Cara Menghilangkan Getaran Saat Mengetik di HP Xiaomi

Kecepatan dalam mengetik adalah hal yang sangat penting terutama bagi para pengguna smartphone. Namun, tentu saja ketika kita mengetik di smartphone, terkadang kita merasa ada getaran saat mengetik. Hal ini tentu saja mengganggu kenyamanan saat mengetik.

Bila kamu menggunakan hp Xiaomi dan mengalami hal tersebut, jangan khawatir. Dalam artikel ini, kami akan memberikan solusi untuk menghilangkan getaran saat mengetik di hp Xiaomi. Kami akan memberikan langkah-langkah yang mudah untuk diikuti serta tips dan trik agar kamu dapat mengetik dengan nyaman pada smartphone Xiaomi-mu.

Langkah-Langkah Menghilangkan Getaran Saat Mengetik pada HP Xiaomi

Langkah 1:

Pertama-tama, buka Pengaturan ponsel Xiaomi kamu. Setelah itu, cari opsi “Perangkat”. Kamu akan menemukan opsi ini di bagian bawah pada menu pengaturan. Klik pada opsi ini dan kamu akan menemukan beberapa pengaturan untuk perangkat Xiaomi-mu.

Langkah 2:

Kemudian, cari opsi “Suara & Getaran”. Jika kamu menggunakan MIUI 11 atau yang lebih baru, kamu akan menemukan opsi ini di bagian atas pada menu Perangkat. Tetapi jika kamu menggunakan versi yang lebih lama, kamu akan menemukannya di bagian paling bawah.

Langkah 3:

Setelah itu, kamu akan menemukan opsi “Gaya Getaran pada Ketikan”. Tekan opsi ini untuk memilih tipe getaran yang ingin kamu gunakan saat mengetik. Kamu akan menemukan beberapa opsi, seperti “Tidak Ada Getaran”, “Ringan”, dan “Berat”. Pilih opsi “Tidak Ada Getaran” untuk menghilangkan getaran yang mengganggu saat mengetik.

Langkah 4:

Setelah mengatur gaya getaran pada ketikan, kamu harus mengatur getaran notifikasi pada Xiaomi-mu. Buka Pengaturan dan cari opsi “Notifikasi & Akses Cepat”. Opsi ini biasanya ditemukan di bawah opsi “Perangkat”. Kamu akan menemukan beberapa pengaturan, seperti “Notifikasi pada Layar Kunci”, “Notifikasi Bunyi Bel”, atau “Notifikasi Aplikasi”. Tekan opsi yang ingin kamu atur dan klik pada opsi “Tidak Ada Getaran”.

Langkah 5:

Selanjutnya, kamu harus memastikan bahwa fitur “Autokoreksi yang Sportif” diaktifkan. Buka aplikasi “Pengaturan”, lalu pilih opsi “Lainnya” dan kemudian pilih opsi “Masukan dan Kontrol”. Ceklis opsi “Otomatis Koreksi” dan kamu akan melihat bahwa opsi “Autokoreksi yang Sportif” diaktifkan. Fungsi dari opsi ini adalah untuk mengurangi jumlah kesalahan ketika mengetik dan membuat pengalaman mengetik-mu lebih baik.

Langkah 6:

Jika kamu masih mengalami getaran saat mengetik setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mengatur “Gaya Getaran pada Tombol Navigasi”. Buka Pengaturan, lalu pilih opsi “Penampilan”. Kamu akan menemukan opsi “Gaya Getaran pada Tombol Navigasi”. Tekan opsi ini dan pilih opsi “Tidak Ada Getaran”.

Langkah 7:

Cara selanjutnya adalah dengan menonaktifkan fitur “Getaran” pada keyboard virtual Xiaomi-mu. Buka aplikasi “Pengaturan” dan pilih opsi “Aplikasi”. Cari aplikasi keyboard Xiaomi-mu dan klik pada opsi “Ijin”. Kemudian, cari opsi “Getar setelah menekan tombol” dan nonaktifkan fitur ini.

Langkah 8:

Jika langkah-langkah di atas belum berhasil menghilangkan getaran saat mengetik, kamu bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga. Banyak aplikasi keyboard seperti SwiftKey, Google Keyboard, atau Gboard bisa membantu kamu untuk mengetik dengan nyaman tanpa getaran yang mengganggu.

Langkah 9:

Cara berikutnya adalah dengan membuka “Developer Options”. Klik pada opsi “About Phone” dan gulir ke bawah untuk menemukan opsi “MIUI Version”. Klik pada opsi ini beberapa kali hingga pesan yang menunjukkan bahwa kamu telah menjadi pengembang muncul. Setelah itu, pilih opsi “System & Device” dan kemudian pilih opsi “Additional Settings”. Klik pada opsi “Developer Options” dan nonaktifkan fitur “Vibrate on touch”.

Langkah 10:

Jika kamu menggunakan aplikasi Xiaomi Device Manager, kamu bisa mengatur “Tombol Fisik” pada smartphone Xiaomi-mu. Buka aplikasi tersebut dan klik pada opsi “Settings”. Kemudian, pilih opsi “Lock & Unlock” dan nonaktifkan fitur “Vibrate on touch”.

Langkah 11:

Cara selanjutnya adalah dengan menginstall aplikasi “Disable Increasing Ring”. Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk menonaktifkan fitur peningkatan volume ketika ada panggilan masuk dan mengurangi getaran saat kamu mengetik.

Langkah 12:

Jika semua langkah-langkah di atas tidak berhasil menghilangkan getaran saat mengetik pada Xiaomi-mu, kamu bisa mencoba untuk me-reset ponsel kamu ke pengaturan pabrik. Namun, pastikan kamu telah mem-backup data penting sebelum melakukan reset.

Tips dan Trik

Tip 1:

Install aplikasi keyboard pihak ketiga. Ada banyak aplikasi keyboard seperti SwiftKey, Google Keyboard, atau Gboard yang bisa membantu kamu untuk mengetik dengan lebih nyaman dan tanpa getar.

Tip 2:

Aktifkan fitur “Autokoreksi yang Sportif” untuk mengurangi jumlah kesalahan Anda saat mengetik.

Tip 3:

Pastikan Anda menonaktifkan fitur “Vibrate on Touch” dan “Vibrate on Call” pada aplikasi Xiaomi-mu untuk mengurangi getaran yang mengganggu.

Tip 4:

Jika Anda masih mengalami getaran saat mengetik, Anda bisa mencoba untuk menambahkan case atau cover pada smartphone Xiaomi-mu. Hal ini bisa membantu mengurangi getaran yang ditimbulkan ketika mengetik di Xiaomi-mu.

Tip 5:

Periksa apakah Xiaomi-mu telah di-update ke versi terbaru. Versi terbaru mungkin memiliki peningkatan dalam pengaturan getaran ketika mengetik.

Tip 6:

Pastikan Anda menggunakan keyboard yang sesuai dengan ukuran layar Xiaomi-mu. Keyboard yang terlalu kecil atau terlalu besar bisa membuat Anda mengalami kesulitan saat mengetik dan meningkatkan getaran yang tidak diinginkan.

Tip 7:

Jangan terlalu sering mengetik dengan ketukan yang terlalu keras. Hal ini bisa meningkatkan getaran ketika mengetik dan membuat Xiaomi-mu lebih cepat rusak.

Tip 8:

Jangan memaksakan jari ketika mengetik. Cobalah untuk mengetik dengan lembut dan ringan sehingga getaran ketika mengetik berkurang.

Tip 9:

Pastikan smartphone Xiaomi-mu tidak terlalu sering terkena goresan dan benturan. Hal ini bisa membuat getaran ketika mengetik semakin menyakitkan dan mengganggu.

Tip 10:

Apabila solusi di atas juga tidak berhasil menghilangkan getaran saat mengetik pada Xiaomi-mu, kamu bisa membawa Xiaomi-mu ke tempat service terdekat untuk diperiksa secara detail dan dilakukan perbaikan.

Cara Menghilangkan Getaran Saat Mengetik di HP Xiaomi: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Memperbaiki pengalaman mengetik yang lebih nyaman dan lancar.

2. Membantu mengurangi risiko cacat ketik (typo) pada hasil tulisan.

3. Menjaga kesehatan jari dan tangan dari rasa pegal akibat getaran saat mengetik.

4. Menambah produktivitas pengguna dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang membutuhkan ketikan cepat.

5. Menjaga kualitas suara, terutama saat menelepon atau merekam video dengan perangkat Xiaomi.

6. Dapat diaplikasikan pada berbagai jenis aplikasi dan keyboard yang ada di HP Xiaomi.

7. Bisa disesuaikan dengan preferensi pengguna, seperti intensitas getaran dan durasi saat mengetik.

8. Harga relatif lebih terjangkau dibandingkan mengganti keyboard fisik atau membeli perangkat tambahan.

9. Kompatibel untuk digunakan di berbagai tipe HP Xiaomi, baik yang lama maupun baru.

10. Dapat diunduh dan dipasang secara mudah dan cepat melalui Play Store atau aplikasi lainnya.

Kekurangan

1. Tidak efektif mengatasi masalah getaran jika penyebabnya bukan dari keyboard, misalnya masalah pada hardware atau software perangkat Xiaomi.

2. Mempercepat penggunaan baterai, sehingga perlu memperhatikan pengaturan daya agar tidak terlalu boros.

3. Terkadang perlu penyesuaian waktu untuk mengetik, karena adanya delay setelah getaran diaktifkan dan di-disable.

4. Beberapa aplikasi mungkin tidak sepenuhnya kompatibel dengan fitur penghilang getaran, sehingga perlu mencari alternatif atau menghubungi pengembang.

5. Mungkin memerlukan beberapa pengaturan untuk memenuhi preferensi masing-masing pengguna.

6. Tidak efektif menghilangkan getaran yang terlalu kuat atau ekstrim pada keyboard.

7. Perlu update dan pemeliharaan secara berkala agar tetap berfungsi dengan optimal.

8. Fitur ini hanya tersedia pada HP Xiaomi dan belum diadopsi oleh merek perangkat lainnya.

9. Tidak semua pengguna merasa perlu mengaktifkan penghilang getaran, terutama bagi pengguna yang sudah terbiasa dengan getaran saat mengetik.

10. Menggunakan fitur penghilang getaran terlalu sering mungkin dapat mempengaruhi kemandirian dan kelenturan jari pengguna saat mengetik pada keyboard fisik.

FAQ

1. Apakah getaran saat mengetik di hp Xiaomi itu wajar?

Ya, sebagian besar hp Xiaomi memiliki fitur getaran saat mengetik yang memang sengaja disediakan oleh pabrik.

2. Mengapa getaran saat mengetik di hp Xiaomi terkadang sangat mengganggu?

Kondisi ini bisa terjadi apabila intensitas atau frekuensi getaran dari hp Xiaomi Anda terlalu kuat atau terlalu sering terjadi.

3. Apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan getaran saat mengetik di hp Xiaomi?

Ada beberapa cara untuk menghilangkan getaran saat mengetik di hp Xiaomi, antara lain dengan mengatur intensitas getaran, mengurangi frekuensi getaran, atau mematikan fitur getaran tersebut.

4. Bagaimana cara mengatur intensitas getaran pada hp Xiaomi?

Anda dapat mengatur intensitas getaran pada menu Pengaturan atau Setelan, kemudian pilih Suara dan Getaran, lalu pilih opsi Getaran dan atur tingkat intensitas sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Apa yang harus dilakukan jika frekuensi getaran hp Xiaomi terlalu sering terjadi?

Anda bisa mengurangi frekuensi getaran dengan mengatur kecepatan tekanan tombol pada menu Pengaturan atau Setelan, kemudian pilih menu Keamanan dan Privasi atau Keamanan dan kunci layar, lalu pilih opsi Keamanan tombol dan atur kecepatan yang diinginkan.

6. Bagaimana cara mematikan fitur getaran saat mengetik di hp Xiaomi?

Anda bisa mematikan fitur getaran pada menu Pengaturan atau Setelan, kemudian pilih Suara dan Getaran, lalu matikan opsi Getaran.

7. Apakah menghilangkan getaran saat mengetik di hp Xiaomi bisa memperburuk kualitas pengalaman mengetik?

Tidak, karena setiap orang memiliki preferensi sendiri dalam mengetik, sehingga menghilangkan getaran tidak akan berdampak pada kualitas pengalaman mengetik.

8. Apakah getaran saat mengetik di hp Xiaomi bisa mempengaruhi umur baterai?

Ya, karena getaran saat mengetik memerlukan energi ekstra untuk dapat terjadi, sehingga bisa mempengaruhi umur baterai.

9. Apakah menghilangkan getaran saat mengetik bisa memperpanjang umur baterai pada hp Xiaomi?

Ya, karena menghilangkan getaran saat mengetik akan membebaskan energi yang biasanya terpakai untuk fitur tersebut, sehingga bisa memperpanjang umur baterai pada hp Xiaomi.

10. Apakah getaran saat mengetik di hp Xiaomi bisa menimbulkan dampak kesehatan bagi pengguna?

Tidak, karena getaran yang dihasilkan hp Xiaomi tidak terlalu kuat atau berbahaya bagi kesehatan pengguna.

11. Apakah mampu menghilangkan getaran saat mengetik bisa membuat layar hp Xiaomi jadi lebih terang?

Tidak, karena menghilangkan getaran tidak berkaitan langsung dengan kualitas layar pada hp Xiaomi.

12. Apakah getaran saat mengetik di hp Xiaomi bisa mengganggu orang di sekitar?

Mungkin, karena getaran yang dihasilkan bisa terdengar cukup keras dan mengganggu ketenangan orang di sekitar.

13. Apa yang harus dilakukan jika getaran hp Xiaomi terus muncul meskipun sudah diatur sesuai selera?

Anda bisa mencoba untuk melakukan restart hp Xiaomi, atau memperbarui sistem operasi ke versi terbaru. Jika masih belum membuahkan hasil, coba untuk menghubungi pihak layanan pengguna Xiaomi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Kesimpulan

Setiap orang pasti mengalami getaran saat mengetik pada layar smartphone mereka. Namun, hal ini dapat membuat kita merasa tidak nyaman terutama jika sedang mengetik pesan panjang atau bekerja dengan aplikasi tertentu. Hal ini biasanya terjadi pada perangkat Xiaomi. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini, mulai dari mengatur fitur getaran pada pengaturan hingga instalasi aplikasi pihak ketiga. Setiap cara memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi gunakanlah yang terbaik untuk Anda.

Penutup

Semua dalam semua, menghilangkan getaran saat mengetik di hp Xiaomi adalah hal yang sangat mungkin dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba, baik yang berasal dari Xiaomi sendiri maupun aplikasi pihak ketiga. Sebelum mencoba semua cara tersebut, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan Anda dan cara apa yang paling cocok dengan gaya mengetik Anda. Dengan mengikuti tips yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menikmati pengalaman mengetik yang lebih nyaman dan lancar di perangkat Xiaomi Anda. Sampai jumpa dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!