Cara Menghilangkan Suara Keyboard HP Oppo

Salam pembaca setia! Siapa sih yang tidak kenal dengan merek smartphone Oppo? Salah satu merek smartphone yang terkenal dengan kualitas kamera yang tinggi dan performa yang memadai. Namun, bagi sebagian penggunanya, mungkin ada satu hal yang sedikit mengganggu yaitu suara keyboard yang terdengar saat mengetik. Tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan tentang cara menghilangkan suara keyboard hp Oppo.

Langkah-langkah:

1. Mengatur Suara Keyboard

Matikan suara keyboard melalui setelan

Untuk menghilangkan suara keyboard hp Oppo, caranya cukup mudah, yaitu dengan mematikan suara keyboard melalui setelan. Langkah pertama, buka menu Setelan pada smartphone Oppo kamu. Selanjutnya, cari dan pilih opsi Suara & Getaran. Lalu, pilih dan matikan suara keyboard dengan menonaktifkan opsi Suara setiap kali mengetik. Dengan begitu, suara keyboard yang mengganggu sudah tidak akan terdengar lagi saat kamu mengetik.

Gunakan Mode Senyap

Langkah kedua, jika kamu ingin menggunakan smartphone Oppo tanpa ada suara atau gangguan suara apapun, kamu bisa memilih untuk menggunakan Mode Senyap. Caranya cukup mudah, cukup dengan menggeser bagian Atur Bunyi ke arah kiri. Setelah itu, mute semua suara dengan mengaktifkan opsi Diamkan Semua Suara dan Matikan Suara Keypad.

2. Menggunakan Aplikasi Keyboard yang Berbeda

Unduh Aplikasi Keyboard yang Berbeda

Jika kamu tetap ingin menggunakan suara keyboard, namun tidak ingin menggunakan suara bawaan dari smartphone Oppo, kamu bisa menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga. Kamu bisa mencari aplikasi keyboard yang kompatibel dengan smartphone Oppo kamu dan yang memiliki keunggulan suara keyboard yang lebih baik. Setelah itu, unduh dan instal aplikasi keyboard tersebut.

Pilih Keyboard Tersedia

Langkah kedua pilih keyboard tersedia, kamu tinggal memilih aplikasi keyboard yang sudah diunduh melalui pengaturan pada smartphone Oppo kamu. Setelah itu, kamu bisa membuka aplikasi keyboard sebagai pengganti dari keyboard bawaan yang sudah ada di smartphone kamu.

3. Menambahkan Pelindung Layar

Pasang Pelindung Layar

Pilihan terakhir untuk menghilangkan suara keyboard pada Oppo adalah dengan memasang pelindung layar. Pelindung layar dapat membantu meredam suara saat kamu mengetik, sehingga suara yang terdengar tidak terlalu mengganggu. Kamu bisa memilih pelindung layar yang terbuat dari bahan berkualitas dan sesuai dengan ukuran layar smartphone Oppo kamu. Setelah pelindung layar dipasang, kamu akan merasakan perbedaan suara saat mengetik di smartphone Oppo.

Tips dan Trik:

1. Gunakan Pilihan Mode Senyap Saat Sedang Meeting

Jika kamu sedang dalam meeting atau pertemuan penting, lebih baik gunakan opsi mode senyap agar tidak mengganggu orang lain dengan suara keyboard saat kamu mengetik.

2. Ubah Volume Ringtone ke Mode Vibrasi atau Diam Saja

Jika kamu tidak ingin suara keyboard dan suara notifikasi lainnya terdengar, sebaiknya ubah mode volume ringtone ke mode vibrasi atau diam saja.

3. Jangan Membagi Layar Saat Mengetik

Jika kamu suka membuka beberapa aplikasi sekaligus dan membagi layar saat mengetik, hal ini bisa membuat suara keyboard menjadi lebih mengganggu. Jangan membagi layar saat mengetik, sehingga suara keyboard yang terdengar tidak terlalu mengganggu.

4. Hapus Aplikasi Keyboard yang Tidak Digunakan

Jika kamu menggunakan beberapa aplikasi keyboard, lebih baik hapus aplikasi keyboard yang tidak digunakan. Hal ini dapat mempercepat kinerja smartphone Oppo kamu.

5. Lakukan Reboot Smartphone Secara Berkala

Melakukan reboot smartphone secara berkala dapat membantu mempercepat kinerja smartphone Oppo dan menghindari gangguan pada suara keyboard saat mengetik.

6. Perbarui System Operasi

Perbarui system operasi smartphone Oppo kamu secara berkala untuk memperbaiki bug atau masalah pada suara keyboard dan memperbaiki kinerja smartphone Oppo secara keseluruhan.

7. Bersihkan Keyboard secara Teratur

Bersihkan keyboard smartphone Oppo kamu secara teratur dari debu dan kotoran yang menempel pada keyboard. Hal ini dapat membantu mencegah masalah pada suara keyboard saat mengetik.

8. Buat Kustomisasi Keyboard Sendiri

Melalui mode pihak ketiga, kamu bisa mencoba membuat kustomisasi keyboard sendiri seperti mengganti warna atau tema keyboard. Kamu bisa mencoba kustomisasi keyboard yang sesuai dengan selera kamu.

9. Coba Gunakan Earphone atau Bluetooth Keyboard

Jika kamu tidak ingin menggunakan speaker smartphone Oppo dan ingin mengetik tanpa suara, kamu bisa mencoba menggunakan earphone atau Bluetooth keyboard.

10. Gunakan Fitur Pengaturan Suara yang Ada

Setiap smartphone Oppo memiliki fitur pengaturan suara yang berbeda-beda. Cobalah untuk mempelajari opsi pengaturan suara yang ada pada smartphone Oppo kamu, sehingga kamu bisa menemukan opsi yang tepat untuk menghilangkan suara keyboard pada Oppo.

Itulah cara sederhana untuk menghilangkan suara keyboard pada Oppo yang bisa kamu coba. Selamat mencoba!

Cara Menghilangkan Suara Keyboard HP Oppo: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Menghilangkan suara keyboard dapat meningkatkan privasi pengguna, terutama saat mengetik password atau pesan pribadi.

2. Tidak mengganggu orang di sekitar saat sedang mengetik dengan suara keyboard yang keras.

3. Menghemat penggunaan daya baterai karena suara keyboard tidak aktif.

4. Keyboard akan terasa lebih halus dan lancar tanpa suara yang mengganggu.

5. Fitur yang mudah diakses pada pengaturan Oppo untuk mematikan suara keyboard.

6. Tidak perlu instalasi aplikasi tambahan untuk menghilangkan suara keyboard Oppo.

7. Memperbolehkan pengguna untuk mengetik secara diam-diam tanpa mengkhawatirkan suara keyboard.

8. Meningkatkan fokus pada aktivitas mengetik dan kerja yang sedang dilakukan.

9. Pengguna dapat menyesuaikan jenis notifikasi dan suara pada Oppo yang diaktifkan hanya untuk notifikasi yang penting.

10. Memungkinkan pengguna untuk menetapkan volume suara yang mereka inginkan tanpa harus khawatir suara keyboard ikut berbunyi.

Kekurangan

1. Menghilangkan suara keyboard dapat menghilangkan umpan balik yang seharusnya didapat oleh pengguna selama mengetik. Hal ini dapat mengecewakan pengguna.

2. Pengguna mungkin sulit mengetahui apakah keyboard sedang berfungsi dengan benar tanpa adanya suara.

3. Bila kebiasaan mengaktifkan suara keyboard sudah terbentuk, lawan jenis pengirim pesan mungkin merasa bahwa pesan yang diterima tidak sepenuhnya asli.

4. Setting keyboard mungkin sulit untuk ditemukan bagi pengguna awam yang sedang mencari kebijakan pengaturan.

5. Pengguna mungkin perlu terbiasa dan dapat mengatasi rasa canggung karena tidak adanya suara saat mengetik.

6. Tidak semua model HP Oppo memiliki fitur untuk menghilangkan suara keyboard, sehingga pengguna mungkin harus menggunakan software pihak ketiga.

7. Pengguna harus memperhatikan setting sound system secara keseluruhan untuk meminimalisir gangguan suara lainnya yang dapat ikut terdengar.

8. Meningkatkan kemungkinan kesalahan ketika mengetik dengan sembarang menekan tombol tanpa umpan balik suara.

9. Pengguna mungkin mengalami sedikit kesulitan dalam mendengarkan suara panggilan masuk dan notifikasi lainnya tanpa adanya suara keyboard yang mengiringi.

10. Pengguna wajib memahami bahwa penghapusan suara keyboard hanya menghilangkan suara dan bukan penghapusan keseluruhan apa yang diketikkan.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan suara keyboard di hp Oppo?

Suara keyboard di hp Oppo adalah suara yang muncul ketika kita mengetik pada keyboard virtual di layar hp Oppo kita. Beberapa orang mungkin menyukai suara ini, namun bagi sebagian yang lain, suara ini bisa sangat mengganggu.

2. Mengapa suara keyboard pada hp Oppo sangat mengganggu?

Suara keyboard di hp Oppo yang muncul pada setiap kali mengetik dapat mengganggu orang disekitar kita, terutama bila kita sedang berada di tempat umum atau tenang seperti kantor atau ruangan belajar.

3. Bagaimana cara menghilangkan suara keyboard di hp Oppo?

Untuk menghilangkan suara keyboard di hp Oppo, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka pengaturan keyboard pada hp Oppo Anda.
  2. Cari dan pilih opsi ‘suara keyboard’ atau ‘suara ketik’ (tergantung dari jenis hp Oppo yang Anda gunakan).
  3. Matikan atau nonaktifkan opsi suara ini dengan menekan tombol off/0 atau menggeser ke posisi mati.

4. Tidak ada pengaturan ‘suara keyboard’ pada hp Oppo saya, bagaimana cara menghilangkan suara keyboard?

Jika tidak ada opsi ‘suara keyboard’ pada pengaturan keyboard di hp Oppo Anda, coba ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka aplikasi keyboard yang Anda gunakan pada hp Oppo.
  2. Periksa pengaturan aplikasi keyboard tersebut, cari dan matikan atau nonaktifkan opsi ‘suara keyboard’ atau ‘suara ketik’ pada aplikasi tersebut.

5. Benarkah dengan menghilangkan suara keyboard pada hp Oppo bisa menghemat baterai?

Menghilangkan suara keyboard pada hp Oppo tidak secara langsung dapat menghemat baterai, tetapi hal ini dapat mengurangi penggunaan daya pada bagian suara dan menjadikan hp Oppo Anda bertenaga lebih lama.

6. Menghilangkan suara keyboard pada hp Oppo dapat mempercepat kinerja hp?

Menghilangkan suara keyboard pada hp Oppo tidak akan secara signifikan mempercepat kinerja hp, namun hal ini dapat meminimalisir gangguan dan membuat pengalaman penggunaan hp Oppo Anda lebih nyaman.

7. Apa yang harus dilakukan jika suara keyboard hp Oppo masih terdengar setelah mati?

Jika suara keyboard masih terdengar meski telah dinonaktifkan pada pengaturan atau aplikasi keyboard pada hp Oppo, coba restart hp Oppo Anda. Jika masih terjadi, coba install dan gunakan aplikasi keyboard yang lain, atau hubungi service center untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

8. Apakah menonaktifkan suara keyboard hp Oppo dapat membahayakan hp saya?

Menonaktifkan suara keyboard pada hp Oppo tidak akan membahayakan hp Anda, bahkan hal ini dapat memperpanjang umur baterai hp Anda dan meningkatkan kenyamanan penggunaan.

9. Bagaimana cara menghilangkan suara klik pada keyboard hp Oppo?

Untuk menghilangkan suara klik atau ‘klik pop’ pada keyboard hp Oppo, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka pengaturan keyboard pada hp Oppo Anda.
  2. Cari dan pilih opsi ‘suara pop-up’ atau ‘suara klik’ (tergantung dari jenis hp Oppo yang Anda gunakan).
  3. Matikan atau nonaktifkan opsi suara ini dengan menekan tombol off/0 atau menggeser ke posisi mati.

10. Saya ingin mengembalikan suara keyboard pada hp Oppo, bagaimana caranya?

Untuk mengembalikan suara keyboard pada hp Oppo, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka pengaturan keyboard pada hp Oppo Anda.
  2. Cari dan pilih opsi ‘suara keyboard’ atau ‘suara ketik’ (tergantung dari jenis hp Oppo yang Anda gunakan).
  3. Aktifkan opsi suara ini dengan menekan tombol on/1 atau menggeser ke posisi hidup.

11. Bagaimana cara menyesuaikan volume suara keyboard pada hp Oppo?

Untuk menyesuaikan volume suara keyboard pada hp Oppo, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka pengaturan suara pada hp Oppo Anda.
  2. Cari dan pilih opsi ‘volume’ atau ‘suara’.
  3. Cari dan pilih opsi ‘suara keyboard’ atau ‘suara ketik’ (tergantung dari jenis hp Oppo yang Anda gunakan).
  4. Geser pengaturan volume suara sehingga sesuai dengan yang Anda inginkan.

12. Apakah semua jenis hp Oppo memiliki suara keyboard?

Hampir semua jenis hp Oppo memiliki suara keyboard atau suara ketik, termasuk hp Oppo yang terbaru. Namun, beberapa hp Oppo mungkin memiliki opsi untuk menonaktifkan suara ini.

13. Ada tidaknya aplikasi lain yang dapat membantu menghilangkan suara keyboard pada hp Oppo?

Ada beberapa aplikasi keyboard yang dapat membantu menghilangkan suara keyboard pada hp Oppo, seperti Swiftkey, Gboard, dan Google Keyboard. Namun, pastikan untuk memeriksa pengaturan aplikasi tersebut dan nonaktifkan opsi suara keyboard atau suara ketik di sana.

Kesimpulan

Setelah mencoba beberapa cara menghilangkan suara keyboard pada HP Oppo, kita bisa menyimpulkan bahwa beberapa metode yang telah dicoba memang bisa mengatasi masalah suara keyboard. Namun, sebaiknya kita menghindari cara-cara yang bersifat radikal dan dapat merugikan kita seperti melakukan root dan penghapusan file sistem tanpa pengetahuan yang cukup. Lebih baik mencoba metode sederhana seperti pengaturan pada opsi suara dan titik masuk keyboard pada aplikasi WhatsApp.

Penutup

Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang telah mengalami masalah suara keyboard pada HP Oppo. Terdapat beberapa metode yang bisa dicoba sebelum memutuskan untuk membawa HP ke tukang servis atau melakukan pengaturan yang bersifat radikal. Ingatlah bahwa keamanan dan kenyamanan penggunaan ponsel harus menjadi prioritas utama. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!