokumen yang akan diterbitkan atau dipresentasikan.

3. Tidak memakan waktu lama untuk menghilangkan garis biru pada dokumen Word.

4. Memberikan kesempatan untuk memperbaiki ketidaksempurnaan pada dokumen yang akan dibagikan atau dicetak.

5. Mempermudah pembacaan dokumen pada perangkat dengan tampilan yang kecil atau buruk seperti ponsel atau printer tua.

6. Dapat menyempurnakan desain dokumen oleh pemilik usaha atau pegawai kantor.

7. Memberikan perasaan lebih profesional dan terorganisir pada dokumen yang diselesaikan.

8. Memberikan kepuasan tersendiri untuk pengguna yang sensitif terhadap garis biru pada dokumen.

9. Memperlihatkan keahlian dan keterampilan pada penggunaan software komputer yang canggih.

10. Menghemat waktu jika ingin mencetak dokumen pada printer laser atau inkjet dengan kualitas cetak yang tinggi.

Kekurangan

1. Seringkali dilupakan atau diabaikan oleh pengguna di antara banyak fitur Word lainnya.

2. Bisa menimbulkan kesalahan jika tidak dilakukan dengan benar atau memilih opsi yang salah.

3. Membutuhkan proses tambahan untuk menghilangkan garis biru tersebut jika dokumen Word telah terlanjur diubah ke format PDF atau format lainnya.

4. Fitur “hilangkan garis biru” tidak dapat menyelesaikan masalah jika garis adalah bagian dari gambar atau objek di dalam dokumen.

5. Menyebabkan ketidakcocokan format jika dokumen akan diedit dan dikembalikan pada pengguna lain yang terbiasa dengan referensi garis biru pada dokumen.

6. Tidak mampu mendeteksi kesalahan ejaan atau tata bahasa pada dokumen.

7. Memerlukan lebih banyak perhatian dan waktu jika dokumen yang sedang dikerjakan memiliki banyak garis biru pada setiap baris teksnya.

8. Peranannya kurang membantu jika dokumen yang sedang dikerjakan memiliki layout atau format yang rumit.

9. Memerlukan akses pada software Word yang telah terinstal pada perangkat sehingga tidak dapat dilakukan pada dokumen berformat lain atau dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki akses pada software tersebut.

10. Bisa menghilangkan referensi penting atau kesalahan pada dokumen jika garis biru tersebut berasal dari kata atau kalimat yang seharusnya diperbaiki atau dibaca ulang.

FAQ

1. Apa itu garis biru pada Word?

Garis biru pada Word merupakan tanda bahwa kata atau frasa tersebut dianggap sebagai kata atau frasa yang salah.

2. Mengapa garis biru muncul di Word?

Garis biru muncul di Word karena kata atau frasa tersebut dianggap salah atau tidak sesuai dengan pengejaan yang benar.

3. Bagaimana cara menghilangkan garis biru di Word?

Untuk menghilangkan garis biru di Word, cukup klik kanan pada kata atau frasa tersebut kemudian pilih “Koreksi Otomatis” dan pilih kata atau frasa yang sesuai untuk menggantikannya.

4. Apakah garis biru selalu menandakan kesalahan dalam pengejaan?

Tidak selalu. Garis biru bisa juga muncul jika Word tidak mengenal kata atau frasa tertentu, atau jika penggunaan kata atau frasa tersebut dianggap tidak sesuai dengan konteks tulisan.

5. Bagaimana cara menghilangkan garis biru pada nama orang atau tempat?

Jika garis biru tertera pada nama orang atau tempat yang benar, cukup klik kanan pada kata atau frasa tersebut kemudian pilih “Tambahkan ke Kamus”.

6. Bisakah garis biru di Word dihilangkan untuk seluruh dokumen?

Ya, dapat dilakukan dengan menekan “Ctrl+A” untuk memilih seluruh dokumen kemudian klik kanan pada salah satu kata atau frasa yang dianggap salah dan pilih “Koreksi Otomatis”.

7. Apa akibatnya jika garis biru diabaikan?

Jika garis biru diabaikan, kata atau frasa tersebut tetap muncul dengan garis biru dan akan terlihat seperti kesalahan dalam pengejaan atau tata bahasa.

8. Apakah garis biru sama dengan garis merah pada Word?

Tidak. Garis merah pada Word menandakan kata atau frasa yang dianggap salah dalam tata bahasa, sedangkan garis biru menandakan kesalahan dalam pengejaan.

9. Bagaimana cara menonaktifkan fitur garis biru pada Word?

Fitur garis biru pada Word tidak dapat dinonaktifkan. Namun, dapat diabaikan dengan mengabaikan garis biru atau dengan menambahkan kata atau frasa ke dalam kamus.

10. Apakah ada cara cepat untuk menghilangkan garis biru di seluruh dokumen Word?

Ya, tekan “Ctrl+A” untuk memilih seluruh dokumen kemudian klik kanan pada salah satu kata atau frasa yang dianggap salah dan pilih “Koreksi Otomatis”.

11. Bukankah membiarkan garis biru di Word lebih terlihat formal?

Tidak selalu. Garis biru yang banyak tetap terlihat seperti kesalahan pengejaan atau tata bahasa yang dapat mengurangi kesan profesional pada tulisan.

12. Bagaimana cara mengetahui arti dari kata atau frasa yang dianggap salah oleh Word?

Cukup klik kanan pada kata atau frasa tersebut kemudian pilih “Cari” atau “Cari (dalam Google)” untuk mencari artinya atau penggunaannya yang benar.

13. Apakah garis biru sama dengan garis hijau pada Word?

Tidak. Garis hijau pada Word menandakan kata atau frasa yang dianggap redundan atau berulang.

Kesimpulan

Garasan biru di word dapat sangat mengganggu ketika kita mencetak dokumen. Terlebih lagi ketika kita selesai mengedit dokumen dan tanpa disadari garis biru muncul di dalam dokumen kita. Namun, jangan khawatir terdapat beberapa cara mudah untuk menghapus garis biru tersebut.

Pertama, kamu bisa menggunakan keyboard untuk menghapus garis biru di word dengan menekan tombol Ctrl + Shift + 8. Kemudian, klik toolbar Home kemudian pilih Paragraph. Dan hilangkan tanda centang pada Show highlighter marks. Garis biru pun akan terhapus.

Kedua, kamu bisa menghapus garis biru di File > Options > Proofing > Settings > Track Changes. Kemudian, hilangkan tanda centang pada Track Formatting. Setelah itu klik OK dan garis biru akan terhapus.

Penutup

Menghapus garis biru di word sangatlah mudah. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Jangan khawatir jika kamu mengalami masalah seperti ini dan ikuti cara di atas. Ingatlah untuk selalu memperhatikan tampilan dokumenmu agar terlihat profesional dan tidak mengganggu. Sekian dulu dari kami, sampai jumpa di artikel berikutnya!