Cara Menghilangkan Sinar Inframerah di HP Vivo Y91

Halo Pembaca!

Pada era teknologi seperti sekarang, smartphone menjadi benda yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Smartphone memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang lain, mengambil foto, bahkan mengontrol rumah secara online. Tapi, terkadang perangkat kita mengalami gangguan seperti sinar inframerah yang menempel pada layar. Hal ini tentunya amat mengganggu dan mengurangi kualitas tampilan layar. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan diulas mengenai cara menghilangkan sinar inframerah di hp Vivo Y91.

Langkah-langkah:

1. Membersihkan layar

Membersihkan layar merupakan cara pertama yang perlu dilakukan ketika sinar inframerah menempel pada layar. Sinar inframerah bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kotoran yang menempel pada layar. Untuk membersihkan layar bisa menggunakan cairan pembersih layar atau tissue basah.

2. Memperbarui sistem operasi

Salah satu penyebab sinar inframerah adalah sistem operasi yang belum diperbarui. Oleh karena itu, perbarui sistem operasi perangkat agar fitur-fitur yang tersedia berfungsi dengan baik. Untuk memperbarui sistem operasi, pilih pengaturan – update sistem – unduh dan instal pembaruan.

3. Melepas aplikasi yang tidak digunakan

Banyak aplikasi yang kita instal di hp, ternyata sudah jarang digunakan. Melepas aplikasi yang tidak di perlukan amat baik untuk mengurangi beban dalam membuat hp menjadi lebih cepat dan mengatasi sinar inframerah.

4. Restart perangkat

Kadang-kadang solusi sederhana seperti merestart kembali perangkat juga bisa mengatasi sinar inframerah yang menempel pada layar. Untuk melakukannya cukup tekan tombol power dan pilih restart.

5. Menggunakan mode layar

Jika sudah melakukan cara di atas tetapi masih ada sinar inframerah yang menempel, coba ubah mode layar menjadi mode yang lain (seperti mode malam). Tapi, hal ini tak efektif jika Anda ingin cukup menggunakan satu mode penyajian saja.

6. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Jika sinar inframerah masih menempel pada layar, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh untuk mengatasi masalah tersebut. Ada banyak aplikasi yang tersedia di playstore.

7. Mengganti wallpaper

Ganti atau ubah wallpaper pada layar bisa juga menghilangkan sinar inframerah pada hp Vivo Y91. Wallpaper tersebut kadang membawa efek besar pada penampilan layar.

8. Menghentikan fitur smart stay

Fitur smart stay di hp Vivo Y91 bisa membuat layar selalu menyala meski kondisi cahaya redup. Padahal sinar inframerah bisa terproduksi karena sinar lampu atau LED dari layar yang terus menyala lama.

9. Mengatur kecerahan layar

Kecerahan layar juga merupakan hal yang penting. Kurangi kecerahan layar sebagai upaya mengurangi efek dari sinar inframerah. Dengan mengatur kecerahan layar Anda dapat menghemat daya baterai dan mengatasi masalah sinar inframerah.

10. Mengatur mode konservasi daya

Mode konservasi daya membatasi penggunaan daya yang dihasilkan oleh baterai pada perangkat. Oleh karena itu, mode konservasi daya dapat membantu mengurangi efek sinar inframerah.

11. Membuka menu pengembang

Buka menu pengembang melalui pengaturan – tentang hp – nomor kelarifikasi (pada beberapa perangkat). Pilih menu pengembang. Pada menu tersebut bisa menghilangkan banyak fitur tak digunakan juga bisa meningkatkan performa perangkat.

12. Mempercantik tampilan dengan tema baru

Mempercantik tampilan hp juga dapat menghilangkan sinar inframerah. Terkadang sinar inframerah muncul akibat stok tema default pada hp Vivo Y91. Pasang tema sesuai selera tentunya mempercantik tampilan dan juga bisa mengatasi siar inframerah yang menempel.

Selain tips dan trik di atas, hindari membawa hp di bawah sinar matahari langsung atau sumber cahaya yang terlalu terang karena dapat merusak komponen di dalam hp. Demikianlah cara menghilangkan sinar inframerah pada hp Vivo Y91 yang dapat diaplikasikan dengan mudah. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi Anda yang menggunakan hp Vivo Y91.

Cara Menghilangkan Sinar Inframerah di HP Vivo Y91: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Menghilangkan risiko mata lelah dan sakit kepala akibat paparan sinar inframerah.
2. Memperpanjang umur baterai karena tidak lagi harus mengaktifkan fitur infra merah.
3. Menghemat daya karena tidak lagi memerlukan pengoperasian infra merah.
4. Tampilan layar perangkat menjadi lebih jernih dan berkualitas karena tidak ada lagi gangguan sinar inframerah.
5. Menambah estetika perangkat dengan tampilan yang lebih modern dan minimalis karena menghilangkan bagian infra merah yang biasa menonjol di belakang perangkat.

Kekurangan

1. Keterbatasan fitur transfer file dan penggunaan remote control karena tidak ada infra merah.
2. Keterbatasan akses ke beberapa aplikasi tertentu yang memerlukan infra merah.
3. Kurang praktis bagi pengguna yang menggunakan infra merah sebagai remote control.
4. Memerlukan biaya tambahan apabila ingin memperbaiki infra merah di perangkat yang sudah dihilangkan.
5. Risiko penghapusan yang tidak sengaja selama proses menghilangkan infra merah.

Tabel HTML dapat digunakan untuk memvisualisasikan daftar kelebihan dan kekurangan yang disajikan di atas. Namun, untuk artikel ini, tabel tidak diperlukan karena daftar sudah jelas dan mudah dibaca. Adapun, dalam memilih untuk menghilangkan atau mempertahankan infra merah di perangkat Vivo Y91, pengguna diharapkan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut dengan cermat.

FAQ

1. Apa itu sinar inframerah di hp?

Sinar inframerah pada hp adalah sinar yang dihasilkan oleh kamera hp ketika sedang dipakai untuk merekam atau mengambil foto. Itu biasanya terlihat sebagai cahaya merah muda atau cahaya putih terang pada layar.

2. Mengapa saya ingin menghilangkan sinar inframerah di hp saya?

Beberapa orang ingin menghilangkan sinar inframerah di hp karena mereka merasa tidak nyaman dengan efeknya atau karena dapat menyebabkan kelelahan mata pada beberapa orang. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi keamanan privasi karena beberapa orang khawatir bahwa kamera hp dapat merekam dan merekam video tanpa izin mereka.

3. Apa risiko dari menghilangkan sinar inframerah di hp?

Menonaktifkan sinar inframerah pada hp Anda tidak memiliki risiko yang signifikan. Hal ini tidak mempengaruhi kinerja hp Anda atau menghilangkan kemampuan kamera Anda.

4. Bagaimana cara menghilangkan sinar inframerah di hp vivo y91?

Untuk mematikan sinar inframerah pada hp vivo y91, buka aplikasi kamera bawaan dan pilih mode manual atau pro. Setelah itu, cari opsi eksposur atau pengaturan cahaya dan tarik ke sisi kiri atau kanan hingga sinar inframerah berubah atau hilang.

5. Apakah waktu pemakaian hp saya yang dapat memicu terjadinya sinar inframerah di hp?

Jam yang Anda gunakan untuk menggunakan hp tidak mempengaruhi terjadinya sinar inframerah di hp. Hal yang menjadi penyebab terjadinya sinar inframerah pada hp biasanya adalah pengambilan video atau pengambilan foto melalui kamera pada hp.

6. Apa manfaat dari penghilangan sinar inframerah di hp saya?

Menghilangkan sinar inframerah dari hp dapat mengurangi kelelahan mata dan kemungkinan memberi rasa lebih nyaman ketika menggunakannya untuk penggunaan yang lama.

7. Apakah semua jenis hp memiliki sinar inframerah?

Tidak semua jenis hp memiliki sinar inframerah. Sebagian besar hp dengan kamera berkualitas baik akan memiliki sinar inframerah.

8. Apakah menghilangkan sinar inframerah dapat memperpanjang masa pakai baterai hp?

Tidak. Menghilangkan sinar inframerah pada hp tidak mempengaruhi masa pakai baterai hp Anda secara signifikan. Konsumsi daya baterai dari penggunaan kamera biasanya kecil karena dilakukan secara terpisah dari penggunaan hp Anda secara keseluruhan.

9. Apa itu mode manual pada aplikasi kamera pada hp?

Mode manual pada aplikasi kamera pada hp adalah mode di mana Anda dapat mengatur semua pengaturan kamera dengan tangan Anda, Anda bisa mengatur fokus, shutter speed, ISO, dan sebagainya. Mode ini memungkinkan pengguna untuk membuat foto yang lebih kreatif dan akurat.

10. Apa yang harus dilakukan jika tidak dapat menemukan opsi eksposur atau pengaturan cahaya ketika mencoba menghilangkan sinar inframerah di hp vivo y91?

Jika Anda tidak dapat menemukan opsi pengaturan cahaya di aplikasi kamera vivo y91, Anda dapat mengunduh aplikasi kamera pihak ketiga yang memungkinkan untuk mengatur pengaturan cahaya atau menonaktifkan sinar inframerah.

11. Apa perlu menonaktifkan sinar inframerah di hp setiap saat atau hanya ketika dibutuhkan saja?

Tidak perlu menonaktifkan sinar inframerah di hp setiap saat. Hanya saat pengguna membutuhkannya, bisa mematikannya.

12. Apakah ada efek lain ketika menghilangkan sinar inframerah pada hp?

Tidak ada efek lain ketika Anda menonaktifkan sinar inframerah pada hp Anda, kecuali pengguna bisa mengambil foto atau video tanpa sinar inframerah yang kadang-kadang dapat mengganggu penglihatan orang atau hewan dalam bidikan foto.

13. Apakah menonaktifkan sinar inframerah berdampak terhadap keamanan privasi pengguna hp?

Tidak. Menonaktifkan sinar inframerah pada hp Anda tidak akan memengaruhi keamanan privasi Anda.

Kesimpulan

Secara kesimpulan, menghilangkan sinar inframerah di hp vivo y91 memanglah perlu dilakukan terutama jika kamu merasa terganggu dengan adanya sinar tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa cara bagi kamu untuk menghilangkan sinar inframerah di hp vivo y91. Salah satunya adalah dengan mengaktifkan fitur Night Shield yang disediakan oleh hp vivo y91. Selain itu, kamu juga dapat memasang aplikasi pihak ketiga seperti Blue Light Filter atau Night Mode.

Selain menghilangkan sinar inframerah di hp vivo y91, kamu juga dapat melakukan beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata ketika menggunakan hp. Salah satu cara terbaik adalah dengan tidak terlalu sering menggunakan hp dalam jangka waktu yang lama, atau dengan memperbaiki jarak pandang dengan menggunakan mode zoom atau bahkan vakum dan penyejuk mata.

Penutup

Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semoga informasi seputar cara menghilangkan sinar inframerah di hp vivo y91 ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Jangan lupa pula untuk senantiasa menjaga kesehatan mata dan memperbaiki kebiasaan dalam penggunaan hp agar selalu aman dan nyaman.