Jenis – Jenis Scanner dan Fungsinya yang Perlu Kamu Ketahui

Scanner merupakan salah satu alat yang diperlukan khususnya untuk kamu pekerja kantoran. Alat ini berguna untuk memindahkan file / tulisan / objek berbentuk fisik ke bentuk digital. Tujuannya mungkin banyak macam, namun pada kantor biasanya bertujuan untuk bukti fisik dan bukti digital.

Tapi ternyata scanner ini juga terdiri dari beberapa macam loh. Apa saja itu? Simak artikel berikut:

1. Scanner Faltbed

Scanner jenis ini merupakan salah satu jenis scanner yang gampang dibawa kemana-mana karena ukuran yang tipis. Memiliki kelebihan harga yang cukup terjangkau dan kompatibel dengan berbagai sistem operasi komputer membuat scanner ini menjadi salah satu scanner idola. Namun kekurangannya adalah ini hanya sebatas scan dokumen saja. Selain itu tidak bisa scan sekali banyak karena membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Film Scanner

Teknologi film scanner ini sudah hampir tidak digunakan lagi pada saat ini karena dulu tujuannya adalah untuk menyimpan foto dan juga video. Alat ini berguna untuk menyimpan file film negatif yang lama untuk diabadikan.

Nah, sekarang masih adakah yang memakai film untuk pemotretan? Mungkin sudah sangat jarang ditemui ya.

3. Scanner Drum

Scanner jenis ini merupakan scanner untuk skala besar ataupun pabrikan. Bisa memberikan ukuran hingga 24000 pixel per inchi membuat scanner ini berbentuk seperti drum yang besar. Kelebihan utama dari scanner ini adalah bisa scan berbagai dokumen dan objek lainnya.

Selain itu scanner ini minim getaran sehingga menghasilkan hasil scan yang sangat rapi. Namun kekurangannya adalah harganya yang bisa dibilang cukup mahal atau bahkan sangat mahal. Selain itu juga tidak fleksible digunakan dalam kebutuhan sehari-hari.

4. Hand Scanner

Hand scanner ini bertujuan bukan untuk scan kertas tetapi untuk scan barcode. Nah, ini menggunakan prinsip mesin scanner yang biasanya scan file tertentu dan diubah menjadi scan barcode produk. Saat barcode di scan maka akan menghasilkan nomor tertentu yang diubah menjadi harga produk.

Hand scanner ini relatif mudah dilihat karena hampir semua store sekarang sudah menggunakannya. Kemudahan dalam penggunaan membuat alat ini menjadi sangat populer.

5. Roller Scanner

Roller scanner ini tujuan utamanya tetap untuk scan file atau kertas dalam ukuran panjang. Ukuran yang panjang membuat kamu akan semakin gampang untuk melakukan scan. Berbeda dengan flat scan yang hanya bisa untuk ukuran objek sebesar kertas, roller scanner ini bisa scan kertas yang cukup panjang karena dia akan melakukan rolling. Alat ini tidak banyak ditemukan karena biasanya digunakan untuk kebutuhan tertentu.

Leave a Comment