cool hit counter Day One, cara menyenangkan untuk mencatat jurnal harian | UNAPPOLOGETIC

Day One, cara menyenangkan untuk mencatat jurnal harian

Adakah di antara pembaca UNAPPOLOGETIC yang memiliki jurnal harian? Jika belum, mungkin kini saatnya kamu mempertimbangkan untuk mulai menulisnya. Mumpung masih berada di awal tahun juga. Memiliki atau menulis jurnal ternyata memiliki beberapa dampak positif. Salah satunya terkait dengan manajemen stres dan meningkatkan kreativitas.

Bukan, jurnal di sini bukan melulu masalah cinta-cintaan atau menulis tentang kenangan kamu sama dia. Jurnal bisa berisi masalah pekerjaan, produktivitas kamu, kondisi kesehatan yang sedang dialami hingga bucket list yang kamu cita-citakan untuk dikunjungi. Selain itu, jurnal juga berguna untuk menangkap ide-ide yang ada di kepala kamu. Masih kurang alasan untuk memulai menulis jurnal pribadi? Berikut 101 alasan mengapa kamu harus memiliki jurnal.

Menulis jurnal bisa dimulai dengan sebuah notebook dan pulpen. Ya, sesederhana itu. Namun jika kamu ingin journaling dalam bentuk digital atau dalam sebuah aplikasi, Day One jawaban yang kamu cari. Day One sudah memasuki versi 2 dan terdapat beberapa penambahan fitur serta improvements yang membuat menulis jurnal semakin lebih menyenangkan.

Day One diluncurkan pertama kali pada tanggal 9 Maret 2011. Hingga kini aplikasi ini telah diunduh hingga 5 juta kali dan memenangkan beberapa penghargaan seperti Mac App of The Year 2012 dan Apple Design Award 2014. Day One hadir di iPhone, iPad dan Mac. Lalu apa saja fitur baru di Day One versi 2? Mari kita bahas.

Multiple Journal

Versi sebelumnya atau yang kini dinamakan Day One Classic hanya memiliki satu jurnal dan untuk mengorganisir entri, kita menggunakan Tag. Pada Day One 2, sang pengembang, Bloom Built menghadirkan hingga 10 jurnal yang bisa kamu miliki dalam aplikasinya. Sekarang kamu bisa memiliki jurnal pekerjaan, kesehatan, cinta-cintaan(cieeeee), bucket list hingga jurnal perjalanan kuliner kamu secara terpisah. Semuanya bisa kamu kustomisasi dengan warna yang berbeda-beda pula.

Multiple Photos

Pada Day One 2 kamu bisa menambahkan hingga 10 foto secara sekaligus dalam satu entri jurnal. Jika kamu sering travelling penambahan fitur yang satu ini cukup membantu dalam membuat jurnal perjalanan dengan menambahkan beberapa foto sekaligus dalam satu jurnal yang ada.

Day One, cara menyenangkan untuk mencatat jurnal harian

Day One Sync

Day One Sync adalah fitur sinkronisasi yang memungkinkan setiap jurnal yang kamu miliki tersedia di berbagai perangkat yang kamu miliki. Sebelumnya pengguna bisa menggunakan iCloud dan Dropbox sebagai sarana sinkronisasi jurnal dan penambahan Day One Sync dilakukan Bloom Built belakangan. Cukup bikin akun menggunakan email yang kamu miliki dan kamu sudah bisa mengaktifkan Day One Sync tersebut. Sinkronisasi melalui iCloud dan Dropbox kini tak lagi tersedia. Alasannya terkait dengan data yang sering hilang berdasarkan pengalaman sebelumnya di Day One Classic.

Custom Reminder

Membentuk journaling sebagai rutinitas diperlukan waktu. Untuk itulah Day One 2 menghadirkan notifikasi pengingat yang bisa kamu kustomisasi. Tujuan adanya pengingat ini agar kita dapat rutin menulis atau membuat jurnal.

Map View dan Photos View

Keduanya merupakana tambahan baru di Day One 2. Map View hadir di iOS sedangkan Photo View hadir di Mac. Dengan Map View kamu bisa melihat lokasi mana saja pada jurnal yang kamu buat. Melihat kembali foto-foto dalam jurnal pun juga mudah berkat Photos View ini.

Day One, cara menyenangkan untuk mencatat jurnal harian

Selain beberapa fitur di atas, Day One 2 juga masih memiliki beberapa fitur lainnya seperti backup data melalui iCloud, kemudahan mengelola entri jurnal hingga menghapus beberapa jurnal sekaligus dan sudah mendapat dukungan waktu lokal.

Day One sangat memudahkan dalam membuat jurnal harian. Lebih lagi, Day One dapat mengambil data-data seperti cuaca, lagu yang sedang didengarkan hingga jumlah langkah pada saat kamu sedang membuat jurnal harian.

Kesimpulan:

Day One merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk membuat jurnal. Tentu kamu bisa menggunakan aplikasi lain seperti Evernote untuk membuat jurnal dan catatan harian namun pengalaman yang dihadirkan pun berbeda dibandingkan dengan Day One. Berikut adalah video tentang Day One 2 yang bisa kamu lihat di bawah ini

Saya sendiri sudah mulai menulis jurnal dari tahun lalu. Ya meski masih belum rutin namun setidaknya kebiasaan baik ini akan saya terus pelihara. Jika kamu tertarik untuk memulai journaling atau malah sedang kebingungan bagaimana menulis jurnal baru, team Day One sudah memiliki sebuah halaman web tentang bagaimana orang-orang menggunakan Day One

Day One bisa Anda dapatkan di App Store:

  • Day One iOS – Rp 75ribu – Download
  • Day One Mac – Rp 299ribu – Download

Selain menulis review Day One 2, saya juga membawa kabar gembira! Saya memiliki sepasang kode promo Day One 2 untuk Mac dan iPhone/ iPad senilai lebih dari 300rb. Cara mendapatkannya pun mudah:

  1. Isi kolom komentar di bawah ini dengan masukan dan saran atau boleh topik yang ingin saya bahas di UNAPPOLOGETIC
  2. Follow Twitter (@unapplgtc) dan like Facebook (UNAPPOLOGETIC)
  3. Share artikel favorit kamu di UNAPPOLOGETIC ke media sosial kamu dengan mention @unapplgtc beserta alasan atau topik yang ingin kamu baca di UNAPPOLOGETIC. Bagikan juga artikel ini untuk kesempatan menang yang lebih banyak.
  4. Satu pemenang terpilih akan saya umumkan di Links Recap minggu ini
  5. Good luck!

2 Comments

  1. Eko Prasetyo
  2. Wina

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya