Cara Membuat BPJS Yang Hilang

.

Sambutan untuk Pembaca

Apakah Anda sedang kesulitan mencari cara membuat BPJS yang hilang? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan layanan publik yang sangat penting bagi warga negara Indonesia. BPJS menyediakan jaminan kesehatan dan kecelakaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun, terkadang kartu BPJS hilang atau rusak dan menjadi kendala dalam mengakses layanan kesehatan. Oleh karena itu, kami telah merangkum 12 langkah praktis untuk melakukan pembuatan kartu BPJS yang hilang. Simak langkah-langkah ini untuk mengatasi masalah Anda.

Langkah-Langkah Cara Membuat BPJS yang Hilang

1. Melapor ke Kantor BPJS

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melapor ke kantor BPJS terdekat. Berikan informasi mengenai kehilangan atau kerusakan kartu BPJS Anda kepada petugas BPJS. Petugas akan meminta bukti identitas diri yang asli seperti KTP dan mengisi formulir pendaftaran ulang.

2. Membuat Surat Keterangan Kehilangan atau Kerusakan

Setelah melapor ke kantor BPJS, Anda akan diminta membuat surat keterangan kehilangan atau kerusakan kartu BPJS. Surat keterangan ini dibuat agar BPJS dapat mencatat dan menindaklanjuti keluhan Anda dengan baik. Pastikan untuk membawa fotokopi KTP saat membuat surat keterangan.

3. Daftar Ulang sebagai Peserta BPU

Setelah melapor dan membuat surat keterangan kehilangan atau kerusakan kartu BPJS, petugas BPJS akan meminta Anda mendaftar ulang sebagai peserta BPJS. Pastikan untuk membawa KTP dan surat keterangan kehilangan atau kerusakan saat mendaftar ulang.

4. Verifikasi Data Peserta

Petugas BPJS akan memverifikasi data peserta Anda seperti nama, alamat, dan nomor KTP. Pastikan untuk memberikan informasi yang benar dan akurat.

5. Mencetak Kartu BPJS

Setelah semua data terverifikasi, petugas BPJS akan mencetak kartu BPJS baru untuk Anda. Pastikan untuk mengecek data yang tertera pada kartu, apakah sudah sesuai dengan data asli Anda.

6. Mengaktifkan Kembali Kartu BPJS

Setelah mendapatkan kartu BPJS baru, lakukan aktivasi dengan menghubungi call center BPJS. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengaktifkan kembali kartu BPJS Anda.

7. Mengganti Nomor Virtual Account

Jika Anda memiliki nomor virtual account untuk membayar iuran BPJS, maka Anda harus mengganti nomor tersebut dengan nomor yang baru. Pastikan untuk menghubungi bank penerbit atau BPJS untuk mengganti nomor virtual account.

8. Mencetak Bukti Iuran BPJS Baru

Setelah mengganti nomor virtual account, pastikan untuk mencetak bukti pendaftaran iuran BPJS yang baru. Buat salinan dan simpan dengan baik, karena bukti ini dibutuhkan saat mengakses layanan kesehatan.

9. Memberitahu Keluarga dan Dokter

Setelah mendapatkan kartu BPJS yang baru, beritahu keluarga dan dokter Anda bahwa kartu BPJS yang lama sudah tidak berlaku lagi. Pastikan untuk memberikan kartu BPJS yang baru saat mengakses layanan kesehatan.

10. Menghubungi BPJS jika terdapat Kesalahan Data

Jika setelah mencetak kartu BPJS baru ada kesalahan data pada nama atau nomor KTP, segera hubungi BPJS untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Jangan menunggu hingga terjadi masalah nantinya.

11. Membuat Cadangan Kartu BPJS

Hal yang tidak bisa diprediksi bisa saja terjadi, seperti kehilangan kartu BPJS atau kerusakan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membuat cadangan kartu BPJS dan menyimpannya di tempat yang aman.

12. Jangan Abaikan Pembayaran Iuran BPJS

Terakhir, pastikan untuk selalu membayar iuran BPJS dengan tepat waktu agar tidak terjadi kendala saat mengakses layanan kesehatan. Jangan lupa untuk memperbarui nomor virtual account setiap kali iuran BPJS berubah.

Tips dan Trik Membuat BPJS yang Hilang

1. Selalu simpan kartu BPJS di tempat yang aman.
2. Pastikan untuk membayar iuran BPJS tepat waktu.
3. Lakukan aktivasi kartu BPJS dengan segera.
4. Buat cadangan kartu BPJS untuk menghindari kehilangan atau kerusakan.
5. Tanyakan nomor virtual account BPJS Anda jika lupa.
6. Cek data yang tertera pada kartu BPJS baru dengan teliti.
7. Jangan ragu untuk meminta bantuan petugas BPJS jika masih bingung.
8. Buatlah salinan bukti iuran BPJS dan simpan dengan baik.
9. Jangan lupa untuk memberitahu keluarga dan dokter mengenai kartu BPJS yang baru.
10. Pastikan untuk selalu mengganti nomor virtual account jika terjadi perubahan.

***

Demikianlah 12 langkah praktis cara membuat BPJS yang hilang beserta tips dan trik dari kami. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan kartu BPJS yang hilang atau rusak. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan dan membayar iuran BPJS dengan tepat waktu. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat BPJS yang Hilang

Kelebihan

1. Memudahkan penggantian kartu BPJS

Dengan cara membuat BPJS yang hilang, nasabah dapat dengan mudah menggantikan kartu BPJS yang hilang atau rusak tanpa perlu mengurus surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

2. Proses cepat dan mudah

Proses pembuatan BPJS yang hilang sangat mudah dan cepat dilakukan. Nasabah hanya perlu mengikuti beberapa tahapan dan mengisi beberapa formulir untuk mendapatkan kartu BPJS baru.

3. Tidak banyak persyaratan

Dalam memproses membuat BPJS yang hilang, nasabah tidak perlu memenuhi persyaratan yang rumit dan sulit. Syarat-syarat yang dibutuhkan tergolong mudah dipenuhi.

4. Tidak ada biaya pengurusan

Nasabah tidak perlu membayar biaya pengurusan dalam proses pembuatan BPJS yang hilang. Proses pembuatan kartu BPJS baru dapat dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

5. Memberikan rasa aman

Memiliki kartu BPJS yang hilang dapat membuat seseorang tidak tenang. Dengan membuat BPJS yang hilang, nasabah akan merasa lebih aman karena memiliki kartu BPJS baru.

Kekurangan

1. Resiko penyalahgunaan

Ketika kartu BPJS hilang, ada resiko penyalahgunaan atas identitas dan nomor BPJS kita. Penggantian kartu BPJS yang baru bisa juga digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Memakan waktu untuk mengurus

Meskipun proses pembuatan kartu BPJS baru tidak banyak persyaratan dan tidak perlu biaya apapun, tetapi waktu yang diperlukan untuk mengurus pengganti BPJS yang hilang memakan waktu yang tidak sedikit.

3. Kemungkinan kartu BPJS yang dicetak berbeda

Pada umumnya, ketika membuat kartu BPJS baru, data yang tertera di kartu tidak sama persis seperti kartu yang hilang. Jadi bisanya beberapa data diperbaharui seperti; alamat, nomor kontak, ataupun status keanggotaan.

4. Kartu BPJS yang hilang sulit untuk ditemukan

Sulit untuk menemukan kartu BPJS yang hilang pada koridor BPJS, sehingga butuh waktu mencari kartu tersebut.

5. Menunjukkan tidak cermat menjaga kartu BPJS

Menunjukkan tidak cermat dalam menjaga kartu BPJS yang hilang menyebabkan pemberi fasilitas BPJS menaruh kecurigaan pada pemilik yang membuat kartu tersebut.

FAQ

1. Apa yang harus saya lakukan jika kartu BPJS hilang?

Jika kartu BPJS hilang, sebaiknya segera melapor ke kantor BPJS terdekat untuk meminta penggantian kartu BPJS baru. Biasanya diperlukan surat keterangan kehilangan yang dikeluarkan oleh kepolisian dan membawa fotokopi KTP/KK.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kartu BPJS yang hilang?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kartu BPJS yang hilang juga tergantung pada kebijakan masing-masing kantor BPJS. Namun, umumnya kartu BPJS dapat selesai dalam waktu 7-10 hari kerja.

3. Apakah ada biaya yang harus dibayar untuk membuat kartu BPJS yang hilang?

Biaya penggantian kartu BPJS yang hilang biasanya sudah termasuk dalam iuran bulanan BPJS. Namun, jika kartu BPJS hilang karena kelalaian pemiliknya, maka kemungkinan harus membayar biaya administrasi untuk penggantian kartu baru.

4. Bagaimana jika kartu BPJS hilang saat sedang dirawat di rumah sakit?

Segera kasih tahu pihak rumah sakit jika kartu BPJS hilang. Mereka akan membuat surat pernyataan penggantian biaya rawat bekas kehilangan kartu dengan informasi pasien dan keluarga pasien, nomor rekening BPJS, dan faksi pembayaran. Hanya terjadi sekali setahun.

5. Apakah saya masih dapat mengakses layanan BPJS setelah kartu hilang?

Selama proses penggantian, Anda masih dapat mengakses layanan BPJS dengan menunjukkan KTP atau KK sebagai identitas tersebut saat berkunjung ke fasilitas kesehatan.

6. Apakah penggantian kartu BPJS dilakukan di kantor pusat BPJS saja?

Tidak. Penggantian kartu BPJS dapat dilakukan di kantor pusat maupun di cabang BPJS terdekat yang Anda daftarkan sebagai tempat pelayanan kesehatan.

7. Apa yang harus saya lakukan jika kartu BPJS hilang saat sedang berada di luar daerah?

Cari kantor BPJS terdekat di daerah Anda berada dan laporkan kehilangan kartu. Setelah itu, penggantian kartu BPJS dapat dilakukan di kantor pusat atau cabang BPJS yang Anda daftarkan untuk mendapatkan layanan kesehatan.

8. Apakah saya harus mengganti nomor rekening BPJS setelah membuat kartu BPJS baru?

Tidak. Nomor rekening BPJS tetap sama dan kartu BPJS yang baru akan terkait dengan nomor rekening BPJS yang sama seperti yang sebelumnya.

9. Apakah saya harus membawa pas foto saat melakukan penggantian kartu BPJS yang hilang?

Tidak. Pas foto tidak diperlukan karena data pasien akan diperiksa berdasarkan nomor KTP atau KK yang terdaftar di BPJS.

10. Bagaimana jika saya lupa nomor BPJS setelah kartu hilang?

Segera hubungi call center BPJS di nomor 1500400 untuk meminta bantuan mencari nomor BPJS Anda.

11. Apakah saya perlu membawa surat keterangan kehilangan saat melakukan penggantian kartu BPJS hilang?

Ya. Surat keterangan kehilangan yang dikeluarkan oleh kepolisian diperlukan sebagai prosedur penggantian kartu BPJS yang hilang.

12. Apakah saya bisa mengajukan penggantian kartu BPJS melalui surat?

Tidak. Penggantian kartu BPJS harus dilakukan secara langsung di kantor BPJS atau cabang BPJS terdekat yang Anda daftarkan.

13. Berapa lama masa berlaku kartu BPJS yang baru?

Masa berlaku kartu BPJS yang baru sama dengan masa berlaku kartu BPJS sebelumnya, yaitu 2 tahun setelah terbit.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kamu sekarang sudah tahu cara membuat BPJS yang hilang dengan mudah. Selalu pastikan untuk menyimpan BPJS dengan baik dan menghindari kehilangan kartu tersebut. Jika kartu BPJS hilang atau rusak, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini untuk membuat kartu baru. Besar biaya yang harus dikeluarkan pun cukup terjangkau, sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Ingatlah bahwa memperoleh layanan kesehatan yang baik dan terjangkau sangatlah penting untuk kesejahteraan kamu dan keluarga. Segera urus kartu BPJS baru jika kamu kehilangan atau kartu lama sudah rusak. Jangan sampai kehilangan kartu BPJS menghambat akses kamu dari layanan kesehatan yang dibutuhkan.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai cara membuat BPJS yang hilang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkan informasi dan langkah-langkah untuk membuat kartu BPJS yang baru. Dengan mengikuti panduan yang telah disajikan di atas, kamu bisa membuat kartu BPJS baru dengan mudah dan aman.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan jiwa dengan pola hidup sehat. Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!