cool hit counter Melihat 5 tahun Tim Cook memimpin Apple dalam grafik | UNAPPOLOGETIC

Melihat 5 tahun Tim Cook memimpin Apple dalam grafik

Jan Dawson:

This week marks the fifth anniversary of Tim Cook’s appointment as permanent CEO at Apple—he was appointed CEO on August 24th, 2011. As a result, we’ll no doubt see quite a few retrospectives this week looking back over his time at Apple, and evaluating his tenure. As context for that analysis, I wanted to share some numbers about Apple in the quarter and year before he took over, and compare it with numbers for the quarter and year ending in June of this year.

87% dari total iPhone dan 90% dari iPad yang terjual hingga sekarang berada di era kepemimpinan Tim Cook. Tim Cook jugalah yang memastikan ketersediaan akan kedua perangkat tersebut berbanding lurus dengan permintaan pasar. Apple di bawah Tim Cook mengalami peningkatan keuntungan hingga dua kali lipat menjadi $200 milyar meski beberapa kuartal terakhir sempat menurun.

Keuntungan dari layanan yang digelar juga mengalami peningkatan di era Tim Cook. App Store dan Apple Music menjadi penyumbang terbesarnya. Apple TV sudah pasti menjadi sasaran Apple untuk menggelar layanan baru berikutnya. Layanan online streaming TV? Bisa saja.

Satu hal yang menarik dari data-data yang disampaikan adalah adanya peningkatan biaya yang dikeluarkan untuk Research and Development (R&D). Tidak hanya dalam jumlah dollarnya saja tetapi juga persen terhadap keuntungan yang diperoleh. Biaya R&D yang dihabiskan oleh Apple semasa Tim Cook naik menjadi 4% dari keuntungan dibandingkan dengan 2% sebelum kepemimpinannya.

Meski demikian, data yang tidak pernah dipaparkan oleh Apple adalah tentang keuntungan dan penjualan dari Apple Watch. Perangkat pertama yang dirilis semasa Tim Cook. Hal tersebut karena Apple tidak mengkategorikannya tersendiri seperti iPhone, iPad dan Mac. Apple menggabungkan Apple Watch ke dalam kategori Other bersamaan dengan iPod dan aksesoris lainnya.

Data yang menarik untuk dicermati tentang bagaimana performa Apple di bawah kendali Tim Cook. Mungkin perubahan Apple terbesar bukan dari penjualan dan keuntungan yang diperolehnya tetapi bagaimana Apple lebih terbuka terkait masalah sosial dan lingkungan namun tetap menjaga kerahasiaan pengembangan yang dilakukannya.

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya