Cara Menghilangkan Centang Biru di WA GB dengan Mudah

Salam hangat untuk pembaca sekalian! Saat ini, WhatsApp (WA) dan WhatsApp GB (WA GB) memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang terdekat dalam hitungan detik saja. Dua aplikasi chatting yang satu ini begitu populer di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Namun, ada hal yang mungkin sering membuat kita merasa khawatir saat menggunakan aplikasi ini, yaitu ketika ada centang biru di layar chat. Sepertinya sepele, tetapi kehadiran centang biru bisa membuat kita merasa tidak tenang. Jika Anda juga merasa demikian, maka artikel ini bisa menjadi solusi bagi Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat membantu Anda menghilangkan centang biru di WA dan WA GB. Simak baik-baik ya!

Langkah-Langkah untuk Menghilangkan Centang Biru di WA dan WA GB

1. Pastikan Aplikasi WA dan WA GB Sudah Diperbarui

Langkah pertama untuk menghilangkan centang biru di WA dan WA GB adalah dengan memastikan aplikasi tersebut sudah diperbarui terbaru. Salah satu penyebab centang biru muncul adalah karena adanya bugs atau masalah pada versi aplikasi yang Anda gunakan.

Untuk memperbarui versi aplikasi, Anda hanya perlu memasukkan ke toko aplikasi Anda, lalu cari aplikasi WA atau WA GB dan klik opsi perbarui. Setelah selesai, restart aplikasi WhatsApp.

2. Matikan Koneksi Internet

Cara kedua untuk menghilangkan centang biru di WA dan WA GB adalah dengan mematikan koneksi internet Anda. Pada beberapa kasus, centang biru muncul karena adanya gangguan pada koneksi internet Anda.

Untuk menerapkan cara ini, pastikan Anda mempunyai pengaturan koneksi internet atau jaringan data aktif pada smartphone Anda. Lalu, klik tombol “Fly mode” atau “Airplane mode” untuk memutus koneksi internet.

3. Periksa Koneksi Wi-Fi atau Jaringan Data

Cara ketiga untuk menghilangkan centang biru di WA dan WA GB adalah dengan memeriksa koneksi Wi-Fi atau jaringan data Anda. Ada beberapa kasus di mana jaringan Wi-Fi atau jaringan data memang tidak stabil sehingga menyebabkan centang biru muncul.

Pastikan koneksi Wi-Fi atau jaringan data pada smartphone Anda stabil dan kuat. Anda bisa menguji dengan membuka aplikasi browser dan mencoba mencari informasi di internet.

4. Nonaktifkan “Read Receipts”

Langkah keempat adalah dengan menonaktifkan opsi Read Receipts atau tanda centang biru pada pengaturan WA dan WA GB. Opsi ini memungkinkan pengirim pesan untuk melihat apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Namun, dengan menonaktifkan opsi ini, maka tanda centang biru tidak akan muncul pada layar pesan.

Untuk menonaktifkan opsi Read Receipts, masuk pada pengaturan aplikasi WA atau WA GB Anda. Lalu, pilih menu “Privacy”, dan nonaktifkan opsi Read Receipts.

5. Gunakan Aplikasi GBWhatsApp Plus

Cara kelima adalah dengan menginstall aplikasi GBWhatsApp Plus. Aplikasi ini merupakan modifikasi dari WhatsApp dan memiliki beberapa fitur yang lebih lengkap daripada versi standar WhatsApp. Salah satunya adalah opsi untuk menonaktifkan centang biru, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan tanda tersebut.

Untuk menginstall aplikasi GBWhatsApp Plus, Anda bisa mencarinya di toko aplikasi pihak ketiga. Namun, pastikan Anda melakukan backup pesan WhatsApp Anda terlebih dahulu sebelum menginstall aplikasi ini.

6. Hapus Pesan WA dan WA GB

Cara keenam adalah dengan menghapus pesan di aplikasi WA dan WA GB. Apabila pesan sudah terhapus, maka centang biru tidak akan muncul lagi. Namun, perlu diingat bahwa jika pesan sudah terhapus maka pesan tersebut tidak akan bisa dipulihkan kembali.

Untuk menghapus pesan di aplikasi WA dan WA GB, Anda bisa melakukan perintah untuk menghapus pesan secara manual. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur “Clear Chat” yang tersedia di aplikasi.

7. Gunakan Aplikasi Sticker

Cara ketujuh adalah dengan menggunakan aplikasi sticker di dalam aplikasi WA dan WA GB. Sticker yang dipilih akan diletakkan di antara teks atau media lainnya, sehingga centang biru di WA dan WA GB tidak akan terlihat.

Untuk mengakses opsi sticker, tekan tombol emoji di dalam aplikasi WA atau WA GB Anda, lalu pilih opsi “Sticker”. Pilih salah satu dari sticker yang tersedia dan tambahkan pada pesan yang ingin Anda kirimkan.

8. Unduh Aplikasi Anti-Biru

Cara kedelapan adalah dengan mengunduh aplikasi Anti-Biru di toko aplikasi. Aplikasi ini akan membantu Anda mengembalikan tampilan pesan WhatsApp ke versi lama sehingga Anda tidak melihat adanya centang biru pada aplikasi tersebut.

Namun, sebaiknya Anda mencari informasi tentang aplikasi tersebut terlebih dahulu sebelum menginstallnya ke dalam smartphone Anda.

9. Gunakan Animoji

Cara kesembilan adalah dengan menggunakan Animoji untuk mengganti teks dalam pesan WA atau WA GB. Salah satu kelebihan Animoji adalah Anda dapat mengirimkan pesan tanpa harus mengetik atau memberikan respon secara langsung pada pesan.

Cara ini akan membuat pengirim pesan semakin sulit mengetahui apakah pesan Anda sudah dibaca atau belum. Selain itu, cara ini juga membuat tampilan pesan menjadi lebih menarik dan berwarna.

10. Pasang Filter Penghilang Centang Biru

Cara kesepuluh adalah dengan memasang filter penghilang centang biru pada aplikasi WA atau WA GB. Filter ini dapat membantu Anda menghilangkan centang biru pada pesan WhatsApp yang sudah Anda kirimkan, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan tampilan tersebut.

Untuk menggunakan filter penghilang centang biru, Anda bisa mencarinya di toko aplikasi pihak ketiga. Namun, pastikan Anda melakukan backup pesan WhatsApp Anda terlebih dahulu sebelum memasang filter tersebut.

11. Gunakan Aplikasi Third-Party

Cara kesebelas adalah dengan menggunakan aplikasi third-party yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan di aplikasi WA atau WA GB tanpa membuat centang biru muncul. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi “Unseen”.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membaca pesan dan memberikan respon tanpa harus menampilkan adanya tanda centang biru. Namun, pastikan Anda melakukan backup pesan WhatsApp Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini.

12. Gunakan Mode Incognito

Cara terakhir adalah dengan menggunakan mode incognito pada aplikasi WA atau WA GB. Mode incognito memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi WhatsApp tanpa meninggalkan jejak atau tanda-tanda pada pesan yang sudah Anda kirimkan.

Untuk mengaktifkan mode incognito, Anda bisa mencari informasi detail di internet atau mungkin langsung pada menu pengaturan dari aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan.

Tips dan Trik Menghilangkan Centang Biru di WA dan WA GB

1. Install Aplikasi Modifikasi WhatsApp

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan centang biru di WA dan WA GB adalah dengan menginstall aplikasi modifikasi WhatsApp. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menonaktifkan opsi Read Receipts sehingga tanda centang biru tidak akan muncul pada layar pesan.

2. Matikan Opsi “Last Seen”

Anda juga bisa mencoba mematikan opsi “Last Seen” pada pengaturan aplikasi WA dan WA GB Anda. Opsi ini memungkinkan pengguna WA dan WA GB untuk melihat kapan Anda terakhir kali masuk ke aplikasi tersebut.

Untuk menonaktifkan opsi “Last Seen”, masuk pada pengaturan aplikasi WA atau WA GB Anda. Lalu, pilih menu “Privacy”, dan pilih opsi “Last Seen”.

3. Gunakan Aplikasi Fake Call

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi Fake Call. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat panggilan palsu yang akan menuntun orang lain untuk menunggu sampai Anda selesai dengan panggilan tersebut.

Hal ini akan membuat orang lain tidak akan menyadari bahwa Anda sudah membaca pesan mereka di WA atau WA GB sehingga centang biru tidak akan muncul pada pesan tersebut.

4. Nonaktifkan “Read Notification”

Selain menonaktifkan opsi Read Receipts, Anda juga bisa mencoba untuk menonaktifkan opsi Read Notification pada pengaturan aplikasi WA dan WA GB. Opsi ini memungkinkan WhatsApp untuk menampilkan notifikasi ketika pesan Anda sudah diterima dan dibaca.

Untuk menonaktifkan opsi Read Notification, masuk pada pengaturan aplikasi WA atau WA GB Anda. Lalu, pilih menu “Notifications”, dan nonaktifkan opsi Read Notification.

5. Jangan Terburu-Buru Membuka Pesan

Terakhir, hindari membuka pesan terlalu cepat ketika Anda mendapat notifikasi masuk dari WA atau WA GB. Biarkan beberapa saat terlebih dahulu sebelum membuka pesan tersebut.

Hal ini dapat membuat pengirim pesan berpikir bahwa Anda belum sempat membaca pesan mereka, sehingga centang biru tidak akan muncul ketika mereka melihat chat tersebut.

Nah, itulah beberapa langkah-langkah dan tips untuk menghilangkan centang biru di WA dan WA GB. Semoga dapat membantu Anda untuk merasa lebih nyaman dan tenang dalam menggunakan aplikasi chatting ini. Jangan lupa untuk memilih cara yang paling mudah dan cocok dengan kebutuhan Anda sendiri. Terima kasih sudah membacanya, selamat mencoba!

Cara Menghilangkan Centang Biru di WA GB: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Dapat memberikan privasi pada pengguna karena pesan yang dikirim tidak akan menampilkan centang biru.

2. Bisa membuat pengguna lebih tenang ketika mengirim pesan karena tidak perlu khawatir dianggap telah melihat pesan oleh penerima.

3. Pengguna dapat mengontrol pesan mana yang ingin menampilkan centang biru dan mana yang tidak, sehingga memberikan fleksibilitas dalam penggunaan aplikasi.

4. Membantu melindungi pengguna dari tekanan sosial untuk membalas pesan dalam waktu yang singkat karena penerima tidak akan mengetahui apakah pesan telah dibaca.

5. Pengguna dapat merasa lebih aman untuk bernegosiasi atau berbicara dengan orang lain karena informasi pesan yang telah terbaca tetap rahasia.

Kekurangan

1. Pengguna mungkin kehilangan kepercayaan penerima setelah mengetahui pesan telah dibaca tetapi tidak direspon.

2. Meningkatnya skeptisisme dan kecurigaan antara pengguna karena mereka tidak dapat yakin apakah pesan telah diterima atau tidak.

3. Penggunaan fitur ini tidak dianjurkan untuk pengguna perusahaan atau organisasi yang membutuhkan keamanan dan transparansi dalam jalur komunikasi mereka.

4. Meningkatnya kekhawatiran untuk privasi dan konflik perspektif antara pengguna aplikasi dan penerima pesan.

5. Pengguna akan kehilangan kemampuan untuk mengetahui kapan pesan telah dibaca ketika menggunakan fitur ini, sehingga tidak akan tahu apakah pesan telah sampai ke tujuan atau tidak.

FAQ

1. Apa itu centang biru di wa gb?

Centang biru di wa gb adalah tanda bahwa pesan yang Anda kirim telah terbaca oleh penerima.

2. Mengapa ada yang ingin menghilangkan centang biru di wa gb?

Beberapa orang ingin menghilangkan centang biru karena merasa tidak nyaman atau ingin menjaga privasi.

3. Apa cara termudah untuk menghilangkan centang biru di wa gb?

Cara termudah untuk menghilangkan centang biru di wa gb adalah dengan mematikan fitur read receipt di pengaturan aplikasi WhatsApp GB.

4. Apa itu WhatsApp GB?

WhatsApp GB adalah modifikasi WhatsApp yang dilakukan oleh pihak ketiga yang menambahkan beberapa fitur tambahan yang tidak ada di aplikasi resmi WhatsApp.

5. Bagaimana caranya mematikan fitur read receipt di WhatsApp GB?

Anda dapat mematikan fitur read receipt dengan cara masuk ke pengaturan aplikasi, pilih privasi, kemudian matikan fitur read receipt.

6. Apakah ada cara lain untuk menghilangkan centang biru di wa gb?

Tidak, mematikan fitur read receipt adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan centang biru di wa gb.

7. Apakah pengguna lain dapat melihat jika saya mematikan fitur read receipt?

Tidak, pengguna lain tidak bisa melihat ketika Anda mematikan fitur read receipt.

8. Apakah mematikan fitur read receipt juga akan mematikan centang biru pada pesan yang saya kirim?

Ya, mematikan fitur read receipt juga akan mematikan centang biru pada pesan yang Anda kirim.

9. Apakah ada kerugian dari mematikan fitur read receipt?

Kerugian dari mematikan fitur read receipt adalah Anda tidak akan bisa melihat apakah pesan yang Anda kirim sudah terbaca oleh penerima.

10. Apakah pengaturan read receipt berbeda di aplikasi resmi WhatsApp?

Tidak, pengaturan read receipt di WhatsApp resmi dan WhatsApp GB sama.

11. Apakah aman menggunakan WhatsApp GB?

Tidak selalu aman, penggunaan aplikasi modifikasi seperti WhatsApp GB berisiko terhadap keamanan data dan privasi Anda.

12. Apakah WhatsApp GB legal digunakan?

Tidak, WhatsApp GB bukan aplikasi resmi dan tidak diizinkan oleh WhatsApp. Penggunaan aplikasi modifikasi seperti ini melanggar persyaratan layanan WhatsApp.

13. Apakah menghilangkan centang biru di wa gb dapat menghasilkan masalah di kemudian hari?

Tidak, menghilangkan centang biru di wa gb tidak akan menyebabkan masalah di kemudian hari.

Kesimpulan

Secara umum, penggunaan fitur centang biru di aplikasi WhatsApp GB memudahkan pengguna untuk mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah dibaca penerima atau masih belum dibaca. Namun, terkadang fitur ini juga bisa menimbulkan keprihatinan bagi pengguna, seperti kekhawatiran jika pesan yang dikirim terlihat terbaca oleh orang yang tidak seharusnya. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini, pengguna dapat menghilangkan centang biru dengan melakukan beberapa cara, seperti mengganti ke versi lama WhatsApp GB, menggunakan aplikasi tambahan, atau melakukan pengaturan di aplikasi itu sendiri.

Penutup

Setiap kebijakan yang dibuat oleh WhatsApp GB pastinya sudah direncanakan dengan matang. Namun, sebagai pengguna tentunya kita juga harus waspada terhadap penyalahgunaan fitur yang ada, seperti menghilangkan centang biru. Di sisi lain, jika kita memang merasa khawatir, tidak ada salahnya mencoba cara-cara yang telah disebutkan di atas untuk mengatasi masalah tersebut. Terpenting adalah kita juga harus tetap mematuhi etika dalam berkomunikasi di dunia maya, dan selalu ingat untuk berpikir sebelum bertindak.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.