Cara Menghilangkan Last Seen di Instagram

Namaste, pembaca yang terhormat! Terima kasih banyak telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel kami pada hari ini. Apakah Anda seorang pengguna Instagram yang aktif? Jika iya, maka Anda pasti tahu tentang fitur Last Seen yang menunjukkan kapan Anda terakhir kali aktif di Instagram. Namun, mungkin saja ada beberapa alasan mengapa Anda ingin menghilangkan fitur ini. Apa pun alasannya, Anda telah datang ke tempat yang tepat!

Berikut ini adalah 12 langkah-langkah mudah untuk menghilangkan Last Seen di Instagram. Ikuti panduan ini dengan saksama dan Anda akan segera mempelajari teknik baru untuk meningkatkan privasi Anda di Instagram.

Langkah-Langkah untuk Menghilangkan Last Seen di Instagram

Langkah 1: Buka Aplikasi Instagram

Untuk memulai, buka aplikasi Instagram seperti biasa. Pastikan bahwa Anda telah masuk ke akun Anda.

Langkah 2: Buka Profil

Setelah membuka aplikasi, klik ikon profil di sudut kanan bawah layar.

Langkah 3: Klik Menu

Setelah membuka profil, klik ikon menu yang terletak di sudut kanan atas layar.

Langkah 4: Cari & Klik Pengaturan

Setelah membuka menu, gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Pengaturan”. Klik opsi tersebut.

Langkah 5: Pilih Privasi

Dalam menu pengaturan, sekarang Anda harus memilih pilihan “Privasi”.

Langkah 6: Klik Aktivitas Status

Dalam opsi Privasi, pilih “Aktivitas Status”.

Langkah 7: Ubah Status Aktivitas

Di bawah opsi “Aktivitas Status”, Anda akan menemukan opsi untuk memilih siapa yang dapat melihat status aktivitas terakhir Anda. Pilih “Hemat Data” untuk menghilangkan Last Seen Anda dari semua pengikut Instagram Anda.

Langkah 8: Matikan Status Aktif

Jika Anda ingin benar-benar menghilangkan fitur Last Seen di Instagram, Anda harus mematikannya sepenuhnya. Untuk melakukannya, pergi ke “Aktivitas Status” dan klik opsi “Matikan Status Aktif”.

Langkah 9: Coba Instagram Stealth Mode

Untuk benar-benar menghilangkan Last Seen Anda di Instagram dan menjadi lebih rahasia, Anda bisa mencoba menggunakan Stealth Mode. Ini adalah aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk menggunakan Instagram secara anonim dan tanpa fitur Last Seen.

Langkah 10: Gunakan Mode Pesawat

Mode pesawat adalah cara lain untuk menghilangkan Last Seen dengan cepat dan mudah. Cukup aktifkan mode pesawat pada ponsel Anda sebelum membuka aplikasi Instagram. Dengan cara ini, Anda bahkan dapat melihat pesan Anda tanpa menampilkan status online terakhir Anda.

Langkah 11: Nonaktifkan “Aktivitas di Instagram” di Facebook

“Aktivitas di Instagram” adalah fitur baru di Facebook yang memungkinkan Anda untuk melihat aktivitas terbaru dari akun Instagram yang terhubung ke akun Facebook Anda. Jika Anda ingin benar-benar menghilangkan Last Seen di Instagram, pastikan juga untuk mematikan opsi ini di aplikasi Facebook Anda.

Langkah 12: Log Out dari Instagram

Jika Anda memilih untuk log out dari aplikasi Instagram di perangkat Anda, maka otomatis Last Seen Anda juga akan hilang. Di sisi lain, Anda juga harus memperhatikan bahwa ini berarti Anda harus masuk ke Instagram setiap kali ingin menggunakannya.

Penjelasan dan Tips Tambahan

Sekarang bahwa Anda telah mempelajari langkah-langkah untuk menghilangkan Last Seen di Instagram, mungkin perlu juga untuk mengetahui beberapa tips tambahan. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda meningkatkan privasi dan keamanan di Instagram.

Tips 1: Nonaktifkan Tag

Anda dapat memilih untuk menonaktifkan opsi “Tag” pada Instagram untuk menghindari terlalu banyak orang yang muncul di foto Anda.

Tips 2: Batasi Komentar

Anda dapat membatasi siapa saja yang dapat memberikan komentar pada postingan Anda dengan mengaktifkan opsi “Komentar”.

Tips 3: Gunakan Sandi Aman

Pastikan bahwa sandi Instagram Anda aman dan sulit ditebak oleh orang lain. Anda juga dapat mengaktifkan opsi otentikasi dua faktor untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan pada akun Anda.

Tips 4: Jangan Gunakan Autocomplete

Jika Anda tidak ingin Instagram menampilkan rekomendasi awalan untuk nama akun, maka pastikan untuk mematikan opsi autocomplete di pengaturan.

Tips 5: Gunakan Privasi Account

Jika Anda ingin mengendalikan siapa yang dapat melihat postingan Anda, pastikan untuk mengaktifkan opsi “Akun Privat” di pengaturan.

Tips 6: Pastikan Tidak Ada Akun Palsu yang Mengikuti Anda

Pastikan untuk memeriksa daftar pengikut dan menghapus akun-akun palsu atau mencurigakan yang mengikuti akun Anda.

Tips 7: Matikan Otomatis Kirim ke Facebook

Jika Anda terhubung dengan Facebook, pastikan untuk mematikan opsi otomatis kirim ke Facebook dalam pengaturan.

Tips 8: Cari Tahu Tentang Pengaturan Geotagging

Pastikan untuk memeriksa opsi “Geotagging” di pengaturan jika Anda tidak ingin lokasi Anda terlihat pada postingan Instagram Anda.

Tips 9: Batasi Akses Aplikasi Pihak Ketiga

Pastikan untuk membatasi aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan akun Instagram Anda agar tidak memberikan data atau informasi sensitif lainnya.

Tips 10: Gunakan Aplikasi Pembatas Waktu Penggunaan

Jika Anda ingin lebih membatasi penggunaan Instagram atau membatasi waktu layar, Anda bisa menggunakan aplikasi pembatas waktu penggunaan untuk membantu menjaga privasi dan kesehatan mental Anda.

Setelah membaca artikel ini, Anda sekarang harus sudah memahami bagaimana cara menghilangkan Last Seen di Instagram dan beberapa tips dan trik tambahan untuk meningkatkan privasi dan keamanan di Instagram. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Cara Menghilangkan Last Seen di Instagram: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Privasi Terjaga: Menyembunyikan fitur last seen pada Instagram memungkinkan pengguna untuk mengendalikan privasi mereka di platform ini. Pengguna dapat menghindari stres dari terus-menerus diperiksa oleh teman-teman atau keluarga untuk memastikan kapan mereka terakhir online.

2. Tidak Menyebabkan Kecemasan: Terkadang, melihat bahwa orang lain sedang online tetapi tidak memberikan respons mengundang kecemasan. Pengguna Instagram yang tidak ingin membuat orang lain merasa cemas karena mereka tidak memberikan respons dapat menyembunyikan last seen mereka.

3. Tidak ada Kewajiban untuk Membalas Pesan: Menghilangkan fitur last seen pada Instagram juga memberikan pengguna kebebasan untuk tidak merasa terikat untuk membalas pesan segera setelah mereka membacanya.

4. Menjaga Konsistensi Aktivitas: Ketika pengguna menyembunyikan last seen mereka, teman-teman atau pengikut mereka tidak tahu kapan mereka terakhir online. Hal ini dapat membantu pengguna menjaga konsistensi aktivitas mereka dan tidak merencanakan postingan atau pra-scheduling.

5. Membuat Akun Tidak Dapat Dilacak: Jika pengguna ingin sembunyi-sembunyi di Instagram, menghilangkan fitur last seen dapat membantu menjaga akun tetap rahasia dan tidak dapat dilacak.

Kekurangan

1. Tidak Bisa Melihat Last Seen Orang Lain: Jika pengguna ingin merencanakan pertemuan dengan teman atau ingin tahu kapan seseorang terakhir online, mereka tidak akan dapat melihat last seen orang lain jika mereka sendiri telah menyembunyikan fitur tersebut.

2. Menyembunyikan Aktivitas: Dalam beberapa situasi, menyembunyikan last seen dapat menimbulkan kesan bahwa pengguna mencoba menyembunyikan sesuatu atau tidak aktif di Instagram.

3. Tidak Dapat Memilih Siapa yang Dapat Melihat Last Seen: Jika pengguna ingin menyembunyikan last seen dari orang tertentu saja, mereka tidak dapat melakukannya jika mereka menghapus fitur ini. Sebaliknya, pengguna hanya dapat menyembunyikannya dari semua pengikut mereka sekaligus.

4. Tidak Menunjukkan Ketersediaan: Jika pengguna ingin menunjukkan bahwa mereka tersedia atau sedang online, mereka tidak dapat melakukannya jika mereka menyembunyikan last seen mereka.

5. Kehilangan Kemampuan Membuktikan Kehadiran: Jika pengguna ingin membuktikan kehadiran mereka pada acara tertentu atau mengabadikan momen panggung teater atau konser, mereka tidak dapat melakukannya secara nyata jika last seen mereka disembunyikan.

FAQ

1. Apa itu last seen di Instagram?

Last seen di Instagram adalah fitur yang menunjukkan waktu terakhir seseorang menggunakan aplikasi Instagram.

2. Apa manfaat dari menghilangkan last seen di Instagram?

Menghilangkan last seen di Instagram dapat meningkatkan privasi Anda dan menghindari tekanan dari orang yang merasa perlu untuk mengetahui aktivitas Anda di aplikasi.

3. Bagaimana cara menghilangkan last seen di Instagram?

Anda dapat menghilangkan last seen di Instagram dengan mematikan fitur aktivitas yang dikenal sebagai “Activity Status”.

4. Bagaimana cara mematikan fitur “Activity Status”?

Anda dapat mematikan fitur “Activity Status” dengan masuk ke menu “Pengaturan” pada aplikasi Instagram, lalu cari opsi “Aktivitas” dan matikan opsi “Status Aktivitas”.

5. Apakah saya masih bisa melihat last seen orang lain jika saya mematikan “Activity Status” saya?

Tidak, jika Anda mematikan fitur “Activity Status” maka Anda tidak akan dapat melihat last seen orang lain juga.

6. Apakah saya masih bisa melihat last seen orang yang sudah saya follow jika saya mematikan “Activity Status” saya?

Tidak, jika Anda mematikan fitur “Activity Status” maka Anda tidak akan dapat melihat last seen orang yang sudah Anda follow.

7. Bagaimana jika saya ingin mematikan “Activity Status” hanya untuk beberapa orang?

Tidak ada opsi untuk mematikan “Activity Status” hanya untuk beberapa orang. Fitur ini hanya dapat dimatikan atau dihidupkan secara keseluruhan.

8. Apa efek dari mematikan “Activity Status” pada fitur DM di Instagram?

Mempatikan “Activity Staus” tidak akan mempengaruhi pemakaian fitur DM di Instagram. Anda masih akan dapat melihat aktivitas teman-teman Anda pada fitur DM.

9. Apakah saya akan kehilangan fitur “Teman yang Aktif” jika saya mematikan “Activity Status”?

Ya, jika Anda mematikan fitur “Activity Status” maka Anda juga akan kehilangan fitur “Teman yang Aktif”.

10. Dapatkah seseorang melihat waktu terakhir saya online meskipun “Activity Status” saya dimatikan?

Tidak, jika Anda mematikan fitur “Activity Status” maka orang lain tidak akan dapat melihat waktu terakhir Anda online.

11. Apakah saya perlu mematikan “Activity Status” pada setiap perangkat yang saya gunakan?

Ya, Anda perlu mematikan “Activity Status” pada setiap perangkat yang Anda gunakan agar fitur ini tidak aktif pada semua perangkat yang terhubung dengan akun Instagram Anda.

12. Apakah saya masih dapat melihat waktu terakhir online saya sendiri jika saya mematikan “Activity Status”?

Tidak, jika Anda mematikan “Activity Status” maka Anda juga tidak akan dapat melihat waktu terakhir online Anda sendiri.

13. Dapatkah saya mematikan “Activity Status” hanya pada waktu tertentu?

Tidak ada opsi untuk mematikan “Activity Status” hanya pada waktu tertentu. Anda hanya dapat mematikan atau menghidupkan fitur ini sesuai keinginan Anda.

Kesimpulan

Jadi, itulah cara menghilangkan last seen di Instagram yang dapat kamu lakukan. Kamu dapat mengubah setelan privasimu agar orang lain tidak bisa melihat kapan terakhir kali kamu aktif di Instagram. Namun, kamu juga harus ingat bahwa dengan menghapus fitur ini kamu tidak akan bisa melihat kapan terakhir kali orang lain aktif di Instagram. Pastikan kamu sudah mempertimbangkan baik-baik sebelum mengubah setelan privasi.

Penutup

Sekian artikel tentang cara menghilangkan last seen di Instagram. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu dalam menjaga privasi akun Instagrammu. Ingatlah bahwa menjaga privasi sangatlah penting terutama di dunia maya yang penuh dengan risiko keamanan. Sampai jumpa pada artikel berikutnya!