Cara Mudah Menghilangkan Angka di Excel

Selamat datang di artikel kami mengenai cara menghilangkan angka di Excel! Mungkin saudara/i pernah mengalami masalah dimana ketika ingin menampilkan data berupa angka, terdapat angka-angka yang tidak diperlukan atau tidak relevan dalam data tersebut. Nah, untuk mengatasi masalah ini, kita dapat menggunakan beberapa langkah-langkah yang akan dibahas pada artikel ini.

Langkah-Langkah Menghilangkan Angka di Excel

1. Select

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih sel atau range sel tempat angka yang ingin dihilangkan. Anda dapat menggunakan perintah klik dan drag atau menggunakan tombol shift untuk memilih beberapa sel sekaligus. Pastikan bahwa sel atau range sel yang Anda pilih mengandung angka yang tidak relevan untuk data Anda.

2. Find & Replace

Setelah sel atau range sel yang mengandung angka tidak relevan dipilih. Ikutilah langkah dengan membuka menu “Find & Replace” yang terletak di menu “Home”. Setelah menu terbuka, pada kotak “Find what” masukkanlah angka atau karakter yang tidak relevan yang ingin dihilangkan. Untuk menghilangkan karakter kosong, Anda bisa membiarkan kotak kosong atau dapat memasukkan spasi pada “Find what”. Pada kolom “Replace with” biarkan kosong.

3. Replace All

Ketika langkah kedua selesai, klik Replace All untuk mengganti semua data dengan kosong (misalnya spasi) atau tombol “OK” jika Anda tidak ingin mengganti dengan karakter kosong.

4. Text to Columns

Langkah selanjutnya adalah mengubah format data dari numerik menjadi teks. Caranya dengan memilih sel atau range sel yang berisi angka yang ingin dihilangkan, kemudian klik Text to columns pada menu “Data”. Pilihlah “Delimited” kemudian pilih “Next” dan pada kolom “Delimiter” Anda dapat memilih tanda apa yang digunakan untuk memisahkan data dalam sel atau range sel Anda. Centang opsi “Treat consecutive delimiters as one” jika tanda pemisah pada data tersebut terdiri dari beberapa tanda seperti tanda “##”. Kemudian klik “Finish”.

5. Custom Format

Pada langkah ke lima ini, Anda dapat membuat custom format pada sel atau range sel yang berisi angka yang tidak relevan. Custom format dapat Anda buat sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menghilangkan tiga digit terakhir dengan menggunakan custom format “0.#”. Atau, gunakan custom format “0.00;[Red](0.00);-” untuk menandai angka positif dengan warna hitam, angka negatif dengan warna merah, dan angka nol dengan “-” tanpa warna.

6. Trim

Cara selanjutnya menghilangkan angka di Excel adalah dengan menggunakan fungsi trim. Trim adalah fungsi yang berguna untuk menghilangkan spasi yang tidak diinginkan atau karakter lain pada awal atau akhir sebuah teks atau angka. Caranya pilih sel atau range sel yang ingin Anda trim, kemudian masuk ke tab “Formulas” dan klik “Text” kemudian klik Trim.

7. Replace Formula

Apabila terdapat banyak angka yang tidak relevan pada sel atau range sel yang sama, Anda dapat menggunakan rumus replace yang akan menggantikan angka yang tidak relevan dengan teks kosong. Rumusnya adalah =SUBSTITUTE(A1,”0″,””).

8. Filter

Filter termasuk salah satu fitur di Excel yang sangat berguna dalam pengelolaan data. Caranya, pilihlah sel atau range sel tempat data yang ingin difilter kemudian masuk ke tab “Data” dan klik filter. Setelah kolom filter aktif, maka Anda dapat memfilter data hasilnya. Anda dapat menyeleksi data dengan angka atau teks tertentu, misalnya mencari hanya data nomor tanpa huruf.

9. Find Function

Fungsi find pada Excel adalah fungsi yang berguna untuk mengetahui posisi karakter tertentu dalam sebuah teks atau angka. Caranya adalah dengan memilih sel atau range sel pada data yang ingin Anda cari. Kemudian masukkan rumus =find(“0”,A1) pada sebuah sel kosong untuk menghilangkan angka 0 dari sel atau range sel yang dipilih.

10. Conditional Formatting

Fitur Conditional Formatting yang ada di Excel cukup mudah dipergunakan untuk menghilangkan angka yang tidak relevan dari data kita. Pilih sel atau range sel yang berisi angka yang ingin dihilangkan, kemudian klik Conditional Formatting yang terletak pada menu “Home”. Setelah itu, klik “New Rule”, pilihlah “Format only cells that contain”, dan masukkanlah kriteria yang sesuai dengan angka yang ingin Anda hilangkan.

11. Remove Duplicates

Apabila pada data yang Anda miliki ada duplikasi, maka langkah menghilangkan angka di Excel yang satu ini bisa menjadi sangat berguna. Caranya cukup mudah, pilih sel atau range sel yang mengandung angka duplikat tersebut. Kemudian klik Remove Duplicates yang terletak pada menu “Data”.

12. Delete Rows & Columns

Cara terakhir untuk menghilangkan angka di Excel adalah dengan menghapus baris atau kolom yang mengandung angka yang tidak relevan tersebut. Caranya cukup mudah, pilihlah sel atau range sel tempat angka yang tidak relevan tersebut berada, kemudian klik kanan dan pilihlah “Delete” kemudian pilihlah “Entire rows” atau “Entire columns”. Pastikan bahwa Anda sudah memilih baris atau kolom yang tepat sebelum menghapusnya.

Tips & Trik Menghilangkan Angka di Excel

1. Memilih Selengkap Mungkin

Usahakan untuk memilih selengkap mungkin pada proses perintah “Find & Replace”, agar tidak ada angka yang terlewatkan.

2. Gunakan Freeze Panes

Agar Anda tidak kehilangan orientasi saat melakukan filter pada data, gunakan fitur “Freeze Panes” agar baris judul atau kolom tetap terlihat ketika kita scroll halaman.

3. Selalu Simpan Dalam Bentuk Backup

Pastikan untuk selalu membuat backup dari data original yang Anda miliki saat melakukan pengeditan, sehingga apabila terjadi kesalahan pada saat proses penghilangan angka, Anda masih memiliki data original.

4. Gunakan Shortcut Keyboard

Memanfaatkan shortkeys keyboard, seperti Ctrl + F, sangat berpengaruh dalam proses pencarian dan penghilangan angka di Excel.

5. Mengatur Format Tanggal dan Waktu

Jika format tanggal dan waktu Anda salah pada data, Anda harus mengaturnya terlebih dahulu sebelum menghilangkan angka-angka yang tidak relevan.

6. Hindari Mengubah Angka as Categorical Data

Ubahlah angka menjadi format numerik jika angka pada suatu kolom benar-benar adalah angka, namun Jangan mengubah angka menjadi kategori, sebab ini akan menyulitkan saat melakukan pengolahan data.

7. Mengelomokan Angka Dalam Range Sel

Jika pada suatu range sel terdapat beberapa angka, lebih baik Anda mengelompokkan angka-angka tersebut menjadi grup, untuk memudahkan proses penghapusan angka-angka yang kurang penting.

8. Mengatur Angka Berdasarkan Tingkat Kepentingan

Urutkan kolom berdasarkan tingkat pentingnya. Hindari menghancurkan urutan tabel.

9. Hapus Blank Rows & Columns

Menghapus cell atau baris kosong atau kolom kosong sangatlah penting agar data kelihatan menarik dan efisien.

10. Menggunakan Data Cleansing Tools

Jika Anda merasa kesulitan dalam menghilangkan angka di Excel. Anda dapat mencoba menggunakan tool atau software khusus yang dapat mempermudah proses penghapusan angka yang tidak relevan dalam data Anda.

Sampai disini artikel mengenai cara menghilangkan angka di Excel, semoga Anda dapat memahami setiap langkah-langkah yang dibahas dan dapat membantu untuk mengoptimalkan pengolahan data Anda di Excel!

Kelebihan

Cara menghilangkan angka di Excel memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

1. Membuat data menjadi lebih terstruktur dan mudah dibaca
2. Mempercepat proses analisis data karena hanya fokus pada angka yang relevan
3. Memastikan keakuratan data karena eliminasi angka yang tidak diperlukan
4. Inilah cara yang bisa digunakan sebagai dasar pembuatan laporan keuangan dan presentasi data
5. Dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan secara keseluruhan
6. Meningkatkan penampilan data karena tampil lebih mudah dibaca
7. Bisa membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman karena data yang lebih mudah dipahami
8. Konsisten dalam format data seluruhnya
9. Dapat membantu mengurangi kebingungan dalam memahami data
10. Dapat digunakan dengan mudah, bahkan oleh pemula sekalipun

Kekurangan

Tentu saja, ada beberapa kekurangan cara menghilangkan angka di Excel yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah:

1. Perlu waktu tambahan untuk menghilangkan angka yang tidak diperlukan
2. Jika tidak diatur dengan benar, dapat mengakibatkan informasi yang penting hilang bersama dengan angka yang tidak diperlukan
3. Perlu memeriksa kembali data untuk memastikan tidak ada angka yang terlewatkan
4. Bisa menghasilkan kesalahan dalam mempertahankan integritas data
5. Memerlukan pemahaman yang baik tentang bagaimana data disimpan dan diatur dalam Excel
6. Harus dipahami bahwa cara penghilangan angka ini hanya bisa diaplikasikan pada angka saja, sehingga angka yang terdapat dalam teks tidak bisa dihilangkan
7. Tidak dapat digunakan pada data yang terlampir dalam lampiran
8. Mungkin memerlukan bantuan perangkat lunak khusus untuk mengimplementasikan penghilangan angka ini
9. Bisa menyebabkan data menjadi tidak akurat jika tidak dilakukan dengan benar
10. Bersifat stasioner, tidak fleksibel dalam penggunaannya

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan angka di excel?

Angka di excel merupakan data numerik yang diinput ke dalam kolom angka pada lembar kerja microsoft excel.

2. Apakah angka di excel bisa dihapus?

Ya, angka di excel dapat dihapus dengan mudah menggunakan beberapa cara.

3. Apa cara menghapus angka satu-satu di excel?

Cara menghapus angka satu-satu di excel adalah dengan mengeklik sel tempat angka berada, kemudian tekan tombol delete atau backspace pada keyboard.

4. Bagaimana jika ingin menghapus banyak angka secara bersamaan?

Bisa menggunakan metode ‘cut’ pada seluruh angka yang ingin dihapus, lalu ‘paste’ pada sel kosong untuk menghilangkan angka tersebut.

5. Apakah ada cara lain untuk menghapus banyak angka secara bersamaan?

Ya, bisa menggunakan fitur ‘clear’ pada menu ‘editing’, kemudian pilih submenu ‘clear all’ atau ‘clear contents’ agar sel kosong tanpa angka.

6. Apakah ada cara menghapus angka tanpa merusak format sel di excel?

Ya, menggunakan fitur ‘clear contents’ pada submenu ‘clear’ pada menu ‘editing’ agar format sel tetap terjaga meskipun angkanya dihapus.

7. Bagaimana cara menghapus angka pada beberapa sel yang tidak berdekatan?

Bisa menggunakan cara yang sama seperti menghapus angka satu-satu, dengan mengeklik sel-sel tersebut secara bergantian dan menghapus angka pada setiap sel.

8. Bagaimana cara menghapus angka pada setiap sel dalam kolom atau baris tertentu?

Bisa menggunakan fitur ‘clear’ pada submenu ‘clear contents’ atau ‘clear all’ pada menu ‘editing’ untuk menghapus angka pada setiap sel dalam kolom atau baris tertentu.

9. Apakah cara menghapus angka di excel yang saya hapus secara tidak sengaja?

Bisa menggunakan fitur ‘undo’ dengan mengeklik tombol ctrl + z pada keyboard atau menggunakan tombol ‘undo’ pada menu ‘quick access toolbar’ pada microsoft excel.

10. Bagaimana jika ingin menghapus angka tetapi tidak ingin menghapus rumus atau formula yang terkait dengan sel tersebut?

Bisa menggunakan fitur ‘clear contents’ pada submenu ‘clear’ pada menu ‘editing’ untuk hanya menghapus angka tanpa merusak rumus atau formula pada sel tersebut.

11. Apakah ada shortcut keyboard untuk menghapus angka?

Ya, bisa menggunakan tombol delete atau backspace untuk menghapus angka satu-satu dan tombol ctrl + x untuk memotong angka dalam jumlah banyak.

12. Apa yang harus dilakukan jika angka tidak bisa dihapus di excel?

Periksa apakah lembar kerja excel tersebut terproteksi atau tidak. Jika terproteksi, harus dibuka terlebih dahulu proteksinya sebelum angka bisa dihapus.

13. Apakah cara menghapus angka di excel bisa diterapkan pada aplikasi pengolah angka selain excel?

Bisa, tetapi menu dan shortcut keyboard mungkin berbeda dari aplikasi pengolah angka yang lain.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kami berharap Anda telah memahami cara menghilangkan angka di Excel dengan mudah. Ada beberapa metode yang dapat dilakukan, seperti dengan menggunakan fitur format sel, fungsi teks, atau filter. Semua metode tersebut sangat mudah dan efektif, tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Jadi, tidak ada lagi kesulitan dalam menghapus angka di Excel.

Penutup

Kami harap artikel ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mempelajari Excel atau membutuhkan informasi cara menghilangkan angka di Excel. Ingatlah bahwa Excel sangatlah penting dalam dunia modern, dan menguasainya akan memberikan banyak manfaat dalam karir atau bisnis Anda. Teruslah belajar dan mengembangkan diri agar dapat menguasai aplikasi ini dengan baik. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.