Cara Menghilangkan Iklan yang Sering Muncul di HP Oppo

Salam pembaca yang budiman. Adakah di antara kalian yang pernah merasa terganggu dengan iklan-iklan yang sering muncul di ponsel Oppo kalian? Dalam dunia digital, iklan memang sudah menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Namun, terkadang kita merasa menyebalkan ketika iklan muncul secara bertubi-tubi dan mengganggu aktivitas yang sedang kita lakukan. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips tentang cara menghilangkan iklan yang sering muncul di hp Oppo yang dapat kalian coba sendiri di rumah. Yuk, simak ulasannya!

Langkah-langkah

1. Menggunakan Fitur Native

Agar tidak terganggu dengan iklan, kamu dapat memanfaatkan fitur bawaan di ponsel Oppo kamu. Caranya dengan masuk ke menu Settings, lalu klik Additional Settings. Setelah itu, pilih Privacy dan Personalization. Terakhir, aktifkan fitur Personal Hotspot Promotion dan Wi-Fi Shared Promotion.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur native, kamu juga dapat menginstall aplikasi pihak ketiga seperti Adaway atau Blokada untuk menghilangkan iklan di hp Oppo kamu. Namun, pastikan untuk mengunduh aplikasi tersebut dari sumber yang terpercaya.

3. Membersihkan Cache dan Data Aplikasi

Iklan yang sering muncul bisa jadi disebabkan oleh cache atau data aplikasi yang menumpuk di ponsel kamu. Kamu dapat membersihkannya dengan masuk ke menu Settings, lalu klik Additional Settings dan pilih App Management. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin dibersihkan dan pilih opsi Clear Cache atau Clear Data.

4. Menggunakan Aplikasi Browser yang Mendukung Ad-Blocking

Pilihan selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi browser yang mendukung ad-blocking seperti Brave Browser atau Mozilla Firefox. Aplikasi tersebut dapat membantu kamu untuk menghilangkan iklan yang sering muncul di hp Oppo kamu.

5. Menggunakan DNS Crypt

DNS Crypt adalah aplikasi yang dapat membantu kamu untuk menghilangkan iklan dan melindungi privasi kamu. Kamu dapat menginstall aplikasi ini dan melakukan konfigurasi pada menu Settings di ponsel Oppo kamu.

6. Mendaftarkan Nomor Telepon di Dalam Negeri

Iklan yang sering tampil di hp Oppo kamu bisa jadi disebabkan oleh nomor telepon kamu yang terdaftar di luar negeri. Kamu dapat mengubah nomor telepon kamu dan mendaftarkannya di dalam negeri sehingga akan mengurangi jumlah iklan yang muncul di hp Oppo kamu.

7. Mengaktifkan Mode Penghemat Baterai

Mode penghemat baterai yang ada pada ponsel Oppo kamu dapat membantu kamu untuk mengurangi jumlah iklan yang muncul di hp kamu. Dalam mode tersebut, aplikasi dan iklan akan secara otomatis diblokir.

8. Mengubah Pengaturan Pribadi

Pada menu Settings, kamu dapat mengubah pengaturan privasi kamu dengan mengaktifkan fitur Private DNS dan DNS over HTTPS. Dengan begitu, kamu dapat memblokir iklan yang sering muncul di hp Oppo kamu.

9. Menggunakan Aplikasi Firewall

Aplikasi firewall seperti NetGuard atau NoRoot Firewall bisa membantu kamu untuk memblokir iklan yang sering muncul di hp Oppo kamu. Aplikasi tersebut dapat membantu mengatur lalu lintas data dan memblokir iklan secara efektif.

10. Mengaktifkan Mode Pesawat

Kamu juga dapat mematikan jaringan internet kamu dengan mengaktifkan mode pesawat pada hp Oppo kamu. Dalam mode tersebut, iklan akan secara otomatis terblokir sehingga kamu tidak akan terganggu lagi dengan iklan yang muncul secara tidak diinginkan.

11. Menonaktifkan Push Notifications

Iklan yang muncul di hp Oppo kamu bisa jadi disebabkan oleh push notifications dari aplikasi tertentu. Kamu dapat mematikan notifikasi push dari aplikasi tersebut dengan masuk ke menu Settings, lalu klik Notification and Status Bar, dan pilih aplikasi yang ingin diblokir.

12. Membayar Versi Premium dari Aplikasi

Pilihan terakhir adalah dengan membayar versi premium dari aplikasi yang kamu gunakan. Dengan begitu, kamu tidak akan lagi terganggu dengan iklan-iklan yang muncul di lingkungan digital kamu.

Tips dan Trik

1. Perbarui Sistem Operasi

Pastikan untuk selalu mengupdate sistem operasi pada hp Oppo kamu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan fitur baru dan dapat memperbaiki bug yang ada pada sistem operasi kamu.

2. Batasi Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi pihak ketiga di hp Oppo kamu. Hal ini dapat memperbesar risiko adware dan malware yang dapat mengganggu aktivitas kamu.

3. Hindari Mengunduh Aplikasi dari Sumber yang Tidak Terpercaya

Pastikan untuk selalu mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya. Hindari mengunduh aplikasi dari situs-situs yang tidak jelas karena dapat membahayakan hp Oppo kamu.

4. Jangan Menginstall Aplikasi yang Tidak Diketahui

Sebelum menginstall aplikasi, pastikan kamu sudah memeriksa reputasi pengembang dan review dari aplikasi tersebut. Hindari menginstall aplikasi yang tidak kamu kenal atau tidak dipublikasikan secara resmi.

5. Gunakan VPN untuk Melindungi Privasi

Gunakan VPN untuk melindungi privasi kamu saat browsing internet. VPN dapat membantu kamu untuk menghindari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang berusaha mengakses informasi pribadi kamu.

6. Batasi Penggunaan Jaringan Publik

Hindari penggunaan jaringan publik yang tidak terenkripsi. Gunakan jaringan Wi-Fi milik kamu sendiri atau jangan lupa mengaktifkan VPN saat menggunakan jaringan publik.

7. Mendaftar ke Layanan Do Not Call Registry

Mendaftar ke layanan Do Not Call Registry dapat membantu mengurangi jumlah iklan yang muncul di hp Oppo kamu. Layanan tersebut akan memblokir panggilan dan pesan berbasis iklan.

8. Hindari Men-download File Tidak Diketahui

Hindari men-download file yang tidak kamu kenal atau tidak dipublikasikan secara resmi. Hal ini dapat membahayakan privasi dan keamanan hp Oppo kamu.

9. Jangan Memasukkan Informasi Pribadi di Situs yang Tidak Terpercaya

Jangan memasukkan informasi pribadi di situs-situs yang tidak terpercaya. Hal ini dapat membahayakan privasi kamu dan membuat kamu rentan terhadap penipuan.

10. Lakukan Scanning Rutin pada Hp Oppo Kamu

Lakukan scanning rutin pada hp Oppo kamu untuk memastikan tidak ada virus atau malware yang berbahaya yang terpasang di hp kamu.

Itulah 12 cara menghilangkan iklan yang sering muncul di hp Oppo beserta tips dan trik yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Menghilangkan Iklan yang Sering Muncul di HP Oppo: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Menghilangkan gangguan iklan yang seringkali mengganggu aktivitas pengguna HP Oppo.

2. Menjaga privasi pengguna karena iklan tidak lagi muncul secara tiba-tiba.

3. Dapat membuat pengguna lebih fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas yang ingin dilakukan.

4. Mengurangi penggunaan data internet pada saat iklan muncul secara otomatis.

5. Meningkatkan kenyamanan dan kestabilan saat menggunakan HP Oppo.

6. Memperpanjang umur baterai HP Oppo karena iklan tidak lagi menguras daya baterai.

7. Mempercepat waktu akses pengguna karena tidak lagi harus menunggu munculnya iklan.

8. Menjaga kualitas visual dan pengalaman pengguna akibat iklan yang seringkali datang dalam format yang mengganggu.

9. Memperkecil risiko terinfeksi virus dan malware yang ditularkan melalui iklan berbahaya.

10. Menjaga keamanan data dan informasi pengguna dari iklan yang dapat meminta akses ke data pengguna secara tidak sah.

Kekurangan

1. Kekurangan dari cara menghilangkan iklan di HP Oppo adalah pengguna akan kehilangan informasi dan pengetahuan dari iklan yang muncul secara otomatis.

2. Pengguna akan kurang mengetahui produk dan layanan dari iklan yang seringkali muncul.

3. Iklan bisa menjadi sumber informasi dan hiburan yang tanpa kita sadari.

4. Menghilangkan iklan secara total dari HP Oppo juga mengurangi sumber pendapatan bagi para pemilik bisnis dan pengiklan.

5. Tidak semua iklan yang muncul secara otomatis dianggap mengganggu karena ada beberapa iklan yang informatif dan berguna bagi pengguna HP Oppo.

6. Ada beberapa iklan yang membutuhkan interaksi pengguna, misalnya pengisian survey atau pengumpulan informasi, yang tidak dapat diambil manfaatnya jika iklan dihilangkan secara total dari HP Oppo.

7. Bagi pengguna yang membutuhkan uang tambahan, iklan juga bisa menjadi cara mendapatkan penghasilan tambahan dengan memasang aplikasi iklan.

8. Dalam beberapa kasus, menghilangkan iklan di HP Oppo dapat membutuhkan biaya atau memerlukan aplikasi atau software tambahan yang harus diunduh dan diinstal oleh pengguna HP Oppo.

9. Tidak semua aplikasi penghilang iklan aman dan dapat merusak sistem operasi atau menyebabkan masalah lain pada HP Oppo.

10. Pengguna juga perlu memahami risiko dan bahaya dari potensi kehilangan data atau informasi penting jika mereka menggunakan aplikasi atau metode penghilang iklan yang tidak terpercaya.

FAQ

1. Mengapa iklan sering muncul di hp Oppo?

Iklan yang muncul di hp Oppo biasanya disebabkan oleh aplikasi yang terinstal di perangkat Anda. Beberapa aplikasi memiliki fitur iklan yang memungkinkan pengembangnya untuk memasang iklan di aplikasi tersebut.

2. Apakah iklan di hp Oppo berbahaya?

Tidak selalu. Namun, beberapa iklan mungkin mengandung malware atau virus yang berbahaya bagi perangkat Anda dan informasi pribadi Anda. Oleh karena itu, lebih baik untuk membersihkan iklan di hp Oppo Anda.

3. Apa yang bisa saya lakukan untuk menghilangkan iklan di hp Oppo?

Anda dapat melakukan beberapa hal untuk menghilangkan iklan yang sering muncul di hp Oppo Anda, seperti menghapus aplikasi yang menyebabkan iklan atau memasang aplikasi yang dapat membersihkan iklan seperti AdBlocker atau Blokada.

4. Bagaimana cara mengetahui aplikasi apa yang menyebabkan iklan di hp Oppo?

Anda dapat mengetahui aplikasi yang menyebabkan iklan di hp Oppo dengan cara melakukan pengamatan dan mengidentifikasi aplikasi mana yang sering menampilkan iklan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi yang dapat mengetahui aplikasi mana yang menyebabkan banyak iklan.

5. Adakah aplikasi yang aman dan tidak menampilkan iklan di hp Oppo?

Ya, ada. Tidak semua aplikasi menampilkan iklan. Ada beberapa aplikasi yang aman untuk pengguna dan tidak menampilkan iklan, seperti aplikasi dari Google.

6. Apakah cara termudah untuk menghilangkan iklan di hp Oppo adalah dengan menghapus aplikasi?

Menghapus aplikasi yang menyebabkan iklan adalah salah satu cara termudah untuk menghilangkan iklan di hp Oppo Anda. Namun, Anda harus memperhatikan bahwa terkadang tidak semua aplikasi menyebabkan iklan dan menghapus aplikasi yang berguna bisa berdampak besar pada perangkat Anda.

7. Bagaimana cara memasang aplikasi AdBlocker atau Blokada di hp Oppo?

Anda dapat memasang AdBlocker atau Blokada dengan cara mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Playstore atau situs resmi pengembang. Setelah terpasang, Anda dapat mengaktifkan aplikasi tersebut dan menikmati pengalaman menggunakan hp Oppo tanpa iklan.

8. Apakah ada risiko bagi hp Oppo jika saya memasang aplikasi AdBlocker atau Blokada?

Tidak, tidak ada risiko bagi hp Oppo Anda ketika memasang aplikasi AdBlocker atau Blokada. Aplikasi tersebut aman dan tidak akan merusak sistem operasi atau data Anda.

9. Apakah hp Oppo saya akan lebih lambat jika saya memasang aplikasi AdBlocker atau Blokada?

Tidak, hp Oppo Anda tidak akan menjadi lebih lambat ketika memasang aplikasi AdBlocker atau Blokada. Aplikasi tersebut dirancang untuk bekerja secara efisien dan tidak akan mempengaruhi kinerja perangkat Anda.

10. Apakah Blokada memerlukan akses root untuk bekerja di hp Oppo?

Tidak, Blokada tidak memerlukan akses root untuk bekerja di hp Oppo. Anda dapat mengunduh dan mengaktifkan aplikasi tersebut tanpa harus melakukan akses root pada perangkat Anda.

11. Apakah saya bisa mengembalikan iklan di hp Oppo setelah menghilangkan iklan?

Ya, tentu saja. Anda bisa mengaktifkan iklan kembali pada hp Oppo Anda dengan cara memasang aplikasi yang menyebabkan iklan atau mengaktifkan iklan di pengaturan pribadi Anda.

12. Apa yang harus saya lakukan jika iklan masih muncul meskipun telah menghapus aplikasi?

Anda dapat mencoba membersihkan cache dan data pada aplikasi tertentu atau melakukan reset pengaturan pabrik pada hp Oppo Anda untuk menghilangkan iklan yang masih muncul.

13. Apakah cara menghapus iklan di hp Oppo berbeda dengan cara menghapus iklan di perangkat lain?

Tidak, cara menghapus iklan di hp Oppo tidak jauh berbeda dengan cara menghapus iklan di perangkat Android lainnya. Anda hanya perlu mengidentifikasi aplikasi yang menyebabkan iklan dan melakukan penghapusan atau memasang aplikasi AdBlocker atau Blokada.

Kesimpulan

Demikianlah cara menghilangkan iklan yang sering muncul di hp Oppo. Selain mengubah pengaturan privasi di aplikasi yang sering menampilkan iklan, juga ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu menghilangkan iklan tersebut. Namun, pastikan untuk memilih aplikasi dari sumber yang terpercaya dan mempertimbangkan dampaknya terhadap performa dan keamanan perangkat Anda.

Tidak hanya mengganggu pengalaman pengguna, iklan yang sering muncul juga bisa menguras data dan baterai perangkat Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatasi masalah ini dengan tepat dan efektif. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan Anda dapat menikmati penggunaan hp Oppo dengan lebih nyaman dan lancar.

Penutup

Sekian artikel tentang cara menghilangkan iklan yang sering muncul di hp Oppo. Semoga informasi yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan iklan di perangkat Oppo Anda. Apabila Anda memiliki tips atau pengalaman lain terkait masalah ini, jangan ragu untuk berbagi dengan kami dan pembaca lainnya melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa!