Cara Menghilangkan Filter di Excel

Selamat datang para pembaca setia artikel kami! Kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan filter di excel untuk memudahkan pekerjaan anda. Filter di Excel memang sangat berguna untuk memilah data sehingga lebih mudah dilihat dan dicari. Namun, terkadang filter tersebut juga bisa menghalangi pekerjaan anda apabila tidak berfungsi secara benar, ataupun tidak diperlukan lagi pada tahap tertentu. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang cara menghilangkan filter di excel dengan sangat mudah dan praktis.

Langkah-langkah Cara Menghilangkan Filter di Excel

Langkah 1: Pastikan Data Sheet Telah Dipilih

Sebelum memulai cara menghilangkan filter di excel, pastikan terlebih dahulu bahwa sheet atau lembar data yang anda ingin filter-nya dihilangkan sudah dipilih. Hal ini sangat penting karena pada setiap sheet yang berbeda, filter juga memerlukan penyesuaian yang berbeda pula.

Langkah 2: Mencari Tombol “Filter”

Sekarang mari kita mencari dulu tombol “Filter” pada Excel. Tombol filter ini biasanya terletak di bagian atas data sheet, tepatnya di dekat nama kolom yang ingin difilter. Jika tombol filter ini tidak ada, maka bisa diaktifkan terlebih dahulu pada menu “Data” kemudian checklist pilihan “Filter”.

Langkah 3: Klik Tombol “Filter” untuk Menonaktifkan

Langkah selanjutnya adalah mengklik tombol “Filter” untuk menonaktifkan filter tersebut. Tombol “Filter” biasanya memiliki tampilan berbentuk ikon dan berupa kembang kol atau tombol kecil dengan filter di dalamnya.

Langkah 4: Klik Kembali Tombol “Filter” Jika Ingin Aktifkan Kembali

Jika di suatu waktu akan menggunakan filter kembali, klik kembali tombol “Filter”. Biasanya tombol “Filter” ini berubah menjadi “Membatalkan Filter”. Pastikan untuk mengklik tombol “Membatalkan Filter” untuk mengaktifkan kembali filter pada data sheet.

Langkah 5: Menghapus “Filter” pada Setiap Kolom yang Mempunyai Filter

Pernah mengalami filter tetap bekerja walaupun tombol “Filter” sudah dinonaktifkan? Sebenarnya filter tersebut masih berada pada setiap kolom. Oleh karena itu, cara menghilangkan filter di excel selanjutnya adalah dengan menghapus filter pada setiap kolom secara manual.

Langkah 6: Klik Kolom yang Ingin Tanpa Filter

Cara menghapus filter pada setiap kolom sangat mudah dilakukan dengan mengklik kolom yang ingin kita tanpa filter tersebut.

Langkah 7: Pilih “Filter”

Setelah mengeklik kolom yang ingin kita tanpa filter, akan muncul menu pilihan. Pilih pilihan “Filter” pada opsi tersebut.

Langkah 8: Klik “Hapus Filter”

Sekarang klik “Hapus Filter” untuk menghilangkan filter pada kolom tersebut.

Langkah 9: Ulangi pada Setiap Kolom yang Mempunyai Filter

Jangan lupa untuk mengulangi langkah-langkah ini pada setiap kolom yang mempunyai filter agar semua data sheet tanpa filter.

Langkah 10: Gunakan Tombol “Hapus Filter” untuk Menghilangkan Langsung Filter

Cukup beruntung jika kita menggunalan versi excel yang baru, yang memberikan fitur tombol “Hapus Filter” yang dapat menghilangkan langsung filter pada seluruh kolom pada data sheet.

Langkah 11: Menggunakan Keyboard Shortcut “Ctrl + Shift + L” untuk Menghapus Filter

Seperti yang kita ketahui bahwa Excel mempunyai fitur keyboard shortcuts, salah satunya adalah dengan menggunakan kombinasi “Ctrl + Shift + L” untuk menghapus filter pada data sheet.

Langkah 12: Menonaktifkan Option “Filter” pada Menu “Data”

Langkah terakhir adalah dengan menonaktifkan opsi “Filter” pada menu “Data”. Dengan menghilangkan opsi ini, secara otomatis tombol filter juga akan hilang dari sheet data. Hal ini merupakan cara menghilangkan filter di excel yang sangat mudah dan cepat.

Penjelasan dan Tips

Setelah mengetahui langkah-langkah cara menghilangkan filter di excel, sekarang kita akan membahas penjelasan dan tips untuk melakukan tugas tersebut dengan lebih mudah dan efisien.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah data sheet yang akan kita filter dan hilangkan filternya harus dipilih terlebih dahulu sebelum melakukan tugas.

Jangan lupa juga untuk menghapus filter pada setiap kolom secara manual agar filter benar-benar hilang dan tidak mengganggu pekerjaan anda.

Gunakan keyboard shortcut atau tombol “Hapus Filter” pada versi excel baru untuk memudahkan dan mempercepat tugas anda.

pastikan opsi “Filter” pada menu “Data” dinonaktifkan apabila tidak diperlukan lagi untuk menghilangkan tombol filter pada data sheet.

Pada kesempatan ini, kita juga perlu mengetahui cara menggabungkan beberapa kolom pada excel agar lebih efisien. Caranya sangat mudah, yaitu dengan memilih kolom yang ingin digabung, kemudian klik “Insert Function” kemudian pilih fungsi CONCATENATE. Kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga kolom tergabung.

Tips-tips tersebut dapat menjadi referensi bila suatu saat anda ingin melakukan tugas pada excel. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips tersebut, pekerjaan pada excel akan lebih mudah dan efisien.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara menghilangkan filter di excel dengan 12 langkah-langkah dan beberapa tips dan penjelasan tambahan yang berguna. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dan memperhatikan tips dan penjelasan, kita dapat melakukan tugas pada excel dengan lebih mudah dan efisien.

Cara Menghilangkan Filter di Excel: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Memungkinkan pengguna untuk menampilkan data tanpa filter, sehingga lebih mudah untuk memahami data secara keseluruhan.

2. Menghilangkan filter dapat membantu pengguna menghindari kesalahan dalam pengambilan keputusan berdasarkan data yang dipilih.

3. Dapat mempercepat waktu pengolahan data karena pengguna tidak perlu menunggu proses filter selesai.

4. Penghapusan filter juga dapat mempercepat penyaringan data karena setiap perubahan pada filter akan memakan waktu.

5. Menghilangkan filter dapat membantu meningkatkan kerja tim karena setiap anggota tim dapat melihat gambaran dari keseluruhan data, bukan hanya fokus pada area yang difilter.

Kekurangan

1. Jika penghapusan filter dilakukan secara tidak sengaja, dapat menyebabkan kebingungan dan kesulitan dalam mengembalikan filter yang sebelumnya.

2. Kekurangan penggunaan filter dapat menyulitkan pengguna dalam menemukan data tertentu ketika data yang terlampir sangat besar.

3. Tanpa filter, data mungkin terlihat jauh lebih berantakan dan sulit dipahami.

4. Penghapusan filter mungkin tidak diperlukan dalam situasi di mana data yang digunakan hanya memerlukan filter sedikit atau tidak memerlukan filter sama sekali.

5. Penghapusan filter dapat menghalangi kemampuan pengguna untuk menampilkan data secara terperinci jika pengguna hanya ingin melihat data yang telah difilter.

FAQ

1. Apakah filter di Excel itu?

Filter di Excel adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memfilter atau menyaring data dalam spreadsheet berdasarkan kriteria tertentu.

2. Bagaimana caranya mengaktifkan filter di Excel?

Untuk mengaktifkan filter di Excel, pilih sel atau rentang sel yang berisi data, lalu klik tombol “Filter” pada tab “Data”.

3. Bagaimana cara menghilangkan filter di Excel?

Untuk menghilangkan filter di Excel, cukup klik tombol “Filter” lagi pada tab “Data”.

4. Apa yang terjadi jika saya menghilangkan filter di Excel?

Jika Anda menghilangkan filter di Excel, maka data yang telah disaring akan ditampilkan kembali secara lengkap.

5. Apakah ada cara cepat untuk menghapus seluruh filter di Excel?

Ya, ada. Cukup tekan tombol “Alt” dan “D”, lalu “F”, dan “C” pada keyboard Anda.

6. Bagaimana cara menghapus filter hanya pada satu kolom di Excel?

Untuk menghapus filter hanya pada satu kolom di Excel, klik tanda panah kecil pada header kolom tersebut, lalu pilih “Clear Filter from [nama kolom]”.

7. Apakah ada cara untuk menghapus filter pada beberapa kolom sekaligus di Excel?

Ya, ada. Tahan tombol “Ctrl” pada keyboard Anda, lalu klik header kolom yang ingin Anda hapus filternya. Setelah itu, pilih “Clear Filter from Selected Columns”.

8. Apakah filter di Excel hanya bisa mengurutkan data secara ascending atau descending?

Tidak. Filter di Excel juga bisa mengurutkan data berdasarkan warna, aksi, atau huruf kapital kecil dan besar.

9. Apakah filter di Excel bisa digunakan untuk mencari data tertentu?

Ya, bisa. Filter di Excel mempunyai fitur pencarian yang memungkinkan pengguna mencari data tertentu dalam spreadsheet.

10. Apakah saya bisa menggunakan filter di Excel pada bagian sel yang telah diformat?

Ya, bisa. Filter di Excel dapat digunakan pada bagian sel yang telah diformat dengan kondisi tertentu.

11. Apakah ada aturan dalam penggunaan filter di Excel?

Ya, ada. Berikut adalah beberapa aturan dalam penggunaan filter di Excel:
– Pastikan semua data dalam satu rentang atau satu tabel.
– Pastikan header kolom yang digunakan sebagai filter memiliki nama yang jelas dan mudah dipahami.
– Jangan mengubah data jika filter masih aktif.

12. Apakah ada cara untuk membuat filter di Excel sebagai tabel?

Ya, ada. Untuk membuat filter di Excel sebagai tabel, pilih sel atau rentang sel yang berisi data, lalu klik tombol “Format as Table” pada tab “Home”.

13. Apakah ada cara untuk menyimpan filter di Excel?

Ya, ada. Setelah filter selesai disesuaikan dengan kriteria tertentu, pengguna dapat menyimpannya sebagai “Custom View” pada tab “View”.

Kesimpulan

Filter merupakan fitur yang sangat berguna di aplikasi Excel untuk menyaring data berdasarkan kriteria tertentu. Namun, terkadang kita perlu menghapus filter agar dapat melihat semua data yang ada, atau mungkin kita ingin mengubah kriteria filter yang sudah ada. Cara untuk menghilangkan filter di Excel sangatlah mudah dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah sederhana.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas bagaimana cara menghapus filter di Excel. Ada dua cara yang dapat digunakan yaitu dengan mengklik tombol ‘Clear Filter’ atau menggunakan shortcut keyboard Ctrl + Shift + L. Sebagai pengguna Excel, hal ini dapat memudahkan kita dalam melihat seluruh data yang ada tanpa adanya penyaringan. Jangan ragu untuk mencoba cara-cara di atas dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!