Cara Menghilangkan Iklan Google Play dengan Mudah

Salam pembaca, pasti sudah tidak asing lagi dengan iklan Google Play yang muncul di layar perangkat smartphone atau tablet Anda. Kadang iklan-iklan tersebut dirasa mengganggu dan merusak pengalaman browsing yang sedang Anda lakukan. Namun jangan khawatir, kali ini kami akan membagikan tips dan trik tentang cara menghilangkan iklan Google Play yang mengganggu tersebut.

Langkah-Langkah Menghilangkan Iklan Google Play

1. Menonaktifkan Iklan Personalized Ads

Langkah pertama adalah dengan menonaktifkan iklan personalized ads yang memperlihatkan iklan sesuai dengan kebiasaan browsing pengguna. Caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan Google, lalu klik Iklan. Kemudian nonaktifkan opsi Personalized Ads dan Non-Personalized Ads. Dengan begitu, pengguna akan menerima iklan yang tidak disesuaikan dengan kebiasaan browsing yang sering dilakukan.

2. Menghapus Riwayat Pencarian

Langkah kedua adalah dengan menghapus riwayat pencarian yang telah dilakukan. Caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan Google, kemudian pilih Privasi. Selanjutnya klik Aktivitas dan waktu di bawah Riwayat penelusuran Google. Setelah itu, klik hapus semua riwayat dan konfirmasi dengan klik hapus. Dengan begitu, iklan-iklan yang muncul di Google Play tidak akan memperlihatkan hal yang terkait dengan riwayat pencarian pengguna.

3. Menonaktifkan Fitur Suggestive Ads

Langkah ketiga adalah dengan menonaktifkan fitur suggestive ads yang memperlihatkan iklan berdasarkan aplikasi yang sudah diinstal pengguna. Caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan Google, kemudian klik Iklan dan nonaktifkan opsi Suggestive Ads. Dengan begitu, pengguna akan tidak lagi menerima iklan yang berdasarkan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya.

4. Menggunakan Aplikasi Blokir Iklan

Langkah keempat adalah dengan menggunakan aplikasi blokir iklan. Aplikasi seperti AdGuard dan Blokada dapat membantu pengguna menghilangkan iklan di Google Play dan aplikasi lainnya. Caranya adalah dengan memasang aplikasi blokir iklan tersebut, kemudian mendownload dan menggunakan aplikasi Google Play seperti biasa.

5. Membersihkan Cache Aplikasi Google Play

Langkah kelima adalah dengan membersihkan cache aplikasi Google Play. Caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan, kemudian pilih Aplikasi dan temukan aplikasi Google Play. Setelah itu, klik hapus cache dan konfirmasi dengan klik hapus. Dengan membersihkan cache aplikasi Google Play, pengguna akan mendapatkan akses yang lebih cepat dan terhindar dari iklan yang menganggu.

6. Menggunakan Aplikasi Ad-Blocking Browser

Langkah keenam adalah dengan menggunakan aplikasi ad-blocking browser seperti Google Chrome versi baru. Aplikasi tersebut dapat membantu pengguna menghilangkan iklan di Google Play dan website lainnya. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi ad-blocking browser tersebut untuk browsing di Google Play dan website lainnya.

7. Melakukan Rooting Pada Smartphone

Langkah ketujuh adalah dengan melakukan rooting pada smartphone. Rooting dilakukan untuk menghapus iklan Google Play yang dianggap mengganggu. Namun, perlu diingat bahwa rooting dapat menyebabkan hilangnya garansi dari produsen smartphone, sehingga dilakukan dengan risiko sendiri.

8. Membatasi Penggunaan Google Play

Langkah kedelapan adalah dengan membatas penggunaan Google Play. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi alternatif yang tidak menampilkan iklan seperti Aptoide atau APKMirror dan download aplikasi-aplikasi di dalamnya secara manual. Dengan menggunakan aplikasi alternatif tersebut, pengguna akan terhindar dari iklan Google Play yang mengganggu.

9. Menggunakan Aplikasi Ad-Blocking VPN

Langkah kesembilan adalah dengan menggunakan aplikasi ad-blocking VPN seperti NordVPN dan ExpressVPN yang sudah dilengkapi dengan fitur ad-blocking. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengguna akan mendapatkan akses yang lebih cepat dan terhindar dari iklan yang mengganggu.

10. Menonaktifkan Notifikasi Google Play

Langkah kesepuluh adalah dengan menonaktifkan notifikasi Google Play. Caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan, kemudian pilih Aplikasi dan temukan aplikasi Google Play. Setelah itu, klik Nonaktifkan notifikasi dan konfirmasi dengan klik Ya. Dengan menonaktifkan notifikasi, pengguna akan terhindar dari iklan-iklan yang muncul.

11. Melakukan Upgrade Ke Versi Premium

Langkah kesebelas adalah dengan melakukan upgrade ke versi premium. Beberapa aplikasi seperti Spotify dan YouTube memiliki versi premium yang terlepas dari iklan. Caranya adalah dengan membayar biaya langganan bulanan atau tahunan dan pengguna akan terhindar dari iklan Google Play dan aplikasi lainnya.

12. Melakukan Pembelian Aplikasi Tanpa Iklan

Langkah terakhir adalah dengan membeli aplikasi tanpa iklan langsung di Google Play. Beberapa aplikasi memiliki opsi untuk membeli versi tanpa iklan seperti game atau aplikasi pengedit video. Dengan membeli aplikasi tanpa iklan tersebut, pengguna akan terhindar dari iklan Google Play yang mengganggu.

Penjelasan Lainnya

Selain 12 langkah di atas, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan iklan Google Play. Misalnya, selalu menggunakan smartphone dengan baterai penuh, menghapus aplikasi yang tidak diperlukan, dan menghindari download aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Pengguna juga dapat meminta saran dari teknisi smartphone profesional untuk mengetahui cara-cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan iklan Google Play.

Tips dan Trik Tambahan

1. Periksa pengaturan iklan secara berkala

Pengguna disarankan untuk memeriksa pengaturan iklan secara berkala untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan iklan yang diinginkan dan sesuai dengan minat pengguna.

2. Selalu update aplikasi

Pengguna disarankan untuk selalu update aplikasi agar mendapatkan akses yang lebih cepat dan terhindar dari iklan yang tidak diinginkan.

3. Pilih aplikasi yang tidak memiliki iklan tambahan

Pengguna disarankan untuk memilih aplikasi yang tidak memiliki iklan tambahan sehingga pengguna akan terhindar dari iklan yang mengganggu.

4. Pastikan smartphone terlindungi dari virus

Pengguna disarankan untuk memastikan bahwa smartphone terlindungi dari virus dan malware yang dapat menghasilkan iklan yang tidak diinginkan.

5. Gunakan jasa penyedia internet terpercaya

Pengguna disarankan untuk menggunakan jasa penyedia internet terpercaya agar terhindar dari iklan-iklan yang tidak diinginkan.

6. Hindari mengklik iklan yang mencurigakan

Pengguna disarankan untuk menghindari mengklik iklan yang mencurigakan karena iklan tersebut dapat mengakibatkan rusaknya sistem smartphone.

7. Baca ulasan pengguna sebelum mendownload aplikasi

Pengguna disarankan untuk membaca ulasan pengguna sebelum mendownload aplikasi agar mendapatkan informasi mengenai aplikasi tersebut dan memastikan bahwa aplikasi tersebut tidak menghasilkan iklan yang mengganggu.

8. Jaga jarak dengan aplikasi yang meminta izin akses yang tidak perlu

Pengguna disarankan untuk jaga jarak dengan aplikasi yang meminta izin akses yang tidak perlu karena aplikasi tersebut dapat menghasilkan iklan yang mengganggu.

9. Belajar dan memahami fitur pengaturan iklan

Pengguna disarankan untuk belajar dan memahami fitur pengaturan iklan agar pengguna dapat memilih tampilan iklan yang diinginkan dan tidak menganggu pengalaman browsing.

10. Cara termudah untuk menghindari iklan adalah dengan menggunakan aplikasi tanpa iklan langsung dari Google Play

Pengguna disarankan untuk menghindari iklan dengan menggunakan aplikasi tanpa iklan langsung dari Google Play. Dengan cara ini, pengguna akan langsung terhindar dari iklan yang mengganggu.

Demikianlah tips dan trik cara menghilangkan iklan Google Play yang dapat diaplikasikan oleh pengguna smartphone atau tablet. Semoga tips yang diberikan dapat membantu pengguna dalam menghilangkan iklan-iklan Google Play yang mengganggu dan memberikan pengalaman browsing yang lebih menyenangkan.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Menghilangkan Iklan Google Play

Kelebihan

1. Menghilangkan ketidaknyamanan ketika bermain game karena iklan yang sering muncul.

2. Tidak lagi terganggu oleh iklan ketika sedang mendengarkan musik atau menonton video di aplikasi.

3. Mengurangi penggunaan data seluler yang tidak perlu dari iklan yang terus muncul.

4. Membuat tampilan Google Play Store lebih bersih dan profesional.

5. Terhindar dari kemungkinan klik iklan yang salah dan mengunduh aplikasi yang tidak diinginkan.

6. Memberikan kesan privasi karena pengguna tidak lagi melihat iklan yang mungkin tidak relevan.

7. Sugesti positif terhadap aplikasi karena pengguna tidak merasa terganggu dengan iklan lagi.

8. Dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengguna dalam menggunakan layanan Google Play Store.

9. Bisa membantu pengguna fokus pada hal yang sebenarnya mereka butuhkan tanpa terganggu iklan.

10. Meminimalisir kemungkinan spyware atau malware terinstal di perangkat pengguna melalui iklan yang muncul.

Kekurangan

1. Beberapa aplikasi mungkin tidak dapat diakses ketika iklan dinonaktifkan.

2. Tanpa iklan, pengguna mungkin tidak bisa mendapatkan informasi terkini tentang aplikasi dan promosi diskon.

3. Mungkin diperlukan uang untuk menghilangkan iklan di beberapa aplikasi.

4. Banyak iklan yang dapat membantu mempromosikan layanan dan aplikasi baru yang pengguna mungkin tertarik.

5. Dapat mengurangi pendapatan bagi pengembang yang mempromosikan aplikasi atau layanan mereka melalui iklan.

6. Sebuah aplikasi dapat muncul kurang profesional jika bagian iklan dihapus tanpa mempertimbangkan timing dan penempatan iklan.

7. Dapat mengurangi penggunaan aplikasi jika pengguna menemukan cara alternatif untuk menghindari tampilan iklan.

8. Penempatan iklan yang tepat dan relevan dapat membantu pengguna dalam memilih aplikasi yang tepat.

9. Berkurangnya pendapatan iklan dapat mempengaruhi pengembangan dan pembaruan aplikasi dan layanan yang ada.

10. Tanpa iklan, ada kemungkinan bahwa pengguna tidak akan memiliki akses ke beberapa fitur yang lebih baik.

FAQ

1. Apa itu iklan di Google Play?

Iklan di Google Play adalah iklan yang muncul ketika Anda membuka aplikasi di toko aplikasi Google Play. Iklan ini biasanya berupa banner atau video.

2. Mengapa saya harus menghilangkan iklan di Google Play?

Beberapa orang merasa terganggu dengan iklan karena mereka tidak ingin terganggu ketika menggunakan aplikasi. Selain itu, beberapa iklan dapat menjadi mengganggu karena mereka memakan waktu dan data Anda.

3. Apa saja yang harus saya lakukan untuk menghilangkan iklan di Google Play?

Ada beberapa cara untuk menghilangkan iklan di Google Play, seperti membayar aplikasi premium atau menggunakan aplikasi pemblokir iklan.

4. Apakah ada aplikasi tertentu yang bisa saya gunakan untuk menghilangkan iklan di Google Play?

Ya, ada beberapa aplikasi pemblokir iklan yang dapat Anda gunakan seperti AdGuard, Blokada, AdBlock Plus, dan lain-lain.

5. Apakah aplikasi pemblokir iklan legal?

Ya, aplikasi pemblokir iklan legal karena mereka hanya membantu Anda menghapus iklan yang tidak diinginkan.

6. Apakah penggunaan aplikasi pemblokir iklan dapat merusak ponsel saya?

Jangan khawatir, penggunaan aplikasi pemblokir iklan tidak akan merusak ponsel Anda. Namun, pastikan Anda mengunduh aplikasi pemblokir iklan dari sumber yang terpercaya.

7. Dapatkah saya menonaktifkan iklan di Google Play tanpa menggunakan aplikasi pemblokir iklan?

Ya, Anda bisa menonaktifkan iklan di Google Play dengan membeli atau membayar aplikasi premium yang tersedia.

8. Apa saja keuntungan menggunakan aplikasi pemblokir iklan?

Keuntungan menggunakan aplikasi pemblokir iklan adalah bahwa Anda tidak akan lagi terganggu dengan iklan yang mengganggu dan memakan waktu Anda. Selain itu, penggunaan aplikasi pemblokir iklan dapat menghemat kuota data Anda.

9. Apakah saya harus membayar untuk menggunakan aplikasi pemblokir iklan?

Beberapa aplikasi pemblokir iklan gratis, namun biasanya aplikasi pemblokir iklan yang efektif membutuhkan biaya untuk digunakan.

10. Apakah semua aplikasi di Google Play menampilkan iklan?

Tidak semua aplikasi di Google Play menampilkan iklan. Namun, kebanyakan aplikasi yang gratis menampilkan iklan.

11. Apakah penggunaan aplikasi pemblokir iklan akan mempengaruhi pendapatan pembuat aplikasi?

Ya, penggunaan aplikasi pemblokir iklan dapat mempengaruhi pendapatan pembuat aplikasi karena mereka tidak lagi mendapatkan uang dari iklan yang ditampilkan dalam aplikasi mereka.

12. Apakah penggunaan aplikasi pemblokir iklan dilarang oleh Google Play?

Tidak, Google Play tidak melarang penggunaan aplikasi pemblokir iklan. Namun, mereka menyarankan pengguna untuk memilih aplikasi pemblokir iklan yang aman dan terpercaya.

13. Apakah saya harus menggunakan aplikasi pemblokir iklan di setiap ponsel yang saya gunakan?

Tidak harus. Penggunaan aplikasi pemblokir iklan adalah pilihan pribadi. Namun, jika Anda merasa terganggu dengan iklan di ponsel Anda, Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi pemblokir iklan pada setiap ponsel yang Anda miliki.

Kesimpulan

Jadi, dengan mengikuti beberapa cara di atas, Anda dapat menghilangkan iklan Google Play dengan mudah. Anda dapat menghentikan iklan yang mengganggu dan menjadikan pengalaman menggunakan smartphone Anda lebih nyaman dan menyenangkan. Ingatlah bahwa beberapa aplikasi mungkin membutuhkan iklan untuk mendukung pengembangan dan pengoperasian mereka. Jadi, jika Anda benar-benar ingin menghilangkan iklan, pastikan untuk memilih aplikasi berbayar atau menonton iklan sesekali sebagai bentuk dukungan.

Penutup

Sekarang Anda telah mengetahui cara menghilangkan iklan di Google Play, Anda dapat memutuskan sendiri apakah ingin melakukannya atau tidak. Ingatlah bahwa sebagai pengguna, Anda berhak untuk memilih pengalaman yang Anda inginkan. Namun, pastikan untuk membatasi penggunaan Anda dan menggunakan smartphone dengan bijak. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya!