cool hit counter Tentang Face ID dan hal-hal yang perlu kamu ketahui | UNAPPOLOGETIC

Tentang Face ID dan hal-hal yang perlu kamu ketahui

Apple Watch dengan selular serta 3 versi iPhone baru sudah secara resmi diumumkan pada acara Apple Event semalam. Hal paling menarik dalam acara semalam sudah pasti kehadiran iPhone X dengan teknologi pengaman baru bernama Face ID. Apa itu Face ID dan mengapa Apple menghadirkan teknologi ini hanya di iPhone X? Mari kita bahas.

Apa itu Face ID?

Face ID adalah teknologi pengaman biometrik dengan menggunakan pengenalan wajah di iPhone X sebagai ganti dari Touch ID. Untuk menghadirkan Face ID, Apple harus menggunakan lebih dari satu neural network yang dibuat khusus untuk berjalan di prosesor A11 Bionic. Face ID membandingkan model matematis dari wajah pengguna dan membandingkannya dengan data yang sudah tersimpan sewaktu pertama kali mengatur fitur ini. Data model matematis ini disimpan di perangkat pada chip khusus Secure Enclave dan tidak akan dikirim ke server Apple manapun.

Bagaimana cara Face ID menentukan pengguna asli atau foto?

Apple menggunakan TrueDepth kamera pada iPhone X yang terdiri dari beragam sensor serta teknologi untuk memastikan keaslian dari wajah yang discan. Bukan sekedar memindah gambar wajah, TrueDepth kamera mampu memetakan kedalaman serta mengubahnya menjadi model matematis. Apple tidak membandingkan gambar yang dipindai dengan yang tersimpan melainkan model matematisnya.

TrueDepth kamera sendiri terdiri dari beberapa komponen yaitu:

  • 7PM camera
  • Infrared camera
  • Flood illuminator
  • Front camera dot projector (30K dots)
  • Proximity sensor
  • Ambient light sensor
  • Speaker Microphone

Lalu bagaimana kalau wajah saya berubah misal tumbuh kumis, brewok atau pakai kacamata?

Apple menggunakan lebih dari 30 ribu titik pemindai inframerah untuk memastikan keakuratan model matematis dari wajah penggunanya. Model matematis ini kemudian dikelola oleh neural networks dan dipelajari oleh perangkat. Jadi kalau wajah kamu berubah, Face ID tetap bisa akan mengenali.

Apakah Face ID bisa digunakan oleh aplikasi misal 1Password?

Ya, sama seperti Touch ID, Face ID bisa digunakan untuk melakukan autentikasi pada aplikasi pihak ketiga seperti 1Password atau aplikasi mobile banking.

Attention Awareness, apa itu?

Sebagai tambahan keamanan, Apple menambahkan Attention Awareness. Fitur yang memastikan bahwa kamu benar-benar sadar ketika melakukan pemindaian dengan Face ID. Artinya, iPhone tidak akan terbuka jika orang dengan sengaja melakukan pemindaian ketika kamu sedang tidur (menutup mata) ataupun tidak menatap ke iPhone.

Apakah iPhone X bisa menyimpan lebih dari satu wajah pada Face ID?

Sayangnya tidak. Apple hanya menginjinkan satu wajah yang terdaftar di Face ID. Jadi kalau kamu ingin orang lain dapat membuka iPhone X, kamu harus memberitahu passcode yang digunakan.

Di bawah ini adalah video penjelasan Face ID oleh Phil Schiller pada acara semalam

Masih banyak hal lain tentang Face ID yang menarik untuk dibahas. Artikel ini akan diupdate kembali ketika iPhone X sudah tersedia.

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya