Cara Menghilangkan Watermark CamScanner

Selamat datang pembaca setia! Apa yang Anda bayangkan ketika harus membagikan dokumen di dunia maya? Mungkin ribet dan memakan waktu, bukan? Namun, dengan perkembangan teknologi saat ini, semuanya cukup mudah untuk dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi CamScanner.
CamScanner merupakan aplikasi yang dapat mengubah foto dokumen menjadi file PDF yang jelas dan layak dibaca. Sayangnya, CamScanner menyertakan watermark pada hasil scan dokumen tersebut. Hal ini membuat hasil scan dokumen Anda terlihat kurang profesional dan menyulitkan.
Nah, dalam artikel kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap untuk menghilangkan watermark CamScanner. Dan yang terpenting, semua langkah berikut dapat dilakukan dengan mudah dan gratis tanpa perlu harus membeli versi premium! Mari simak penjelasan selengkapnya.

Langkah-Langkah Menghilangkan Watermark CamScanner

Langkah 1: Mengunduh Aplikasi Editor Foto: InShot

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi editor foto InShot pada App Store atau Google Playstore. Aplikasi ini menyediakan fitur editing yang lengkap dan dapat membantu Anda untuk mengedit watermark pada hasil scan dokumen CamScanner.

Langkah 2: Menyimpan Hasil Scan pada Memori Telepon

Setelah mengambil foto dokumen menggunakan CamScanner, simpan hasil scan pada memori telepon. Langkah ini penting karena kita tidak dapat mengedit watermark pada dokumen yang telah diunggah ke cloud storage.

Langkah 3: Membuka Aplikasi InShot dan Memilih Foto Dokumen yang Akan Diedit

Setelah mengunduh InShot pada smartphone Anda, buka aplikasi tersebut dan pilih foto dokumen hasil scan dari CamScanner yang akan diedit.

Langkah 4: Crop Dokumen

Setelah foto dokumen terbuka di aplikasi InShot, crop dokumen secara manual hingga ukuran gambar seperti yang diinginkan.

Langkah 5: Menambahkan Background Putih

Setelah dokumen terpotong, tambahkan background putih pada dokumen Anda. Ini akan membantu Anda untuk menghapus watermark secara lebih mudah dan efektif. Caranya: Pilih menu Background → Pilih Background Warna Putih → Klik Tombol Check untuk menyimpan perubahan.

Langkah 6: Menambahkan Efek Blur

Tambahkan efek blur pada watermark untuk membantu memudahkan Anda dalam mengedit watermark. Caranya: Pilih menu Efek → Pilih Efek Blur → Ubah nilai Blur secara manual.

Langkah 7: Menghilangkan Watermark dengan Menggunakan Alat Penghapus

Sekarang kita dapat menghapus watermark pada foto dokumen menggunakan alat penghapus yang tersedia pada InShot. Caranya: Pilih menu Alat Penghapus → Hapus watermark dengan menggambar pada bagian yang ingin dihapus.

Langkah 8: Memeriksa dan Menyempurnakan Hasil Scan

Sekarang periksa lagi dokumen hasil edit untuk memastikan bahwa watermark sudah dihapus sepenuhnya. Jika tidak, Anda dapat mengulangi langkah 7 dan 8 hingga hasil scan dokumen Anda terlihat bersih dan profesional.

Langkah 9: Menyimpan Hasil Edit

Setelah selesai mengedit, simpan hasil dari scan dokumen yang sudah dihapus watermark dengan memilih menu Save atau Export.

Langkah 10: Membagikan atau Mengupload Hasil Edit

Sekarang Anda dapat membagikan hasil scan dokumen tanpa watermark ke orang lain atau mengunggah dokumen tersebut ke cloud storage.

Langkah 11: Menyimpan Hasil Edit dalam Format PDF

Dalam format JPEG, hasil edit watermark pada dokumen tidak akan terlihat jelas. Oleh karena itu, konversi file menjadi PDF bisa membuat dokumen terlihat lebih profesional. Caranya: Pilih Ekspor ke PDF pada menu InShot.

Langkah 12: Mengecek Hasil Konversi ke Format PDF

Jika dokumen sudah terlihat sesuai dengan keinginan Anda, maka sekarang cek kembali hasil konversi ke format PDF tersebut. Pastikan semua bagian dokumen terlihat jelas dan tidak ada bagian dokumen yang terpotong atau hilang.

Penjelasan Tambahan

Setelah mempelajari 12 langkah diatas, berikut adalah beberapa penjelasan tambahan yang perlu diperhatikan:

– Pastikan Pemeriksaan Gramatikal dan Spelling pada Dokumen: Selalu periksa bahasa pada dokumen untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau penulisan kata yang salah.

– Gunakan Aplikasi PDF Reader yang Modern: Pastikan dokumen Anda bisa terbuka pada aplikasi PDF Reader yang modern dan memiliki fitur yang up-to-date, seperti Adobe Acrobat Reader.

– Perhatikan Resolusi Gambar: Ketika Anda mengedit atau mengkonversi dokumen ke PDF, pastikan bahwa resolusi gambar cukup tinggi untuk memastikan gambar dokumen tetap terlihat jelas dan berkualitas.

Tips dan Trik

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang mungkin dapat membantu dalam proses menghilangkan watermark pada dokumen:

1. Gunakan aplikasi editing foto yang handal seperti InShot untuk memastikan hasil scan dokumen menghilangkan watermark dengan baik.

2. Periksa dan edit hasil scan dokumen di layar penuh smartphone untuk memastikan detail dokumen terlihat dengan jelas.

3. Pastikan dokumen Anda dalam keadaan yang flat saat foto untuk menghindari bagian yang terpotong atau tidak terlihat jelas pada hasil scan.

4. Pilih background yang netral dan sederhana untuk membuat hasil scan terlihat lebih profesional.

5. Hapus watermark dengan hati-hati dan pastikan tidak ada yang terhapus dari dokumen utama.

6. Jangan sampai original dokumen hilang atau terhapus dari memori telepon setelah proses pengeditan selesai.

Menghilangkan watermark pada dokumen hasil scan CamScanner sekarang bisa dilakukan dengan mudah dan gratis. Dengan mengikuti 12 langkah yang kami berikan di atas, hasil scan dokumen akan terlihat lebih profesional dan tidak ada lagi watermark yang mengganggu. Jangan lewatkan tips dan trik yang kami berikan dalam artikel ini untuk hasil scan yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat dan sukses selalu!

Cara Menghilangkan Watermark Camscanner: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Menghilangkan watermark adalah cara yang efektif untuk mengedit dokumen hasil pemindaian yang ingin digunakan secara komersial, misalnya untuk CV atau brosur.

2. Dapat membuat dokumen terlihat lebih profesional karena tidak terdapat tanda air pada gambar pemindaian.

3. Menghilangkan watermark juga memudahkan kita dalam menggunakan dokumen tersebut untuk keperluan pribadi seperti mencetak atau membagikannya.

4. Ada beberapa aplikasi yang menyediakan kemampuan untuk menghilangkan watermark secara gratis sehingga dapat menghemat biaya penggunaan aplikasi.

5. Aplikasi untuk menghilangkan watermark juga mudah ditemukan di toko aplikasi seperti Google Play atau App Store.

6. Cara menghilangkan watermark pada Camscanner tidak rumit dan dapat dilakukan dengan mudah.

7. Tidak memakan waktu yang lama karena aplikasi yang menyediakan fitur tersebut dapat melakukan proses menghilangkan watermark secara cepat.

8. Tidak perlu memiliki keterampilan edit gambar yang tinggi untuk dapat menghapus watermark secara mandiri.

9. Dapat digunakan pada berbagai jenis dokumen seperti sertifikat, ijazah, dan lainnya.

10. Dengan menghilangkan watermark, gambar pemindaian juga menjadi lebih ringan sehingga dapat memudahkan dalam proses upload dan download.

Kekurangan

1. Menghapus watermark dapat merusak integritas dokumen yang dilindungi.

2. Banyak aplikasi yang menyediakan layanan menghapus watermark yang menuntut biaya atau memberikan iklan yang sangat mengganggu.

3. Ada beberapa cara menghapus watermark yang memerlukan edit atau modifikasi gambar lainnya yang membutuhkan waktu dan keterampilan edit yang lebih tinggi.

4. Menghilangkan watermark dapat melanggar hak cipta pihak lain yang telah membuat, memproduksi, ataupun menyebarkan dokumen tersebut.

5. Kohesi narasi dapat terganggu jika hasil edit menghilangkan watermark menghilangkan informasi penting.

6. Sulit menghapus watermark pada dokumen dengan tingkat keamanan tinggi seperti dokumen rahasia atau dokumen yang terlindungi dengan enkripsi.

7. Sebaiknya menghilangkan watermark pada dokumen hanya pada keperluan tertentu dan tidak digunakan secara berlebihan.

8. Hasil edit menghapus watermark tidak selalu memuaskan atau terlihat tidak asli.

9. Pengguna harus berhati-hati agar tidak salah menggunakan atau menyalahgunakan fitur menghilangkan watermark dan dapat merusak citra diri serta reputasi.

10. Ada beberapa aplikasi yang menyediakan fitur ganda, menghapus watermark dengan bayar atau tidak, sehingga seringkali mengakibatkan pengguna bingung pada pilihannya.

FAQ

1. Apa itu watermark pada CamScanner?

Watermark pada CamScanner adalah tanda atau logo kecil yang muncul pada dokumen yang di-scan menggunakan aplikasi CamScanner.

2. Mengapa ada watermark pada CamScanner?

Watermark pada CamScanner adalah untuk mencegah penggunaan ilegal dari dokumen yang telah di-scan.

3. Apakah bisa menghilangkan watermark pada CamScanner?

Ya, bisa. Namun, sebaiknya dipahami terlebih dahulu bahwa menghilangkan watermark pada CamScanner merupakan tindakan ilegal.

4. Kenapa menghilangkan watermark pada CamScanner ilegal?

Karena dengan menghilangkan watermark pada CamScanner, berarti pengguna mengubah dokumen yang aslinya dilengkapi watermark untuk diperjualbelikan, dipalsukan, atau digunakan secara ilegal.

5. Bagaimana cara menghilangkan watermark pada CamScanner?

Salah satu cara menghilangkan watermark pada CamScanner adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau software editing.

6. Apa saja aplikasi atau software untuk menghilangkan watermark pada CamScanner?

Beberapa aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk menghilangkan watermark pada CamScanner diantaranya: Photoshop, Inpaint, Apowersoft Watermark Remover, dan lain-lain.

7. Apakah gratis menghilangkan watermark pada CamScanner dengan aplikasi atau software?

Tergantung aplikasi atau software yang digunakan, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

8. Apakah aman menghilangkan watermark pada CamScanner dengan aplikasi atau software?

Tergantung aplikasi atau software yang digunakan, ada yang aman dan ada juga yang bisa membahayakan perangkat atau sistem operasi.

9. Bagaimana cara menghindari aplikasi atau software yang membahayakan perangkat atau sistem operasi?

Sebelum mengunduh atau memasang aplikasi atau software, pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan mencari informasi mengenai reputasi pengembang atau produsen.

10. Apa dampak menghilangkan watermark pada CamScanner secara ilegal?

Dampak menghilangkan watermark pada CamScanner secara ilegal dapat berupa dikenakan sanksi hukum, denda, atau bahkan kehilangan hak penggunaan aplikasi CamScanner.

11. Apakah ada cara legal agar dapat menggunakan dokumen yang telah di-scan menggunakan CamScanner tanpa watermark?

Ada, yaitu dengan membeli lisensi atau berlangganan produk atau layanan tanpa watermark sesuai dengan kebutuhan.

12. Apakah menghilangkan watermark pada CamScanner dapat merusak citra pengguna?

Ya, karena dengan menghilangkan watermark pada CamScanner, pengguna dapat dianggap sebagai orang yang tidak menghargai hak cipta dan keamanan informasi.

13. Apa manfaat dari keberadaan watermark pada CamScanner?

Keberadaan watermark pada CamScanner dapat meminimalisir terjadinya penggunaan ilegal atau tindakan tidak bertanggungjawab dari dokumen yang telah di-scan, serta menjaga hak cipta dan keamanan informasi dari pemilik dokumen atau pengembang aplikasi.

Kesimpulan

CamScanner adalah aplikasi pindai dokumen yang sangat populer digunakan oleh para pengguna smartphone, terutama bagi mereka yang membutuhkan fitur scanning dokumen secara cepat dan mudah. Namun, salah satu kelemahan dari aplikasi ini adalah adanya watermark yang muncul pada hasil scanning dokumen. Watermark ini tentu saja mengganggu tampilan dan kualitas dokumen tersebut. Oleh karena itu, banyak pengguna yang ingin tahu bagaimana cara menghilangkan watermark CamScanner. Dari beberapa metode yang telah dijelaskan di atas, ada metode yang sangat mudah dilakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi editor foto seperti Adobe Photoshop Express atau Pixlr. Dalam tutorial ini, kita telah memberikan langkah-langkah lengkap untuk menghilangkan watermark CamScanner menggunakan kedua aplikasi tersebut. Cobalah metode ini dan nikmati hasil scan dokumen yang lebih baik.

Penutup

Sekarang, Anda sudah tahu beberapa metode untuk menghilangkan watermark CamScanner. Jalan keluar yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop Express atau Pixlr. Namun, metode tersebut tentunya membutuhkan waktu untuk mempelajari dan mempraktekkannya. Ada juga metode lain yang bisa dilakukan seperti menggunakan versi Pro dari CamScanner atau mengganti aplikasi scanning dokumen yang lain. Terlepas dari metode apa yang Anda pilih, pastikan Anda tetap mengutamakan kualitas dokumen dan menjaga privasi Anda. Semoga tutorial ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Sampai jumpa pembaca!