Cara Menghilangkan Jetlag: Tips untuk Menjadi Terjaga di Zona Waktu Baru

Salam hangat untuk para pembaca setia kita! Dalam dunia perjalanan, jetlag kerap menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi saat tiba di negara atau kota baru. Jetlag sendiri adalah kondisi ketika tubuh mengalami ketidaknyamanan akibat perubahan waktu dan zona waktu yang berbeda ketika kita berpindah dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Namun, tak perlu khawatir karena masih ada cara-cara untuk menghilangkan jetlag. Berikut adalah 12 langkah-langkah ampuh yang bisa dipraktekkan saat kita mengalami jetlag.

Langkah-Langkah Menghilangkan Jetlag

1. Tetap Terhidrasi

Saat berada di dalam pesawat, jangan lupa untuk minum air yang cukup. Ketika kita jauh dari zona waktu biasa, tubuh kami akan lebih membutuhkan cairan untuk mempercepat proses penyesuaian waktu. Hal ini juga dapat membantu tubuh untuk tetap segar dan terhindar dari dehidrasi.

2. Sinar Matahari adalah Temanmu

Matahari memiliki peran penting dalam mengatur jam biologis manusia. Karena itu, tunggu waktu yang tepat untuk tidur dan bangun seiring dengan jam matahari di tempat tujuan akhir Anda. Begitu tiba di tempat destinasi, keluarlah mencari sinar matahari dan nikmati keindahan alam setempat. Ini bisa membantu tubuh menjaga ritme alami Anda.

3. Jangan Terlalu Banyak Merencanakan Aktivitas di Hari Pertama

Ketika tiba di tempat tujuan, sangat penting untuk membuat jadwal yang bisa membantu kita beradaptasi dengan perubahan waktu. Cobalah untuk merencanakan kegiatan ringan di hari pertama seperti jalan-jalan santai, berbelanja, atau bahkan istirahat sepanjang hari. Agar tubuh dapat beradaptasi secara alami dengan waktu baru.

4. Tetap Tenang dan Relaks

Stres bisa memperparah efek dari jetlag, maka tetaplah tenang dan relaks saat tiba di tempat tujuan. Tempatkan barang-barang Anda di tempat yang aman dan nyaman untuk bersantai sejenak. Perbanyak relaksasi dan tidur agar tubuh dapat kembali fit.

5. Gunakan Earplugs atau Masker Mata

Benda-benda seperti earplugs atau masker mata bisa membantu kita merasa lebih nyaman saat berada di pesawat. Dalam penerbangan jarak jauh, hiruk pikuk di pesawat bisa berpengaruh pada kenyamanan dan kualitas istirahat. Oleh karenanya, bantuan earplugs atau masker mata bisa menghilangkan beberapa gangguan tersebut.

6. Tidur dengan Jam yang Tepat

Ketika tiba di tempat tujuan, sebisanya cobalah tidur dengan jam yang tepat. Misalnya di mana kita biasa tidur jam 11 malam, maka saat tiba di destinasi sekitar jam 10 malam, sudah waktunya untuk tidur. Mengatur jadwal tidur secara teratur akan membantu tubuh kembali beradaptasi dengan zona waktu setempat.

7. Konsumsi Makanan Ringan Tapi Sehat

Pergantian zona waktu dapat membuat perubahan dalam nafsu makan kita. Karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan ringan tapi sehat untuk menjaga keseimbangan nutrisi tubuh. Cobalah untuk menghindari makanan berat seperti makanan berlemak, terlalu banyak gula atau kafein.

8. Buka Jendela Kamar Anda

Hindari memasang tirai untuk jangka waktu yang lama ketika tiba di tempat tujuan. Pasang tirai jendela sedikit terbuka sehingga sinar matahari pagi dapat masuk ke dalam kamar tidur. Udara segar dan hangat dapat membantu tubuh Anda beradaptasi dengan lingkungan baru.

9. Berolahraga Ringan

Sedikit gerakan bisa membantu dalam membuang kelelahan dan membantu memulihkan energi Anda. Jika kondisi tubuh memungkinkan, cobalah untuk berjalan-jalan di sekitar hotel atau jogging singkat. Gerakan kecil seperti ini dapat membantu tubuh beradaptasi secara mental dan fisik.

10. Hindari Alkohol dan Tembakau

Ketika kita merasa capek atau mengantuk sesuai dengan zona waktu di tempat kita berada, sering kali ingin minum minuman beralkohol atau merokok tembakau. Padahal, alkohol dan tembakau akan membuat tubuh menjadi lebih lelah dan tidak sehat, terutama saat mengalami jetlag.

11. Gunakan Aromaterapi

Aromaterapi bisa membantu tubuh menjadi lebih tenang dan santai. Misalnya dengan menggunakan minyak aromaterapi seperti lavender atau chamomile. Selain itu, menggunakan lilin aromaterapi juga bisa jadi pilihan untuk menciptakan suasana yang lebih santai.

12. Kurangi Konsumsi Suplemen Tidur

Meski konsumsi suplemen tidur bisa membantu tubuh lebih cepat mengantuk, jangan terlalu bergantung padanya. Setiap jenis suplemen tidur memiliki efek sampingnya masing-masing, dan bisa membuat tubuh menjadi lebih lelah setelah bangun tidur. Sebaiknya, gunakan suplemen tidur dengan bijak dan sesuai anjuran dokter.

Tips dan Trik Untuk Menghilangkan Jetlag

1. Pilih Penerbangan Bertepatan dengan Arah Matahari

Ketika kita terbang dengan pesawat, semakin jauh kita diangkut dari zona waktu asli, semakin berat tubuh kita untuk beradaptasi. Memilih waktu terbang yang bertepatan dengan arah matahari bisa membantu tubuh untuk lebih cepat beradaptasi dengan perubahan waktu.

2. Buatlah Jadwal dan Lakukan Persiapan Sebelum Berangkat

Membuat jadwal perjalanan dan persiapan sebelum berangkat penting dalam mengatasi jetlag. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik, seperti mengubah jadwal tidur beberapa minggu sebelumnya pelan-pelan, memilih penerbangan yang nyaman dan memilih waktu terbang yang sesuai, serta membicarakan perjalanan Anda dengan dokter.

3. Pijat Sambil Merendam Kaki

Pijat refleksi kaki bisa membantu Anda merasa lebih rileks dan sehat. Cobalah untuk membiarkan kaki Anda direndam di dalam air yang hangat dan dipijat secara ringan. Hal ini dapat membantu menyembuhkan kelelahan pada kaki serta membantu tubuh merasa lebih tenang.

4. Ciptakan Suasana yang Nyaman dan Tenang

Membuat suasana nyaman dan tenang dapat membantu tubuh lebih cepat beradaptasi dengan zona waktu di tempat tujuan. Maka, pastikan hotel atau tempat menginap Anda nyaman dan memiliki setting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Merencanakan Jadwal Tidur dan Waktu Makan dengan Baik

Sebelum berangkat, perhatikan jadwal tidur dan waktu makan Anda. Sesuaikan dengan jadwal di tempat tujuan Anda. Hal ini akan membantu tubuh untuk lebih cepat beradaptasi dengan perubahan zona waktu.

6. Kurangi konsumsi kafein dan alkohol

Menghindari kopi atau alkohol adalah hal yang bijak saat mengalami jetlag. Kafein dan alkohol mempunyai efek yang kuat pada tubuh dan dapat menguras energi serta mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

7. Tidur dengan Posisi yang Tepat

Sebaiknya tidur dalam posisi yang tepat, seperti tidur telentang yang membantu memperbaiki sirkulasi darah di tubuh. Cara ini membantu tubuh untuk merasa lebih nyaman dan beradaptasi lebih cepat dengan lingkungan baru.

8. Luangkan Waktu untuk Berolahraga

Berolahraga diluar ruangan dapat membantu tubuh beradaptasi dan mempercepat proses aklimatisasi pada lingkungan baru. Selain itu, kegiatan olahraga dapat membantu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

9. Jangan Terlalu Banyak Berleha-leha

Berleha-leha di kamar dapat membuat tubuh akan sulit beradaptasi dengan perubahan zona waktu. Cobalah untuk melakukan kegiatan ringan serta menjaga waktu istirahat tetap tepat agar tubuh dapat beradaptasi secara alami.

10. Hindari Begadang Sebelum Berangkat

Hindari keluar atau menunda jam tidur malam sebelum berangkat pada keesokan harinya. Begadang hanya akan membuat tubuh terlelah dan lebih sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, yang kan memperburuk efek dari jetlag.

Demikianlah 12 langkah-langkah ampuh dan tips menghilangkan jetlag yang bisa menolong Anda jika mengalami kondisi ini saat traveling. Dengan melakukan setiap langkah-langkah tersebut, Anda akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan waktu dan memaksimalkan pengalaman perjalanan Anda. Selamat merencanakan liburan Anda!

Cara Menghilangkan Jetlag: Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan

1. Bermanfaat bagi pebisnis yang sering bepergian ke luar negeri, karena dapat membantu tubuh beradaptasi dengan perbedaan waktu dan mempertahankan produktivitas kerja.

2. Mengurangi gejala-gejala buruk seperti lelah, sakit kepala, dan gangguan tidur akibat perubahan waktu dan lingkungan.

3. Tidak memerlukan biaya mahal dan dapat dilakukan dengan mudah di rumah atau dalam perjalanan.

4. Membantu tubuh memulihkan energi setelah terkena jetlag dan mengembalikan waktu tidur normal.

5. Mengurangi risiko mengalami gangguan kesehatan seperti masalah pencernaan dan kelelahan kronis.

Kekurangan

1. Tidak selalu efektif bagi semua orang karena respon tubuh pada waktu, lingkungan, dan perjalanan dapat bervariasi.

2. Dapat menimbulkan efek samping seperti sakit kepala atau kelelahan akibat mengubah pola tidur secara drastis dalam waktu singkat.

3. Perlu disesuaikan dengan jadwal perjalanan yang padat dan waktu perjalanan yang singkat.

4. Terkadang sulit untuk tetap konsisten saat di perjalanan karena faktor-faktor seperti keterbatasan waktu dan akses ke sumber makanan dan minuman tertentu.

5. Tidak dapat menghilangkan sepenuhnya gejala jetlag dan hanya dapat membantu menguranginya.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan di atas, cara menghilangkan jetlag dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, hal ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh masing-masing serta dipertimbangkan pula faktor-faktor tertentu seperti jadwal perjalanan dan lingkungan sekitar yang dapat memengaruhi efektivitasnya. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu sebelum mencoba cara ini.

FAQ

1. Apa itu jetlag?

Jetlag adalah gangguan yang terjadi pada tubuh saat bepergian melintasi beberapa zona waktu. Tubuh menjadi tidak sinkron dengan jam biologis karena adanya perbedaan waktu tersebut.

2. Apa gejala dari jetlag?

Gejala jetlag bisa berupa kelelahan, sulit tidur di malam hari, sulit berkonsentrasi, sakit kepala, merasa lapar saat makanan seharusnya tidak disantap, dan gangguan pencernaan.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari jetlag?

Waktu untuk pulih dari jetlag tergantung pada berapa banyak zona waktu yang ditempuh. Biasanya tubuh membutuhkan waktu satu hari untuk beradaptasi dengan satu zona waktu.

4. Apa yang bisa dilakukan sebelum melakukan perjalanan agar terhindar dari jetlag?

Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah mengatur jadwal tidur dan makan, minum air yang cukup, dan berolahraga. Selain itu, menghindari konsumsi alkohol dan kafein juga dapat membantu menghindari jetlag.

5. Apakah bisa menghindari jetlag dengan cara mengubah waktu tidur secara bertahap sebelum melakukan perjalanan?

Ya, mengubah waktu tidur secara bertahap beberapa hari sebelum melakukan perjalanan dapat membantu tubuh beradaptasi dengan perubahan waktu zona.

6. Bagaimana cara mengatasi jetlag saat tiba di tempat tujuan?

Beberapa cara mengatasi jetlag saat tiba di tempat tujuan antara lain dengan melakukan aktivitas fisik ringan di pagi hari, menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, dan menghindari tidur di siang hari.

7. Apakah jamur reishi bisa membantu mengatasi jetlag?

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa jamur reishi dapat membantu mengatasi jetlag secara efektif.

8. Apakah obat-obatan tertentu bisa membantu mengatasi jetlag?

Beberapa obat-obatan tertentu seperti melatonin dapat membantu mengatasi jetlag. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

9. Apakah bisa menghindari jetlag dengan cara tidur di pesawat selama penerbangan?

Tidur di pesawat dapat membantu mengurangi dampak jetlag. Namun, sebaiknya tidur di malam hari saat di tempat tujuan untuk membantu tubuh beradaptasi dengan waktu setempat.

10. Bagaimana cara mengatur jadwal tidur saat tiba di tempat tujuan?

Saat tiba di tempat tujuan, sebaiknya mengatur jadwal tidur sesuai dengan waktu setempat. Jangan tidur di siang hari dan hindari konsumsi alkohol atau kafein sebelum tidur.

11. Apakah olahraga bisa membantu mengatasi jetlag?

Ya, olahraga dapat membantu mengurangi dampak jetlag. Namun, sebaiknya melakukan aktivitas fisik secara perlahan dan menghindari olahraga terlalu berat yang dapat membuat tubuh lebih lelah.

12. Apakah mengonsumsi minuman bersoda bisa memperburuk jetlag?

Ya, mengonsumsi minuman bersoda dapat memperburuk jetlag karena dapat membuat tubuh lebih sulit mencerna makanan dan juga membuat tubuh lebih dehidrasi.

13. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tubuh beradaptasi dengan waktu setempat?

Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk beradaptasi dengan waktu setempat berbeda-beda tergantung pada individu. Namun secara umum, tubuh membutuhkan waktu dua hingga tiga hari untuk beradaptasi dengan perubahan waktu setempat.

Kesimpulan

Jetlag bisa mengganggu kesehatan tubuh dan merusak perjalanan minim jadwal padat. Namun, dengan cara-cara di atas, Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan jetlag. Berikut adalah kesimpulan dari tulisan ini:

Cara pertama untuk menghindari jetlag adalah dengan tidur cukup sebelum terbang dan menjaga pola tidur sebelum dan sesudah perjalanan. Cara kedua adalah dengan minum banyak air dan mengurangi konsumsi alkohol dan kafein dalam pesawat. Selain itu, Anda dapat mengambil suplemen seperti melatonin.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan beberapa gerakan ringan selama penerbangan dan mencari cahaya terang setelah tiba di tujuan. Banyak perusahaan menggunakan terapi cahaya untuk membantu pekerja mereka untuk beradaptasi dengan zona waktu yang berbeda dengan cepat.

Dalam sebuah perjalanan, jetlag bisa menjadi momok yang menakutkan, tetapi tidak harus merusak perjalanan Anda. Dengan beberapa tips dan trik ini, Anda dapat menghilangkan jetlag sehingga Anda bisa fokus pada liburan atau perjalanan bisnis Anda.

Penutup

Jangan biarkan jetlag mengganggu perjalanan Anda! Dengan cara-cara tadi, Anda bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan jetlag selama perjalanan Anda dan memastikan Anda siap untuk menikmati hal-hal yang baru di tempat tujuan. Selain itu, jangan lupa untuk beristirahat dan beristirahat setelah tiba di tujuan. Sampai jumpa dan selamat berlibur!