Cara Menghilangkan Garis di Excel

Selamat datang para pembaca setia. Kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat garis di Excel hilang. Bagi kalian yang sudah berpengalaman menggunakan Microsoft Excel, tentunya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan garis di Excel. Garis sering digunakan untuk membedakan antara kolom dan baris, serta bisa digunakan untuk memberikan pemisahan data yang lebih jelas. Namun, terkadang kita ingin menghasilkan laporan Excel yang bersih, dengan garis yang tidak terlihat. Nah, pada artikel ini, saya akan membahas cara-cara yang bisa kalian gunakan untuk membuat garis di Excel hilang. Mari kita simak bersama.

Langkah-langkah untuk Membuat Garis di Excel Hilang

Step 1: Pilih Tab View

Pertama, untuk membuat garis hilang, kalian harus masuk ke dalam tab View. Tab ini akan memungkinkan kalian untuk menghilangkan garis pembantu pada lembar kerja kalian. Kalian bisa menemukan tab ini di bagian atas layar.

Step 2: Pilih Gridlines

Setelah masuk ke dalam tab View, pilih opsi Gridlines di bagian menu. Gridlines berperan sebagai garis pembantu kolom dan baris di dalam lembar kerja. Setelah memilih opsi ini, garis pembantu akan secara otomatis akan hilang dari layar kalian.

Step 3: Pilih File Tab

Selanjutnya, pilih opsi File Tab pada Excel. Terletak di pojok kiri atas lembar kerja. Setelah itu, kalian akan melihat opsi lainnya. Pilih opsi Options dan pindah ke menu Advanced.

Step 4: Pilih Display Option

Pada menu Advanced, pilih Display Option. Pada bagian ini, kalian akan melihat beberapa pilihan yang berkaitan dengan tampilan lembar kerja. Kalian bisa mengontrol tampilan garis pada lembar kerja dengan memilih opsi Display options for this worksheet di bagian kanan bawah.

Step 5: Hapus kotak check pada Show Gridlines

Setelah memilih opsi Display options for this worksheet, kalian akan menemukan Show Gridlines pada menu ini. Lalu hapus kotak centang dengan meng-klik pada menu tersebut. Setelah itu, klik OK untuk keluar dari menu.

Step 6: Pilih lembar kerja yang diinginkan

Setelah keluar, kembalilah ke lembar kerja Excel. Kalian perlu memilih lembar kerja yang ingin dihilangkan garis-garisnya.

Step 7: Pilih Tab Page Layout

Kemudian, pilih tab Page Layout yang terletak di sebelah Tab View. Tab ini memungkinkan kalian mengatur tampilan laporan dan margin dalam Excel.

Step 8: Pilih Print Gridlines

Setelah memilih tab Page Layout, pilih opsi Print Gridlines di bagian Gridlines. Opsi ini sebenarnya berfungsi untuk memberikan garis ketika kalian mencetak lembar kerja Excel. Namun, untuk menghapus garis dari tampilan lembar kerja, kalian perlu menghapus centang pada menu tersebut.

Step 9: Gunakan Shortcut Keyboard

Selain menggunakan menu, kalian juga bisa menggunakan shortcut pada keyboard untuk menghapus garis pembantu pada lembar kerja Excel, yaitu dengan menekan tombol Ctrl + Shift + _ (garis bawah). Tombol ini akan menghapus garis pada kolom atau baris yang kalian pilih.

Step 10: Gunakan Klik Kanan Pada Kolom atau Baris

Kalian juga bisa menghapus garis pembantu pada Excel dengan menggunakan klik kanan pada kolom atau baris yang kalian pilih. Kemudian, pilih opsi Format Cells. Pada bagian Alignment, hilangkan kotak centang pada opsi Gridlines.

Step 11: Buka Tampilan Worksheet Baru

Jika kalian ingin membuat lembar kerja baru tanpa garis pembantu, kalian bisa membuka tampilan lembar kerja baru dengan cara klik pada File Tab, kemudian pilih opsi New dan pilih Blank Workbook. Pada lembar kerja baru yang muncul, garis pembantu sudah dihilangkan secara otomatis.

Step 12: Gunakan Tab Format

Terakhir, kalian juga bisa menggunakan Tab Format untuk menghilangkan garis pada lembar kerja. Pilih Tab Format, kemudian pilih opsi Border. Pada kotak Color, pilih opsi No Color untuk menghilangkan warna garis pada lembar kerja.

Tips dan Trik

1. Menyimpan dokumen dengan nama baru

Sebelum menghapus semua garis pada dokumen Excel kalian, pastikan untuk menyimpan dokumen dengan nama baru terlebih dahulu. Ini akan memastikan bahwa kalian memiliki backup dokumen yang sebelumnya sebelum melakukan penghapusan.

2. Menggunakan garis untuk memudahkan pembacaan data

Meskipun pada artikel ini kita membahas cara menghilangkan garis pada Excel, jangan lupa bahwa garis juga memiliki peran yang penting dalam memudahkan pembacaan data di lembar kerja. Jadi gunakan garis hanya pada kolom atau baris yang benar-benar dibutuhkan.

3. Menggunakan shortcut keyboard untuk menghemat waktu

Cobalah untuk menggunakan shortcut keyboard pada setiap langkah yang dijelaskan di atas. Hal ini akan menghemat waktu dan mempercepat proses penghapusan garis pada lembar kerja Excel kalian.

4. Menggunakan Fitur Format Painter

Jika kalian ingin menghapus garis pada banyak kolom atau baris sekaligus, coba gunakan Format Painter. Cukup pilih kolom atau baris yang tidak memerlukan garis, lalu gunakan Format Painter untuk menyalin format tersebut ke seluruh kolom atau baris yang kalian pilih.

5. Menggunakan Tampilan Full Screen

Kalian bisa menggunakan tampilan full-screen pada Excel untuk membantu melihat dan menghapus garis pada lembar kerja. Pilih View Tab, kemudian pilih Full Screen.

6. Menggunakan Template Excel

Jika kalian ingin membuat lembar kerja Excel yang bersih dan rapi tanpa garis, cobalah menggunakan template Excel yang telah tersedia. Excel memiliki banyak template yang bisa kalian gunakan, sehingga membantu kalian membuat laporan yang lebih efisien dan rapi.

7. Membuat Format Laporan yang Bersih dan Rapi

Saat membuat laporan di Excel, pastikan untuk membuat format laporan yang bersih dan rapi. Kalian bisa menggunakan tabel atau grafik untuk memvisualisasikan data dalam laporan kalian, dan pastikan untuk menggunakan format font dan warna yang konsisten.

8. Menggunakan Fitur Go To pada Excel

Jika kalian ingin menghilangkan garis pada kolom atau baris tertentu, gunakanlah fitur Go To pada Excel. Gunakan shortcut keyboard Ctrl + G, dan ketikkan nomor kolom atau baris yang kalian inginkan.

9. Menggunakan Garis Tebal atau Garis Tepi

Kalian juga bisa menggunakan garis tebal atau garis tepi pada lembar kerja Excel untuk memisahkan kolom atau baris sesuai dengan kebutuhan kalian. Ini lebih fleksibel daripada menghapus semua garis pada lembar kerja.

10. Berkolaborasi dengan Pengguna Lain

Jika kalian bekerja di dalam tim dan ingin menghapus garis pada lembar kerja Excel, pastikan untuk berkolaborasi dengan pengguna lain pada tim. Dengan melibatkan pengguna lain saat menghapus garis, kalian bisa memastikan bahwa garis yang dihapus tidak mengganggu tampilan lembar kerja secara keseluruhan.

Sekian pembahasan kita tentang cara membuat garis di Excel hilang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang bekerja dengan Microsoft Excel. Jangan lupa untuk tetap menyesuaikan tampilan lembar kerja dengan kebutuhan kalian, dan menggunakan garis hanya pada kolom atau baris yang benar-benar dibutuhkan. Terima kasih telah membaca dan tetap produktif!

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Garis di Excel Hilang

Kelebihan

1. Memperindah tampilan lembar kerja.

2. Meningkatkan kejelasan dan kebersihan data.

3. Bisa menghilangkan garis secara terpisah, baik horizontal maupun vertikal.

4. Dapat menampilkan warna atau gambar sebagai pengganti garis.

5. Memudahkan dalam membuat grafik atau diagram dengan lebih rapi.

6. Mempertajam nilai estetika dan profesionalitas laporan.

7. Menghindari kesalahan pemilihan cell akibat garis yang tak terlihat.

8. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

9. Mereduksi kebingungan dalam memproses data kerja.

10. Dapat menghemat waktu dan tenaga karena tak perlu menghapus garis secara manual pada setiap cell.

Kekurangan

1. Cara membuat garis di excel hilang dapat membingungkan bagi pemula.

2. Bisa menyebabkan cell terlihat cemas atau ramai jika tak digunakan dengan tepat.

3. Kekurangan kontras garis dapat sulit dipahami oleh pengguna dengan masalah penglihatan.

4. Menghapus garis bisa membuat perbedaan pada tampilan yang sebelumnya sudah akrab dikenal.

5. Penghilangan garis biasanya memerlukan lebih banyak klik mouse, karena Excel tidak menawarkan kemudahan shortcut keyboard.

6. Penghilangan garis dapat membuat pengguna kesulitan dalam menghitung wilayah sel.

7. Warna atau gambar sebagai pengganti garis bisa memperlambat proses kinerja Excel.

8. Penghilangan garis pada spreadsheet yang sangat besar bisa menghambat kinerja komputer.

9. Tampilan yang terlalu rumit bisa membuat susah membedakan presentasi data yang berbeda.

10. Kemungkinan besar ada garis yang tak sengaja dihilangkan, merusak akurasi data dan hasil perhitungan.

FAQ

1. Apa itu garis di Excel?

Garis pada Excel adalah fitur yang digunakan untuk menyoroti atau memisahkan sel atau rangkaian sel dalam lembar kerja. Garis dapat digunakan untuk memberikan detail visual yang jelas dan mudah dipahami.

2. Mengapa saya perlu menghilangkan garis di Excel?

Kadang-kadang garis pada Excel dapat mengganggu tampilan yang bersih dan rapi. Jika garis tidak diperlukan, dapat mempersempit ruang kerja dan membingungkan pengguna Excel.

3. Bagaimana cara menghilangkan garis di Excel secara manual?

Untuk menghilangkan garis secara manual pada Excel, klik pada garis yang ingin dihapus, lalu pilih “No Border” pada opsi garis.

4. Bagaimana cara menghilangkan garis untuk seluruh lembar kerja Excel?

Untuk menghilangkan garis untuk seluruh lembar kerja Excel, pilih “Select All” pada kolom di sebelah kiri di atas lembar kerja, lalu pilih “No Border” pada opsi garis di menu lembar kerja.

5. Bagaimana cara menghilangkan garis pada seluruh kolom atau baris di Excel?

Untuk menghilangkan garis pada seluruh kolom atau baris di Excel, Klik pada nomor kolom atau huruf baris, klik kanan, pilih “No Border” pada opsi garis.

6. Bagaimana cara menghilangkan garis putus-putus di Excel?

Untuk menghilangkan garis putus-putus di Excel, klik pada garis, lalu pilih garis dengan tampilan penuh pada opsi garis.

7. Apakah saya dapat menghapus beberapa garis sekaligus di Excel?

Ya, bisa. Tahan tombol “Ctrl” sambil klik pada garis yang ingin dihapus. Setelah semua garis yang tidak diperlukan dipilih, pilih “No Border” pada opsi garis.

8. Apakah saya dapat membuat garis putus-putus di Excel?

Ya, dapat. Klik pada garis, pilih jenis garis pada opsi garis. Pilih garis putus-putus atau garis lainnya.

9. Bagaimana mengatur lebar garis di Excel?

Untuk mengatur lebar garis di Excel, pilih garis, klik kanan, pilih “Format Data Series”, pilih “Outline”, lalu atur lebarnya.

10. Apakah saya dapat menghapus saja garis horizontal saja atau vertikal saja di Excel?

Ya, bisa. Klik pada seluruh garis, pilih “No Border”, lalu scroll ke bawah, lalu pilih garis horizontal atau vertikal saja. Pilih “No Border” pada opsi garis untuk menghapus garis tersebut.

11. Apakah saya dapat mengatur warna garis di Excel?

Ya, bisa. Klik pada garis, klik kanan, pilih “Format Data Series”, pilih “Outline”, lalu pilih warna yang diinginkan.

12. Bagaimana cara membuat garis secara otomatis di Excel?

Untuk membuat garis secara otomatis di Excel, Klik pada sel, pilih “All Borders” pada opsi garis.

13. Apakah saya dapat mengatur garis hanya pada sel tertentu di Excel?

Ya, bisa. Klik pada sel, pilih “Border”, lalu atur jenis, lebar, dan warna garis yang diinginkan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kita bisa melihat bahwa cara membuat garis di excel hilang cukup mudah dilakukan. Dalam beberapa kasus, garis di Excel memang bisa mengganggu atau tidak diperlukan, terutama jika kita ingin menyajikan data secara bersih dan mudah dipahami. Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa metode yang bisa digunakan untuk menghilangkan garis di Excel.

Pertama, kita bisa menggunakan fitur “Format Cells” dan memilih opsi “No Border”. Selain itu, kita juga bisa menggunakan fitur “Borders” dan memilih opsi “No Border” untuk menghapus garis pada sel tertentu. Terakhir, kita juga bisa menggunakan pintasan keyboard “Ctrl + Shift + _” untuk menghapus garis di Excel. Semua metode tersebut mudah dilakukan dan bisa dilakukan oleh pengguna Excel dengan tingkat pengalaman apapun.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah mengetahui cara membuat garis di excel hilang dengan mudah. Setiap metode yang kita bahas memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, namun tetap efektif untuk menghapus garis yang tidak diperlukan di Excel. Jangan ragu untuk mencoba metode yang berbeda, dan temukan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Terakhir, saya mengucapkan sampai jumpa dan semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.