Cara Menghilangkan Discover Google dengan Mudah

.

Salam pembuka untuk para pembaca yang setia mengunjungi situs kami. Artikel kali ini akan membahas salah satu masalah umum yang mungkin sedang Anda alami saat menggunakan internet, yaitu tentang cara menghilangkan Discover Google. Mengapa ini menjadi masalah? Well, Discover Google bisa menjadi gangguan karena dapat muncul di lembar berita pada ponsel pengguna. Halaman ini berisi berita yang disesuaikan berdasarkan minat dan riwayat pencarian pengguna.

Sebenarnya, Discover Google adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk membaca berita yang mirip dengan apa yang pengguna baca atau search di dalam search engine. Sayangnya, terkadang fitur ini justru membingungkan atau malah mengganggu. Banyak orang kecewa saat mencoba menghilangkan Discover Google dari ponsel mereka, karena merasa fitur ini semakin mengacaukan. Nah, untuk membantu Anda menghilangkan Discover Google, berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti.

Langkah-Langkah

Langkah 1: Buka Halaman Discover Google

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah membuka halaman Discover Google. Halaman ini tampak seperti lembar berita, dan dibuka langsung dari halaman Google. Saat membuka Discover Google, Anda akan melihat beberapa berita yang mungkin disukai menurut Google.

Langkah 2: Klik Ikon Tiga Titik

Setelah membuka halaman Discover Google, langkah berikutnya adalah dengan meng-klik ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan atas lembar berita. Ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini untuk melakukan pengaturan.

Langkah 3: Cari Pilihan Setelan

Ketika Anda meng-klik ikon tiga titik, Anda akan melihat beberapa pilihan. Cari pilihan Setelan yang ada di bawah menu yang ditampilkan.

Langkah 4: Masuk ke Halaman Pengaturan

Setelah menemukan pilihan Setelan, klik pada menu itu untuk masuk ke halaman pengaturan. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk mengatur segala sesuatu yang terkait dengan Discover Google.

Langkah 5: Nyalakan atau Matikan Opsi Discover Google

Setelah masuk ke halaman pengaturan, hal yang perlu Anda lakukan adalah menyalakan atau mematikan opsi Discover Google sesuai dengan keinginan. Anda bisa menyalakan atau mematikan opsi ini dengan meng-klik tombol yang ada di sebelah kanan opsi Discover Google.

Langkah 6: Atur Preferensi Berita

Setelah mematikan atau menyalakan opsi Discover Google, sekarang saatnya Anda mengatur preferensi berita yang ingin ditampilkan. Caranya, pilih opsi yang disediakan oleh Google atau tambahkan Topik yang ingin Anda baca beritanya.

Langkah 7: Hapus Riwayat Pencarian

Jika ini tidak berhasil, maka terkadang ada riwayat pencarian yang menempel pada Discover Google. Anda perlu menghapus riwayat pencarian di Google untuk menghilangkan Discover Google. Caranya, masuk ke Pengaturan Google dan hapus riwayat pencarian.

Langkah 8: Gunakan VPN

Anda juga bisa mencoba menggunakan VPN. VPN alias Virtual Private Network adalah jaringan pribadi yang dapat digunakan oleh individu untuk mengakses situs web yang diblokir. Dengan menggunakan VPN, pengguna bisa menghindari terdeteksi oleh Google.

Langkah 9: Gunakan Browser Pihak Ketiga

Cara lain untuk menghilangkan Discover Google adalah dengan menggunakan browser pihak ketiga seperti Firefox atau Chrome. Kedua browser ini menawarkan menu yang lebih lengkap ketimbang browser bawaan ponsel.

Langkah 10: Hapus Cache dan Data

Cara ini sangat efektif menghilangkan Discover Google. Anda bisa menghapus semua cache dan data pada smartphone Anda. Untuk itu, masuk ke menu Pengaturan, pilih Aplikasi, cari dan klik Discover Google atau Google Feed, dan kemudian klik Hapus Cache dan Hapus Data.

Langkah 11: Coba Aplikasi Pihak Ketiga

Anda bisa mencoba aplikasi pihak ketiga yang memiliki kemampuan untuk memblokir Discover Google. Beberapa aplikasi yang bisa dicoba adalah Cooler and Privacy Browser.

Langkah 12: Update Aplikasi Google

Jika semua cara di atas tidak berhasil, update aplikasi Google ke versi terbaru dapat menyelesaikan masalah Discover Google.

Penjelasan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Discover Google adalah fitur yang memberikan berita terbaru sesuai dengan minat dan riwayat pencarian pengguna. Namun, terkadang fitur ini bisa menjadi gangguan karena bisa muncul kapan saja di tengah aktivitas pengguna.

Cara menghilangkan Discover Google cukup mudah dan langsung dilakukan melalui pengaturan smartphone. Anda bisa mengaktifkan atau mematikan opsi Discover Google. Jika ini tidak berhasil, maka Anda bisa mencoba beberapa cara lain seperti menghapus riwayat pencarian, mengubah alamat IP dengan VPN, menggunakan browser pihak ketiga, menghapus cache dan data, menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau memperbarui aplikasi Google.

Tips and Trik

Tip 1
Matikan opsi Discover Google jika Anda ingin mematikannya secara permanen.

Tip 2
Hapus riwayat pencarian di Google secara berkala agar Discover Google tidak muncul secara acak.

Tip 3
Gunakan browser pihak ketiga seperti Firefox atau Chrome untuk kontrol yang lebih lengkap.

Tip 4
Hapus cache dan data smartphone Anda secara rutin untuk mengurangi jumlah cache dan memberikan ruang yang lebih besar untuk memori internal.

Tip 5
Cobalah menggunakan VPN yang tidak hanya mengubah alamat IP Anda tetapi juga membantu melindungi data Anda.

Tip 6
Gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Cooler and Privacy Browser yang bisa memblokir Discover Google.

Tip 7
Pastikan selalu mengupdate aplikasi Google ke versi terbaru untuk menghindari masalah Discover Google.

Tip 8
Jangan khawatir jika menemukan masalah Discover Google pada ponsel Anda. Fitur minat dan riwayat pencarian sangat membantu, namun dapat diatur agar tidak mengganggu aktivitas Anda.

Tip 9
Pastikan fitur Discover Google sudah terhapus dengan melihat kembali daftar berita atas atau halaman topik.

Tip 10
Ikuti langkah-langkah yang telah diuraikan di atas jika tidak mengatur Discover Google sedemikian rupa dapat mengakibatkan banyak berita atau topik yang tidak diinginkan masuk ke menu Discover Google Anda.

Kami harap langkah-langkah di atas dapat membantu Anda menghilangkan Discover Google dengan mudah dan efektif. Berikan komentar dan saran di bagian bawah artikel ini dan jangan lupa untuk menggunakan tips dan trik untuk menjaga privasi dan pengalaman pengguna selalu optimal.

Kelebihan

1. Menjaga Privasi

Dengan menghilangkan discover Google, kita dapat menghindari paparan data pribadi yang seringkali disimpan dalam pencarian Google dan membuka peluang untuk diretas. Dengan demikian, keamanan privasi menjadi lebih terjamin.

2. Meningkatkan produktivitas

Terlalu banyak informasi yang dihasilkan oleh discover Google bisa mengalihkan perhatian dari tugas utama yang perlu diselesaikan. Dengan menghilangkan discover Google, kita dapat memfokuskan perhatian pada pekerjaan yang perlu diselesaikan.

3. Mempercepat pencarian

Terkadang menghemat waktu bisa menjadi hal paling penting. Tanpa discover Google, waktu yang dibutuhkan untuk menemukan informasi yang tepat bisa lebih cepat tercapai. Dalam dunia kerja yang serba cepat, mempercepat pencarian informasi dapat memberikan keuntungan.

4. Menjaga Keseimbangan emosi

Banyak orang merasa tertekan atau terbebani dengan informasi yang diberikan oleh discover Google yang terkadang berita atau topik yang negatif. Dengan menghilangkan discover Google, seseorang bisa mengurangi informasi yang tidak perlu dan meningkatkan mood.

5. Meringankan penyimpanan data

Jumlah data yang terbuka dari Discover Google dapat mengurangi ruang penyimpanan pada ponsel atau komputer. Dengan menghilangkannya, penyimpanan data akan terlihat lebih ringan.

Kekurangan

1. Membatasi Informasi

Tentu saja, dengan menghilangkan discover Google, informasi yang terdapat pada hasil pencarian juga akan menjadi lebih terbatas. Adakalanya informasi yang tersembunyi di sana dapat membantu meningkatkan kualitas sebuah kasus atau pekerjaan.

2. Tidak Dapat Menemukan Informasi Baru

Dengan menghilangkan discover Google, informasi yang baru dan sedang trending mungkin dapat terlewatkan secara tidak sengaja. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan informasi yang penting dan mungkin dapat memiliki dampak besar pada beberapa hal.

3. Akses Informasi Tertentu Menjadi Sulit

Beberapa orang mungkin membutuhkan hasil atau informasi dari penelitian yang dilakukan melalui Discover Google. Dengan menghilangkannya, hal ini bisa menjadi sulit atau cukup memakan waktu.

4. Mengurangi Kemampuan Pemasaran Online

Bagi para pebisnis online, discover Google penting untuk melihat tren dan perkembangan terbaru di pasaran. Dengan menghilangkannya, kemampuan dalam memasarkan produk dapat berkurang

5. Keterbatasan Akses Informasi

Banyak informasi yang bermanfaat dan adakalanya hanya dapat ditemukan melalui hasil discover Google. Dengan menghilangkannya, peluang untuk menerima informasi berharga juga bisa menjadi terbatas.

FAQ

1. Apa itu Discover Google?

Discover Google adalah fitur yang muncul di feed atau halaman awal Google yang menampilkan artikel-artikel terbaru & menarik yang disesuaikan dengan minat pengguna.

2. Bagaimana cara menghilangkan Discover Google di HP Android?

Tidak ada cara resmi untuk menghapus Discover Google dari aplikasi Google di HP Android. Namun, Anda dapat mencoba menjalankan pembaruan aplikasi untuk mengetahui apakah ada pembaruan yang tersedia yang akan memperbaiki atau menghilangkan fitur Discover secara keseluruhan.

3. Bagaimana cara memblokir Goggle Discover?

Tidak mungkin memblokir Google Discover secara permanen. Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna terhubung dengan topik-topik dan berita-berita menarik dari seluruh dunia.

4. Apakah Discover Google memberikan saran berdasarkan minat saya?

Ya, Discover Google menggunakan algoritma dan data pengguna untuk menyesuaikan isi yang ditampilkan dengan minat pengguna.

5. Apakah Discover Google menggunakan data pribadi pengguna untuk menyesuaikan konten?

Ya, Discover Google menggunakan data pribadi pengguna seperti riwayat pencarian dan aktivitas online untuk menyesuaikan konten yang ditampilkan di halaman Discover.

6. Apakah Discover Google berpotensi untuk menampilkan konten yang tidak sesuai atau tidak etis?

Tidak dijamin, namun Google memiliki standar ketat dalam memilih dan menampilkan hasil pada Discover Google. Jika Anda menemukan konten yang tidak pantas, Anda dapat menyampaikannya dengan menekan tanda tiga titik pada masing-masing artikel dan memilih “Laporkan”.

7. Bagaimana menambahkan topik tertentu ke Discover Google?

Untuk menambahkan topik tertentu ke Discover Google, Anda hanya perlu mengeklik tanda plus (+) di sudut kanan atas layar.

8. Apakah Discover Google dapat diakses di komputer?

Ya, Discover Google dapat diakses di komputer melalui tautan “Discover Google” yang tersedia di sidebar setelah Anda melakukan pencarian di Google.

9. Apakah Konten Discover Google terkait dengan iklan?

Tidak, konten Discover Google tidak terkait dengan iklan. Namun, di halaman Discover mungkin muncul iklan yang kemungkinan terkait dengan minat Anda.

10. Apakah tampilan Discover Google pada setiap HP Android sama?

Tidak, tampilan Discover Google dapat berbeda-beda tergantung pada pembuat HP, Android, atau versi aplikasi Google Anda.

11. Apakah Discover Google memiliki batasan dalam menampilkan konten?

Ya, Discover Google memiliki beberapa batasan dalam menampilkan konten terutama yang merujuk pada moral dan etika. Namun, konten-konten terkait politik, agama, dan konten kontroversial lainnya yang sesuai dengan standar kelayakan Google, tetap dapat ditampilkan.

12. Apakah Discover Google sama dengan Google News?

Tidak sama. Discover Google menampilkan artikel-artikel terbaru dan menarik yang disesuaikan dengan minat pengguna, sedangkan Google News hanya menampilkan berita-berita terbaru seputar politik, bisnis, dan berita internasional.

13. Bagaimana cara mengatur minat saya di Discover Google?

Anda dapat mengatur minat Anda dengan mengklik tanda plus (+) di sudut kanan atas. Kemudian pilih topik yang ingin diikuti dan pilih “Ikuti”. Anda juga dapat menekan tanda tiga titik pada masing-masing artikel yang tidak sesuai dengan minat Anda dan memilih “Tidak Minati”.

Kesimpulan

Setelah melakukan beberapa pengamatan dan penelitian, ditemukan beberapa cara untuk menghilangkan discover Google yang mengganggu. Pertama, bisa diatur pada pengaturan aplikasi Google, dengan memilih menu Discover, lalu pilih opsi Nonaktifkan. Selain itu, bisa juga diatur pada pengaturan Google Chrome, dengan memilih menu Setelan, lalu pilih opsi Konten, dan Nonaktifkan Discover. Namun, jika pengaturan di aplikasi dan pengaturan di Google Chrome tidak efektif, maka dianjurkan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghilangkan Discover Google, seperti Nova Launcher.

Dengan mengikuti salah satu dari beberapa cara di atas, kita bisa menghilangkan Discover Google yang mengganggu dan mengembalikan halaman utama Google menjadi bersih dan tidak berisik. Namun, perlu diperhatikan bahwa menghilangkan Discover Google juga berarti mengurangi kemampuan personalisasi pada layanan Google.

Penutup

Sudah menjadi sebuah hal yang umum bagi pengguna internet untuk tidak ingin terganggu dengan iklan atau konten yang tidak diinginkan. Hal ini tentu berlaku juga pada Discover Google yang muncul di halaman utama Google. Namun, demikian tidak semua pengguna internet merasa terganggu dengan Discover Google, mereka bisa merasakan manfaatnya dari kemampuan personalisasi yang ditawarkan.

Sebagai pengguna, kita haruslah bijak dalam memilih cara untuk menghilangkan Discover Google yang mengganggu. Di satu sisi, kita ingin menikmati kemudahan dan kenyamanan menggunakan internet, namun di sisi lain kita tidak ingin kehilangan fitur-fitur penting yang bisa memudahkan hidup kita dalam aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, apapun pilihan yang kita ambil, pastikan itu adalah yang terbaik bagi diri kita sendiri.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat bagi kalian semua sebagai pengguna internet.