Cara Menghilangkan Garis-garis di Excel

Selamat datang untuk para pengguna Excel! Siapa yang tidak kenal dengan program MS Excel ini? Program yang didesain oleh Microsoft ini digunakan di sebagian besar kantor dan bisnis di dunia. Selain itu Excel juga digunakan oleh banyak orang untuk keperluan pribadi seperti membuat jadwal, laporan keuangan, menyusun data, dll. Namun, seringkali kita menemukan halangan dalam memanfaatkan program Excel dengan maksimal, contohnya adalah ketika kita menemukan garis-garis di Excel yang mengganggu dan harus disingkirkan. Di dalam Artikel ini, kami telah menyiapkan 12 langkah-langkah yang dapat membantu pengguna Excel menghilangkan garis-garis di Excel dengan mudah dan praktis. Temukan langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah-langkah Menghilangkan Garis-garis di Excel

1. Membuka file Excel yang akan diedit

Untuk mulai menghilangkan garis-garis di Excel, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka file Excel yang berisi garis-garis yang ingin dihilangkan. Pastikan bahwa Anda telah membuka file tersebut dengan aplikasi Excel dan file tersebut sepenuhnya dapat diedit.

2. Pilih Seluruh Data pada WorkSheet

Langkah berikutnya adalah Anda harus memilih semua sel atau area pada Worksheet yang ingin dihapus garis-garisnya. Caranya sangat mudah, cukup klik pada kotak di ujung kiri atas Worksheet dan Anda akan melihat data terhighlight di seluruh Worksheet.

3. Klik pada “Home”

Ketika Anda telah memilih seluruh data pada Worksheet, klik pada menu “Home” yang terletak di pojok kiri atas Workbook. Setelah klik pada Home, Anda akan melihat berbagai ikon dan opsi yang terletak pada ribbon Excel.

4. Pilih “Batas”

Setelah klik pada Home, Anda akan melihat menu “Batas”. Klik pada menu tersebut untuk memunculkan opsi-opsi Batas yang tersedia.

5. Pilih “Hapus Batas”

Ketika opsi Batas telah terbuka, pilih opsi “Hapus Batas” untuk menghilangkan semua batas yang terdapat pada data yang dipilih.

6. Pilih Format Cells

Klik pada salah satu sel yang dipilih sebelumnya pada Worksheet. Kemudian klik pada menu “Home” lagi dan pilih opsi “Format”. Setelah itu, pilih opsi “Format Cells” pada menu drop-down yang muncul.

7. Pilih “Border”

Ketika menu “Format Cells” telah muncul, pilih opsi “Border” untuk mengakses opsi-opsi Batas yang tersedia untuk sel dan area data.

8. Pilih “None”

Pilih opsi “None” pada daftar Batas untuk menghapus garis-garis yang ada di Excel. Tentu saja, jika Anda ingin menggunakan batas yang berbeda, Anda bisa memilih batas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

9. Menggunakan Keyboard

Jika Anda lebih suka menggunakan keyboard daripada mouse, Anda bisa menghilangkan garis-garis Excel dengan menekan tombol “Ctrl” + “Shift” + “7” secara bersamaan. Ini akan mengaktifkan opsi Batas.

10. Membuat custom border

Jika Anda ingin mengatur batas sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa membuat batas custom. Caranya cukup mudah, pilih salah satu sel atau area yang ingin diberi batas, lalu klik pada menu “Border” pada opsi “Format Cells”, dan pilih “More Borders.” Kemudian, atur garis-garis sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

11. Menggunakan shortcut untuk custom border

Jika Anda ingin membuat customized border secara mudah, gunakan shortcut “Ctrl” + “1” untuk membuka jendela “Format Cells”. Setelah itu, pilih opsi “Border” dan tentukan jenis dan ukuran batas yang diinginkan.

12. Menyimpan perubahan

Setelah menyelesaikan semua perubahan yang diperlukan dan menghilangkan garis-garis yang tidak diinginkan pada Excel, pastikan untuk menyimpan perubahan tersebut pada file Anda. Anda dapat menggunakan opsi “Save”, “Save As”, atau “Save a Copy” untuk menyimpan file.

Tips dan Trik lainnya untuk Menghilangkan Garis-garis di Excel

1. Gunakan keyboard shortcut untuk memudahkan proses

Menggunakan shortcut keyboard bisa sangat membantu dan mempercepat proses pengeditan pada Excel. Gunakanlah shortcut keyboard yang telah dipesan untuk setiap menu dan opsi pada Excel agar pengeditan menjadi lebih mudah dan cepat.

2. Gunakan opsi “Find and Replace”

Gunakan opsi “Find and Replace” untuk mengganti garis-garis dan batas yang tidak diinginkan pada sel Excel. Mudah, cepat, dan efisien!

3. Ganti tampilan

Anda dapat mengganti tampilan garis-garis Excel dengan memilih opsi “View” dari ribbon. Kemudian Anda bisa memilih untuk menampilkan garis-garis grid atau tidak menampilkan garis-garis grid.

4. Coba Opacity Excel

Anda dapat mencoba menggunakan Opacity Excel untuk menghilangkan garis-garis yang tidak diinginkan pada sel Excel. Carinya sangat mudah, cukup masuk ke opsi “Conditional Formatting” dan pilih “Clear Rules.”

5. Gunakan Opsi “Clear Formatting”

Anda bisa menggunakan opsi “Clear Formatting” untuk menghilangkan batas dan garis-garis di sel Excel yang dipilih. Opsi ini sama sekali tidak mengubah atau mempengaruhi data yang ada di dalam sel tersebut.

6. Gunakan “Control Panel”

Anda bisa menggunakan “Control Panel” untuk mengatur garis-garis dan batas dengan lebih mudah dan cepat. Setelah masuk ke “Control Panel”, pilih “Appearance and Personalization”, dan Anda akan melihat opsi untuk menentukan ukuran dan jenis garis-garis pada data Excel.

7. Pilih jenis garis-garis yang tepat

Anda dapat memilih jenis garis-garis yang sesuai dengan jenis data dan tabel yang Anda buat. Jangan paksa untuk menggunakan jenis garis atau batas tertentu jika seharusnya tidak perlu.

8. Menggunakan apps pendukung

Anda dapat menggunakan aplikasi atau software yang didesain untuk membantu melakukan editing pada Excel. Beberapa aplikasi tersebut dapat membantu Anda mempercepat pengeditan dan penghilangan garis-garis di Excel.

9. Cari tutorial dan tips di internet

Tidak ada salahnya mencari tutorial dan tips di internet tentang cara pengeditan pada Excel. Banyak sumber yang tersedia di internet yang dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan Excel, termasuk menghilangkan garis-garis yang tidak diinginkan.

10. Backup data secara teratur

Pastikanlah untuk membuat backup data secara teratur. Hal ini penting untuk mencegah kehilangan data yang sudah diedit dan disimpan. Selain itu, backup juga akan membantu jika ada kesalahan atau kerusakan yang terjadi pada file Excel.

Demikianlah 12 langkah-langkah yang mudah dan praktis untuk menghilangkan garis-garis di Excel. Dengan informasi yang kami berikan, diharapkan dapat membantu Anda menghilangkan garis-garis dan batas yang mengganggu pada data Excel Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Cara Menghilangkan Garis Garis di Excel: Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan

1. Meningkatkan tampilan data: Dengan menghilangkan garis-garis di Excel, tampilan data di lembar kerja akan lebih rapi dan mudah dibaca.

2. Mempermudah visualisasi data: Dalam membuat grafik atau diagram, penghilangan garis-garis akan memudahkan viewer untuk membaca dan memahami informasi yang disajikan.

3. Memberikan kesan profesional: Tampilan data yang rapi dan mudah dibaca akan memberikan kesan profesional dalam presentasi atau laporan yang disajikan.

4. Mempercepat proses input: Dengan menghilangkan garis-garis, maka kolom dan baris yang dipisahkan garis-garis tersebut tidak perlu diisi, sehingga proses input data akan lebih cepat.

5. Memudahkan pengeditan data: Dalam memodifikasi data, penghilangan garis-garis akan memudahkan proses copy-paste, pengurutan, penyisipan, atau pemindahan sel di dalam lembar kerja.

Kekurangan

1. Membingungkan dalam membedakan kolom dan baris: Tidak ada garis-garis yang membedakan batas antara kolom dan baris, sehingga dalam membaca data mungkin akan sedikit membingungkan.

2. Kurang cocok untuk data yang kompleks: Data yang kompleks seperti tabel berukuran besar atau data yang memiliki banyak jumlah variabel mungkin kurang cocok dengan penampilan tanpa garis-garis.

3. Tidak sesuai dengan kebiasaan pengguna Excel: Beberapa pengguna mungkin merasa tidak nyaman dan canggung dengan menghilangkan garis-garis di lembar kerja Excel karena sudah terbiasa dengan tampilan garis-garis.

4. Menghilangkan petunjuk header kolom: Dengan menghilangkan garis-garis, maka petunjuk header kolom juga akan hilang dan mungkin akan membingungkan dalam membaca data.

5. Kurang efektif pada data dengan nilai yang serupa: Penghilangan garis-garis mungkin kurang efektif pada data yang memiliki nilai yang serupa karena sulit dibedakan antara satu sel dengan sel yang lain.

FAQ

1. Apa yang dimaksud garis-garis di Excel?

Garis-garis di Excel dapat merujuk pada batas sel, border, atau garis grid yang terlihat pada spreadsheet.

2. Mengapa saya perlu menghilangkan garis-garis di Excel?

Terkadang garis-garis ini dapat mengganggu tampilan data atau grafik yang sedang Anda analisis pada spreadsheet.

3. Apa cara paling mudah untuk menghilangkan garis-garis di Excel?

Cara paling mudah adalah dengan menonaktifkan gridlines di Excel. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tab View, kemudian akan muncul opsi untuk menampilkan atau menyembunyikan gridlines.

4. Bagaimana cara menghilangkan border di sel yang telah dipilih?

Anda dapat mengklik sel yang ingin dihilangkan border-nya, kemudian klik opsi “Border” pada ribbon “Home”. Setelah itu, pada opsi “No Border”, Anda dapat mengklik untuk menghilangkan border pada sel tersebut.

5. Apakah ada cara cepat untuk menghilangkan border pada sel yang telah dipilih?

Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + _ (underscore) untuk menghilangkan border pada sel yang telah dipilih.

6. Bagaimana cara menghilangkan border pada keseluruhan sheet?

Anda dapat mengklik tombol “Select All” yang berada di pojok kiri atas sheet. Setelah itu, ikuti langkah nomor 4 untuk menghilangkan border pada seluruh sheet.

7. Apakah menghilangkan border juga menghilangkan batas sel dan grid pada sheet?

Tidak, menghilangkan border tidak akan menghilangkan batas sel dan grid pada sheet. Anda harus menonaktifkan gridlines secara terpisah untuk menghilangkan tampilan grid pada sheet.

8. Bagaimana cara menghilangkan batas sel pada sheet?

Anda dapat mengklik tombol “Options” yang berada di pojok kanan bawah sheet. Kemudian, pada opsi “Advanced”, Anda dapat mengklik “Show sheet right-to-left” untuk menghilangkan batas sel pada sheet.

9. Bagaimana cara menghilangkan gridlines secara permanen pada Excel?

Anda dapat mengklik tombol “Options” yang berada di pojok kanan bawah sheet. Kemudian, pada opsi “Advanced”, Anda dapat menghilangkan tanda centang pada opsi “Show gridlines” untuk menonaktifkan gridlines secara permanen.

10. Dapatkah saya mengubah warna atau jenis border pada Excel?

Ya, Anda dapat mengklik opsi “Border” pada ribbon “Home”, kemudian memilih warna atau jenis border yang diinginkan pada opsi “Line Style” dan “Color”.

11. Bagaimana cara menambahkan border pada sel atau range sel di Excel?

Anda dapat mengklik sel atau memilih range sel yang ingin ditambahkan border-nya. Kemudian, klik opsi “Border” pada ribbon “Home”. Pilih opsi “Borders” untuk menambahkan border pada sel atau range sel tersebut.

12. Bagaimana mengubah ketebalan border pada Excel?

Anda dapat mengklik opsi “Border” pada ribbon “Home”, kemudian memilih ketebalan border pada opsi “Weight”.

13. Apakah ada cara lain untuk memperbaiki tampilan sheet pada Excel?

Ya, Anda dapat menambahkan format painter pada Excel untuk menyalin format tampilan sel atau range sel dan menerapkan ke sel atau range sel lainnya. Anda juga dapat menambahkan tema atau style sheet pada Excel untuk mengubah tampilan keseluruhan sheet.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda sekarang tahu cara menghilangkan garis-garis di Excel dengan mudah dan cepat. Tidak lagi perlu repot dan pusing ketika membuat laporan atau tabel karena garis-garis yang tidak diinginkan. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan jenis garis dan menghilangkan garis yang tidak perlu. Menghapus garis-garis yang tidak diinginkan dapat membuat tampilan tabel atau laporan Anda lebih profesional dan mudah dibaca. Jadi, cobalah teknik ini dan lihat perbedaan yang dibuat pada pekerjaan Anda.

Penutup

Sampai jumpa pembaca, dengan menggunakan teknik ini, Anda tidak lagi perlu khawatir tentang garis-garis yang tidak diinginkan di Excel. Cukup ikuti langkah-langkah sederhana dan tampilan tabel atau laporan Anda akan terlihat lebih profesional dan mudah dibaca. Jangan ragu untuk mencoba teknik ini dan jangan lupa untuk membagikan kepada teman-teman Anda yang juga membutuhkannya. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga sukses dalam pekerjaan Anda.