Cara Menghilangkan Garis Kolom di Excel

Salam Pembaca,

Siapa yang tidak mengenal Microsoft Excel? Ya, program Microsoft yang satu ini memang terkenal sebagai program pengolah data yang paling populer di dunia. Kemampuan Excel dalam mengolah data memang luar biasa, bahkan hampir semua perusahaan menggunakan Microsoft Excel sebagai program andalannya. Akan tetapi, pasti sering kita menemukan suatu kesulitan pada saat kita mengolah data di Excel, salah satunya adalah menghilangkan garis kolom. Garis kolom pada excel bisa muncul secara otomatis setelah kita mengetikkan suatu data, terkadang garis kolom yang tidak diinginkan tersebut membuat tampilan tabel menjadi kurang rapi.

Untuk itu, pada kesempatan ini kita akan membahas cara menghilangkan garis kolom di Excel. Kita akan membahasnya dalam tiga bagian, yaitu langkah-langkah, penjelasan dan tips dan trik. Berikut informasi lebih lengkapnya.

Langkah-langkah Menghilangkan Garis Kolom di Excel

Langkah 1. Membuka Aplikasi Microsoft Excel

Yang pertama harus dilakukan adalah membuka aplikasi Microsoft Excel. Jalankan aplikasi tersebut pada komputer atau laptop yang sudah terpasang.

Setelah itu, pastikan kita sudah mengetahui dimana letak data yang ingin dihapus garis kolomnya.

Langkah 2. Memilih Sel atau Range Data yang Ingin Dihilangkan Garis Kolomnya

Setelah aplikasi dijalankan, langkah selanjutnya adalah memilih sel data untuk menghapus garis kolom pada data tersebut. Bisa juga untuk melakukan penghapusan pada range data yang lebih besar.

Caranya adalah dengan mengarahkan kursor mouse pada bagian pertama data yang ingin dihapus garis kolomnya, kemudian klik dan tahan melalui area data dalam rangka untuk memilih range yang dikehendaki.

Langkah 3. Memilih Format Table atau Cell

Setelah kita memilih sel data yang ingin dihapus garis kolomnya, langkah selanjutnya adalah memilih format table atau cell. Kita bisa memilih salah satu format table atau format cell yang sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya kita dapat memilih format cell dengan cara mengklik kanan pada bagian sel, kemudian tekan format cell pada menu yang muncul. Setelah itu, kita bisa memilih tab border untuk menghilangkan garis kolom.

Langkah 4. Menghilangkan Garis Kolom pada Border dan Gridlines

Setelah memilih format table atau cell, pada langkah selanjutnya berikutnya adalah menghilangkan garis kolom pada border dan gridlines.

Biasanya kita bisa menemukan border dan gridlines pada tab view. Pada tab tersebut kita dapat menghilangkan garis kolom dengan cara mengklik pada kotak border atau gridline pada opsi Show/Hide. Setelah menghilangkan, garis kolom pada sel data akan hilang.

Langkah 5. Menghapus Garis Kolom pada Format Cell

Selain menghilangkan garis kolom pada border dan gridlines, kita juga bisa menghapus garis kolom pada format cell.

Caranya adalah dengan mengklik pada tombol border biasanya terletak pada menu Home, kemudian pilih no borders. Setelah itu, garis kolom pada sel data yang telah dipilih akan hilang secara otomatis.

Langkah 6. Menghapus Isi Sel dengan Garis Kolom

Jika kita menghapus garis kolom pada sebuah range data secara keseluruhan, kemungkinan besar akan menghapus seluruh data didalamnya. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati saat menggunakan cara ini.

Jika kita ingin menghapus garis kolom pada sebuah sel data saja, maka kita bisa menghapus isi sel tersebut. Caranya cukup dengan mengklik sel data yang ingin dihapus, kemudian tekan tombol delete pada keyboard. Isi sel data tersebut akan terhapus, dan garis kolom pada sel data tersebut akan hilang.

Langkah 7. Membuat Tabel List Tanpa Garis Kolom

Dalam Excel, kita bisa membuat tabel list dengan menggunakan format table. Pada format table kita bisa membuat tabel list yang rapi dan menarik tanpa menggunakan garis kolom.

Caranya adalah dengan menandai sel data yang ingin dibuat tabel, kemudian pilih Insert pada pita atas, kemudian pilih table. Excel akan menampilkan dialog create table. Selanjutnya kita bisa menentukan range data yang akan dibuat tabel dan mengaktifkan opsi My table has headers.

Langkah 8. Mengatur Border dan Gridline

Setelah membuat tabel list, kita bisa melakukan pengaturan pada border dan gridline. Pengaturan ini bertujuan untuk menghilangkan garis kolom.

Caranya adalah dengan mengklik pada kotak Show/Hide, kemudian hilangkan kotak border dan gridline.

Langkah 9. Memformat Tabel

Setelah mengatur border dan gridline, kita bisa melanjutkan dengan memformat tabel agar lebih menarik.

Caranya adalah dengan menggunakan pita Choose element yang ada pada dialog Format Table. Kita bisa memilih elemen-elemen tabel yang ingin diformat seperti header, footer dan row striping. Setelah itu, kita bisa melakukan pengaturan pada table style untuk membuat format tabel yang kita inginkan.

Langkah 10. Menyalin Tabel Tanpa Menyalin Garis Kolom

Ketika kita ingin menyalin sebuah tabel, kita harus memerhatikan posisi sel data dan menghilangkan garis kolom pada tabel yang akan disalin.

Biasanya kita dapat menyalin suatu tabel pada worksheet yang sama atau worksheet yang berbeda dengan mengklik dan mengubah range data pada tabel. Selanjutnya kita bisa memilih Edit pada pita atas, kemudian pilih Copy. Kemudian pilih tempat hasil penyalinan pada worksheet baru dan selanjutnya pilih Edit dan Paste Special. Kemudian pada kotak dialog paste mode yang muncul, pilih values dan pilih transpoze. Hasil penyalinan tabel akan muncul pada sheet baru, dan garis kolom pada tabel yang kita salin akan tetap hilang.

Langkah 11. Memasukan Data Tanpa Garis Kolom

Pada langkah ini, kita akan memasukan data ke dalam worksheet Excel tanpa garis kolom.

Caranya adalah dengan menggunakan fungsi autocomplete yang tersedia pada Excel. Kita bisa memasukkan data tersebut pada cell yang kosong dan kemudian menekan Enter. Selanjutnya kita bisa menghapus garis kolom pada cell tersebut dengan cara yang telah dijelaskan pada langkah sebelumnya.

Langkah 12. Menggunakan Macro

Cara yang terakhir untuk menghilangkan garis kolom pada Excel adalah menggunakan macro. Macro bisa membantu kita menghilangkan garis kolom secara otomatis.

Untuk menggunakan macro kita memerlukan sedikit pengaturan. Pertama kita perlu membuka Developer tab pada ribbon. Selanjutnya kita perlu membuat macro baru pada modul Visual Basic, dan menyisipkan kode VBA untuk menghilangkan garis kolom. Setelah itu kita perlu menjalankan macro yang telah dibuat. Dengan demikian, garis kolom pada data akan hilang secara otomatis.

Penjelasan

Nah, itulah tadi 12 langkah untuk menghilangkan garis kolom pada Excel. Dalam penjelasannya kita akan membahas beberapa penjelasan tentang cara menghilangkan garis kolom pada Excel. Berikut informasi lebih detailnya.

1. Pemilihan Sel atau Range Data

Menghapus garis kolom pada Excel membutuhkan pemilihan terlebih dahulu pada sel atau range data yang ingin dihapus. Biasanya, kita melakukan pemilihan sel dengan menentukan letak sel pada kolom dan baris. Jika kita ingin memilih range data, maka kita perlu menentukan titik awal dan titik akhir dari data tersebut.

2. Pemilihan Format Cell atau Table

Setelah kita memilih sel atau range data, langkah selanjutnya adalah memilih format cell atau table yang digunakan. Pada Excel, kita bisa memilih banyak format cell dan table yang tersedia sesuai dengan kebutuhan.

3. Mengatur Border dan Gridline

Border dan gridline pada Excel bisa digunakan untuk memperindah tampilan tabel. Namun, garis kolom pada border dan gridline kadang membuat tampilan tabel menjadi kurang rapi. Oleh karena itu, kita harus pandai mengatur border dan gridline agar tampilan tabel menjadi lebih rapi.

4. Menghapus Isi Sel dengan Garis Kolom

Pada langkah ini, kita bisa menghapus isi sel yang memiliki garis kolom dengan menekan tombol delete. Cara ini sangat efektif jika kita hanya ingin menghapus sel tertentu pada sebuah range data tanpa harus menghapus semua data yang ada pada range data tersebut.

5. Memasukan Data Tanpa Garis Kolom

Fungsi autocomplete pada Excel bisa membantu kita memasukkan data tanpa garis kolom secara otomatis. Dengan cara ini, kita hanya perlu memasukkan data dan kemudian menekan tombol Enter pada keyboard.

6. Menggunakan Macro

Terakhir, kita bisa menggunakan macro pada VBA untuk menghilangkan garis kolom pada Excel secara otomatis. Macro adalah kode program yang dibuat dengan menggunakan bahasa VBA. Dalam penggunaannya, kita harus memerhatikan beberapa aspek seperti pengetahuan dasar tentang VBA, penempatan kode, dan jenis macro yang akan digunakan.

Tips dan Trik

Langkah-langkah diatas merupakan beberapa metode untuk menghilangkan garis kolom pada Excel yang cukup mudah dan sederhana. Berikut saya berikan beberapa tips dan trik yang bisa membuat penggunaan Excel lebih efektif dan efisien.

1. Menyederhanakan Tampilan Tabel

Pada Excel, kita bisa menyederhanakan tampilan tabel dengan menghilangkan garis kolom yang tidak penting. Hal ini dapat dilakukan dengan mengklik menu border pada format cell atau table.

2. Menggunakan Shortcuts Keyboard

Dalam penggunaan Excel, kita bisa memanfaatkan shortcuts keyboard untuk mempercepat pekerjaan kita. Beberapa shortcut yang sering digunakan dalam penghapusan garis kolom antara lain Ctrl + 1 untuk format cell, Ctrl + C untuk copy data, dan Ctrl + V untuk paste data.

3. Menggunakan Preview Data

Preview data bisa membantu kita mengubah tampilan tabel dengan lebih mudah dan cepat. Dengan menggunakan preview data kita bisa melihat hasil format table sebelum diaplikasikan ke sel data.

4. Menggunakan AutoFit Column

AutoFit column membuat garis kolom pada tabel terlihat lebih rapi dan mudah dibaca. Penggunaan fit to column ini cukup mudah, hanya perlu klik kanan pada header baris dan pilih auto fit column width.

5. Membuat Header dan Footer

Penambahan header dan footer pada tabel menambahkan konteks pada tabel. Hal ini mempermudah pengguna dalam memahami data dan informasi yang terdapat pada tabel.

6. Membuat Tabel List

Pada Excel, kita bisa menggunakan format table untuk membuat tabel list yang keren dan mudah dibaca. Dalam format table, Excel akan secara otomatis membuat jawaban atau formula yang dibutuhkan sesuai dengan format yang dibuat.

7. Menggunakan Conditional Formatting

Conditional formatting memungkinkan kita membuat tabel dengan perubahan warna pada suatu range data yang sesuai dengan kondisi tertentu. Dengan menggunakan conditional formatting, kita bisa memperindah tabel yang ada dengan cepat dan mudah.

8. Memiliki Dasar Pengetahuan VBA

Pemahaman dasar tentang bahasa pemrograman VBA penting untuk meningkatkan produktivitas dalam menggunakan Excel. Dengan pemahaman dasar tentang VBA, kita bisa melakukan berbagai pekerjaan seperti pengurangan garis kolom pada Excel dengan lebih efektif dan efisien.

9. Memanfaatkan Pivot Tabel

Pivot tabel pada Excel adalah salah satu fitur yang berguna untuk dimiliki. Pivot tabel dapat membantu kita memvisualisasikan data dengan berbagai cara, serta memahami dinamika data dalam waktu singkat.

10. Menggunakan Add-Ins pada Excel

Seiring dengan tuntutan dibidang pekerjaan dan komputasi, Excel terus berkembang dan menyediakan berbagai fitur tambahan seperti Add-Ins Excel. Add-Ins Excel adalah tool atau program tambahan yang bisa membantu kita membuat tugas di Excel menjadi lebih simple dan efektif.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa metode dan penjelasan tentang cara menghilangkan garis kolom pada Excel yang bisa kamu coba terapkan. Mulai dari memahami dasar-dasar Excel, menggunakan menu dan shortcut, hingga penggunaan VBA. Pengetahuan yang matang dan perbaikan teknik pada Excel akan memudahkan kamu dan meningkatkan produktivitas kinerja kamu. Teruslah belajar, berlatih, dan jangan takut untuk mencoba. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar dan mengembangkan ketrampilan dalam menggunakan Excel.

Cara Menghilangkan Garis Kolom di Excel: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Tampilan Lembut dan Bersih: Dengan menghilangkan garis kolom di Excel, tampilan data akan terlihat lebih lembut dan bersih. Garis kolom yang terlihat terkadang mengganggu pandangan pada data.

2. Menarik Perhatian pada Data: Dalam membuat laporan atau presentasi, penghapusan garis kolom dapat membuat pembaca berfokus pada data yang dipresentasikan. Dengan begitu, pembaca lebih mudah memahami dan mengevaluasi data yang disajikan.

3. Memudahkan Pemformatan: Tanpa garis kolom, format data menjadi lebih mudah diatur. Kita dapat menentukan tebal garis dan warna sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

4. Mempercepat Pemrosesan Data: Dengan menghilangkan garis kolom, kita dapat dengan mudah melakukan pengaturan dan analisis data. Data yang diolah akan terlihat lebih rapi dan mudah dipahami sehingga pemrosesan data dapat dilakukan dengan lebih cepat.

5. Kesesuaian pada Tampilan: Penghapusan garis kolom dapat membuat tampilan Excel menjadi lebih seragam. Dalam membuat dokumen, tampilan yang seragam akan membantu mempertahankan konsistensi pada data dan tampilan keseluruhan seluruh dokumen.

Kekurangan

1. Kehilangan Struktur: Garis kolom dapat membantu mempertahankan struktur pada data. Tanpa garis kolom, data dapat terlihat sulit dipecah-pecah menjadi kategori atau kelompok.

2. Kesulitan Membaca Data dengan Detail: Dalam beberapa kasus, garis kolom dapat membantu pembaca untuk membaca data secara rinci dan detail. Hal ini mungkin menjadi sulit untuk dilakukan tanpa adanya pembatasan garis kolom.

3. Kehilangan Informasi: Jika garis kolom dihilangkan, maka kita tidak dapat melihat dengan jelas perbedaan antara kolom yang berdekatan. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan kita kehilangan informasi pada data.

4. Risiko Kesalahan Pengolahan Data: Tanpa garis kolom, pengolahan data dapat menjadi sulit. Kesalahan dapat terjadi selama pengolahan data tidak baik yang akhirnya dapat mengurangi efektivitas dan akurasi data yang diolah.

5. Kesulitan dalam Menentukan Batas: Dalam beberapa kasus, haruslah membutuhkan garis kolom untuk menentukan batas antara kolom hingga baris. Tanpa garis kolom, penentuan batas ini dapat menjadi sulit.

Demikian perbandingan kelebihan dan kekurangan dalam menghapus garis kolom di Excel. Keputusan untuk menghapus atau menampilkan garis kolom haruslah didasarkan pada kebutuhan dan preferensi pengguna dalam mengolah data.

FAQ

1. Apa itu garis kolom di Excel?

Garis kolom di Excel adalah garis vertikal yang terlihat di sepanjang batas antara satu kolom dengan kolom lainnya pada sebuah lembar kerja.

2. Mengapa garis kolom di Excel perlu dihilangkan?

Terkadang, garis kolom di Excel dapat mengganggu penglihatan data atau mempersulit saat mencetak lembar kerja. Oleh karena itu, menghapus garis tersebut bisa menjadi solusi yang baik.

3. Apa saja cara untuk menghilangkan garis kolom di Excel?

Ada beberapa cara, seperti:

  • Menggunakan opsi “Gridlines” yang ada di dalam menu “View”
  • Mengklik atau memilih kolom yang ingin dihapus garisnya, kemudian menggunakan opsi “Borders” pada tab “Home”

4. Bagaimana cara menghilangkan garis kolom secara bertahap?

Buka menu “View” dan temukan bagian “Workbook Views”. Pada sana, pilih opsi “Page Layout”. Setelah itu, klik kolom yang ingin dihapus garisnya, dan gunakan tanda “+” (plus) untuk memperbesar tampilan kolom. Klik pada border kolom yang ingin dihapus, kemudian pilih opsi “Line Style” dan “No Border”.

5. Apakah saat menghilangkan garis kolom akan berpengaruh pada data yang sudah dimasukkan ke dalam lembar kerja?

Tidak, menghilangkan garis kolom tidak akan berpengaruh pada data yang sudah terisi di dalam Excel.

6. Apakah menghilangkan garis kolom juga akan merubah tampilan garis horizontal di Excel?

Tidak, menghilangkan garis kolom hanya akan mempengaruhi tampilan garis vertikal (kolom) pada lembar kerja Excel.

7. Bagaimana cara membuat garis vertikal pada kolom Excel?

Garis kolom pada Excel dapat dibuat dengan menggunakan fitur “Borders” yang ada di tab “Home”. Kemudian, pilih “All Borders” atau hanya satu jenis border yang diinginkan.

8. Apakah bisa garis kolom dihapus hanya pada beberapa kolom tertentu saja?

Ya, bisa. Anda dapat memilih kolom yang ingin dihilangkan garisnya dengan cara mengklik atau memilih kolom tersebut, kemudian mencari dan memilih opsi “Borders” di tab “Home”.

9. Bagaimana cara menambahkan garis vertikal pada kolom Excel?

Anda dapat dodal garis kolom baru dengan langkah-langkah seperti menjawab pertanyaan nomor 7 di atas, hanya saja pilih opsi “Inside Borders” untuk menambahkan garis pada kolom tertentu, ataupun pilih opsi “All Borders” untuk menambahkan garis vertikal pada seluruh kolom.

10. Apakah garis kolom pada Excel hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan?

Tidak. Garis kolom di Excel juga memiliki fungsi sebagai pembatas antar kolom, membantu dalam membuat grafik, serta mempermudah saat melakukan pengeditan data pada sebuah lembar kerja.

11. Apakah garis kolom hanya bisa dihapus pada lembar kerja Excel yang baru saja dibuat?

Tidak. Garis kolom pada Excel bisa dihilangkan atau dibuat di lembar kerja yang sudah ada dan telah menyimpan data.

12. Apakah opsi “Gridlines” dan “Borders” di Excel sama?

Tidak sama. Opsi “Gridlines” ada di dalam menu “View” dan berfungsi untuk membantu menampilkan garis-garis untuk mempermudah saat menjalankan aplikasi. Sedangkan opsi “Borders” berada di tab “Home” dan digunakan untuk mengontrol jenis dan stye border baik yang ditarik secara manual atau menggunakan menu preset.

13. Apakah menghilangkan garis kolom atau membuat garis vertikal di Excel juga dapat diaplikasikan pada aplikasi pengolah kata?

Tidak, karena lembar kerja pada Excel dan pengolah kata memiliki tampilan yang berbeda. Lembar kerja Excel menggunakan gridline dan border, sedangkan pengolah kata menggunakan margin dan garis pemisah kolom secara horizontal.

Kesimpulan

Setiap pengguna Excel pasti pernah mengalami garis kolom yang tiba-tiba muncul dan mengganggu tampilan lembar kerja. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan garis kolom di Excel, seperti mengatur border atau memformat kolom secara manual. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan fitur remove gridlines atau menyalin data ke program pengolah kata untuk menghindari garis kolom yang mengganggu. Dengan cara yang simpel ini, semoga Anda tidak lagi terganggu dengan garis kolom yang muncul secara tiba-tiba.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai cara menghilangkan garis kolom di Excel. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda menyelesaikan masalah tampilan lembar kerja di Excel. Jangan lupa untuk selalu mempraktikkan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, dan jangan ragu untuk mencoba cara lain yang belum disebutkan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya!