Cara Menghilangkan Notifikasi Chrome yang Mengganggu

Selamat datang kembali di website kami, yang kali ini akan membahas tentang cara menghilangkan notifikasi Chrome. Bagi mereka yang sering menggunakan Chrome sebagai browser internet, notifikasi sering kali muncul mengganggu aktivitas kita. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa cara menghilangkan notifikasi Chrome ini.

Langkah-Langkah

1. Mengubah Setting Chrome
Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan notifikasi Chrome adalah dengan mengubah setting di Chrome. Pertama, buka Chrome dan klik pada menu tiga titik di pojok kanan atas layar Chrome. Setelah itu, pilih “Settings” dan gulir ke bawah sampai menemukan “Advanced”. Klik “Content settings” dan pilih “Notifications”.

2. Blokir Notifikasi Chrome
Untuk menghilangkan notifikasi Chrome, langkah selanjutnya adalah dengan memblokir situs yang memberikan notifikasi. Caranya, temukan situs yang memberikan notifikasi di Chrome. Kemudian, klik pada menu tiga titik di pojok kanan atas layar Chrome dan pilih “Settings”. Gulir ke bawah sampai menemukan “Advanced”. Klik “Content settings” dan pilih “Notifications”. Setelah itu, klik “Add” dan berikan peringatan yang diperlukan.

3. Mematikan Notifikasi Situs
Langkah ketiga yang dapat dilakukan untuk menghilangkan notifikasi Chrome adalah dengan mematikan notifikasi dari situs web tersebut. Caranya, temukan situs web yang memberikan notifikasi di Chrome. Kemudian, klik pada menu tiga titik di pojok kanan atas layar Chrome dan pilih “Settings”. Pilih “Site settings” dan gulir ke bawah sampai menemukan “Notifications”. Kemudian, matikan notifikasi dari situs tersebut.

4. Menghapus Notifikasi
Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan notifikasi Chrome adalah dengan menghapus notifikasi. Caranya, klik pada menu tiga titik di pojok kanan atas layar Chrome dan pilih “Settings”. Setelah itu, pilih “Advanced” dan klik “Content settings”. Pilih “Notifications” dan gulir ke bawah sampai menemukan “Notification settings”. Kemudian, klik “Clear all” dan semua notifikasi yang pernah masuk akan dihapus.

5. Mematikan Notifikasi Chrome di Android
Bagi pengguna Android, cara untuk menghilangkan notifikasi Chrome adalah dengan mematikan notifikasi di setelan aplikasi Chrome. Caranya, buka aplikasi Chrome dan klik pada menu tiga titik di pojok kanan atas layar. Pilih “Settings” dan pilih “Site settings”. Kemudian, pilih “Notifications” dan matikan semua notifikasi.

6. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Jika tidak ingin repot-repot melakukan cara di atas, cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Disable HTML5 Autoplay” atau “Silent Site Sound Blocker”. Aplikasi ini dapat memblokir notifikasi dan suara autoplay yang seringkali muncul pada situs web.

7. Menghapus Aplikasi Pihak Ketiga
Jika Anda ingin menghapus notifikasi dari aplikasi pihak ketiga yang terinstal di Chrome, ikuti langkah berikut. Pertama, klik pada menu tiga titik di pojok kanan atas layar Chrome. Kemudian, pilih “Settings” dan klik pada “Extensions”. Temukan aplikasi yang ingin dihapus dan klik “Remove” pada aplikasi tersebut.

8. Mengubah Setelan Situs Web
Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, cara lainnya untuk menghilangkan notifikasi Chrome adalah dengan mengubah setelan pada situs web yang seringkali memberikan notifikasi. Caranya, buka situs web yang memberikan notifikasi dan cari ikon di address bar yang menunjukkan pesan notifikasi. Klik ikon tersebut dan pilih “Always block on this site” untuk mematikan notifikasi dari situs web tersebut.

9. Menghilangkan Notifikasi Pada Mac
Bagi pengguna Mac, cara untuk menghilangkan notifikasi Chrome adalah dengan mematikan notifikasi di setelan sistem. Caranya, buka “System Preferences” dan pilih “Notifications”. Temukan aplikasi Chrome dan matikan semua notifikasi dari aplikasi tersebut.

10. Menghapus History Notifikasi
Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan notifikasi Chrome adalah dengan menghapus history notifikasi. Caranya, klik pada menu tiga titik di pojok kanan atas layar Chrome. Kemudian, pilih “Settings” dan klik “Advanced”. Pilih “Privacy and security” dan klik “Clear browsing data”. Pilih “Time range” dan pilih “All time”.
Setelah itu, centang “Cookies and other site data” dan “Cached images and files”. Klik “Clear data” untuk menghapus history notifikasi.

11. Mematikan Notifikasi Pop-Up
Langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk menghilangkan notifikasi Chrome adalah dengan mematikan notifikasi pop-up. Caranya, klik pada menu tiga titik di pojok kanan atas layar Chrome. Kemudian, pilih “Settings” dan klik “Advanced”. Pilih “Privacy and security” dan klik “Site settings”. Kemudian, pilih “Pop-ups and redirects” dan matikan notifikasi pop-up.

Penjelasan dan Tips

Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika menghilangkan notifikasi di Chrome. Pertama, pastikan untuk tidak menghapus notifikasi yang penting seperti notifikasi bank atau notifikasi dari akun social media. Kedua, pastikan untuk tidak mematikan notifikasi dari situs web yang terpercaya atau penting. Ketiga, hindari menginstal aplikasi pihak ketiga yang tidak jelas asal usulnya dan hanya mengandalkan aplikasi bawaan Chrome.

Ada beberapa tips dan trik yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan pengalaman browsing Chrome. Pertama, pastikan untuk mengupdate Chrome secara berkala untuk menghindari kerentanan keamanan yang dapat memungkinkan terjadinya serangan malware atau spyware. Kedua, hindari mengunjungi situs web yang tidak dikenal atau mencurigakan. Ketiga, pastikan untuk mengaktifkan fitur pengamanan seperti “Safe Browsing” dan “NoScript” untuk melindungi privasi Anda saat melakukan browsing di Chrome.

Keempat, jangan menginstal terlalu banyak aplikasi pihak ketiga karena dapat menguras kapasitas memori dan memperlambat kinerja Chrome. Kelima, gunakan fitur “Sync” untuk menyimpan sesi browsing di berbagai perangkat yang digunakan, sehingga dapat melanjutkan aktivitas sesuai keinginan saat beralih perangkat. Terakhir, hindari melakukan download dari situs web yang tidak dikenal karena dapat berpotensi mengunduh virus atau malware.

Sekian pembahasan kami mengenai cara menghilangkan notifikasi Chrome. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca dan membantu mengoptimalkan pengalaman browsing di Chrome. Terima kasih telah membaca artikel kami.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Menghilangkan Notifikasi pada Google Chrome

Kelebihan

1. Dapat meningkatkan produktivitas pengguna karena tidak terganggu oleh notifikasi yang tidak penting saat sedang melakukan aktivitas penting di jaringan.

2. Pengguna bisa menghemat waktu dengan mengikuti cara menghilangkan Notifikasi Chrome yang sudah disediakan pada internet.

3. Menghindari rasa kesal dan tidak nyaman dari notifikasi yang muncul secara tiba-tiba di layar pengguna.

4. Dapat memperpanjang masa hidup baterai perangkat karena tidak mengkonsumsi daya yang banyak pada saat notifikasi muncul.

5. Bisa menambah kenyamanan pengguna saat browsing di internet karena bukan hanya notifikasi yang mengganggu, namun juga informasi di layar yang bersifat spam.

6. Dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi pengguna saat sedang melakukan tugas yang memerlukan perhatian penuh.

7. Meminimalkan resiko penggunaan multitasking yang tidak produktif, sehingga pengguna bisa lebih efektif dalam bekerja.

8. Sangat mudah dilakukan bahkan untuk pemula yang baru menggunakan browser chrome.

9. Dapat mempercepat kecepatan loading halaman web.

10. Meminimalisir risiko adware dan malware yang tersamarkan dalam notifikasi pop-up yang sering muncul secara tidak terduga.

Kekurangan

1. Terdapat kemungkinan pengguna melewatkan notifikasi penting.

2. Sulit memahami prosedur penghapusan notifikasi pada Google Chrome untuk beberapa pengguna.

3. Meskipun bisa menambah kenyamanan pengguna saat browsing, tindakan menghilangkan notifikasi juga dapat membuat pengguna kurang mengikuti perkembangan pada situs yang diakses.

4. Mempengaruhi pengguna dalam hal privasi karena fungsi notifikasi juga berfungsi menerima informasi terkait aplikasi dan layanan yang digunakan.

5. Memperburuk penggunaan multitasking ketika penggunanya terlalu sering mematikan notifikasi penting dengan mengikuti langkah-langkah menghilangkan notifikasi.

6. Terdapat beberapa situs web yang memerlukan pengguna untuk membuka notifikasi agar dapat lebih mudah browsing.

7. Memerlukan penggantian teknik tertentu untuk mengatur notifikasi secara lebih efektif tanpa mengganggu saat bekerja di depan komputer.

8. Menghilangkan notifikasi terkadang akan membuat pengguna takut untuk melewatkan notifikasi pada waktu yang tepat.

9. Karena notifikasi memungkinkan kita untuk sinyal masuk, maka menghilangkan notifikasi sama dengan melakukan pembatasan yang dapat memengaruhi fungsi dari aplikasi tersebut.

10. Terdapat kemungkinan penggunaan situs web kurang maksimal karena tindakan menghilangkan notifikasi berdampak pada cara kerja beberapa aplikasi situs web.

FAQ

1. Kenapa saya sering mendapatkan notifikasi dari Chrome?

Chrome bisa memberi notifikasi jika Anda membiarkan izin notifikasi ketika mengunjungi suatu situs. Selain itu, aplikasi yang terpasang di Chrome juga bisa memberikan notifikasi.

2. Apakah notifikasi Chrome itu membahayakan?

Tidak. Notifikasi Chrome tidak membahayakan. Namun, terkadang notifikasi yang sering muncul bisa mengganggu dan memakan memori.

3. Bagaimana cara untuk menonaktifkan notifikasi Chrome?

Buka Chrome, klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas lalu pilih “Settings”. Kemudian, klik “Privacy and security” dan pilih “Site settings”. Cari bagian “Notifications” dan klik untuk menonaktifkan atau mengatur notifikasi yang diizinkan.

4. Apakah saya bisa menonaktifkan notifikasi hanya untuk satu situs tertentu?

Ya. Setelah memilih “Notifications” di bagian “Site settings”, cari nama situs yang ingin Anda nonaktifkan notifikasinya. Kemudian, klik tanda “Block” di samping nama situs tersebut.

5. Bagaimana jika saya ingin menerima notifikasi dari beberapa situs saja?

Sama seperti jawaban nomor 4, setelah memilih “Notifications” di bagian “Site settings”, cari nama situs yang ingin Anda izinkan notifikasinya. Kemudian, klik tanda “Ask” di samping nama situs tersebut.

6. Apakah saya perlu menonaktifkan notifikasi pada setiap perangkat saya yang menggunakannya?

Ya. Karena pengaturan notifikasi disimpan pada setiap perangkat yang digunakan untuk mengakses Chrome.

7. Bagaimana caranya menonaktifkan notifikasi di Chrome di smartphone atau tablet?

Buka Chrome, klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas lalu pilih “Settings”. Kemudian, pilih “Site settings” dan klik “Notifications”. Anda bisa menonaktifkan notifikasi untuk browser atau situs tertentu.

8. Apa itu Quiet Notification?

Quiet Notification adalah opsi untuk menampilkan notifikasi secara diam-diam, tanpa suara atau getaran yang mengganggu.

9. Bagaimana cara menggunakan Quiet Notification di Chrome?

Setelah menerima notifikasi pada desktop, klik kanan pada notifikasi tersebut lalu pilih “Turn on quiet notifications” atau “Turn off notifications” jika Anda tidak ingin mendapatkannya di masa depan.

10. Apakah notifikasi di Chrome bisa dimatikan selamanya?

Ya. Anda bisa menonaktifkannya sama sekali atau mengatur notifikasi situs tertentu. Namun, beberapa situs membutuhkan notifikasi untuk berfungsi dengan baik, jadi pastikan memahami efek dari menonaktifkan notifikasi.

11. Apakah cara untuk menonaktifkan notifikasi hanya untuk sementara waktu?

Ya. Setelah menerima notifikasi dari situs tertentu, klik “Snooze” atau “mute” untuk menonaktifkan notifikasi selama beberapa waktu atau hingga situs yang sama memberi notifikasi baru.

12. Bagaimana cara menonaktifkan notifikasi dari aplikasi yang terpasang di Chrome?

Buka Chrome, klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas lalu pilih “More tools” dan kemudian “Extensions”. Pilih aplikasi yang ingin diubah pengaturannya dan cari bagian “Allow on this site”. Setelah itu, klik untuk menonaktifkan notifikasi.

13. Apa yang harus dilakukan jika notifikasi yang diizinkan tetap mengganggu?

Anda bisa memilih “Block” pada halaman pengaturan notifikasi situs tertentu, atau Anda bisa mengunjungi situs itu dan mencari pengaturan notifikasi di situs tersebut untuk mengubah pengaturannya atau menonaktifkannya.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda seharusnya bisa menghilangkan notifikasi dari Google Chrome dengan mudah. Langkah-langkah yang dibahas di atas cukup mudah dan sederhana, bahkan bagi pemula sekalipun. Hal ini akan membuat Anda lebih fokus saat mengakses website dengan Google Chrome tanpa ada gangguan dari notifikasi yang muncul.

Penutup

Sekarang, Anda sudah tahu caranya menghilangkan notifikasi pada Google Chrome. Dengan menghilangkan notifikasi yang tidak berguna, Anda bisa mendapatkan pengalaman browsing yang lebih fokus dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menghemat waktu karena tidak terganggu dengan notifikasi yang tidak penting.

Terakhir, semoga artikel ini bisa membantu kalian yang sedang mencari cara untuk menghilangkan notifikasi pada Google Chrome. Selamat mencoba! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!