cool hit counter Mengganti search engine dari Google ke DuckDuckGo di iPhone dan iPad | UNAPPOLOGETIC

Mengganti search engine dari Google ke DuckDuckGo di iPhone dan iPad

Selain menginstall 5 aplikasi utama di iPhone atau iPad, ada satu pengaturan lagi yang selalu saya ubah yaitu search engine di Safari. Secara default, Apple mengatur Google sebagai search engine default. Selain Google, ada Bing, Yahoo dan DuckDuckGo yang bisa kamu gunakan. Pilihan saya ada di DuckDuckGo.

DuckDuckGo memiliki beberapa keuntungan salah satunya adalah masalah privasi. Tidak seperti Google yang mengetahui seluruh aktivitas online kita, DuckDuckGo tidak menyimpan ataupun melacak apa yang pengguna cari melalui layanannya. Meski sama halnya dengan Google yang menampilkan iklan dalam layanannya, iklan pada DuckDuckGo tidak terlihat mengganggu dan saya bahkan sangat jarang menemuinya atau menyadari adanya iklan. Untuk mengganti search engine di iPhone atau iPad, caranya:

Mengganti search engine di iPhone atau iPad

  1. Buka aplikasi Settings, pilih Safari
  2. Pada bagian paling atas, pilih Search Engine
  3. Pilih DuckDuckGo

Mengganti search engine dari Google ke DuckDuckGo di iPhone dan iPad

That’s it! Sekarang setiap pencarian yang kamu lakukan dari iPhone atau iPad akan langsung menggunakan DuckDuckGo. Selain masalah privasi, ada satu fitur lagi yang membuat saya beralih dari Google yaitu !bang. !bang ibarat perintah yang bisa kamu tambahkan sebelum kata pencarian untuk mencari secara langsung dalam situs yang dituju.

Misalnya kamu ingin mencari sebuah video di Youtube, kamu bisa menggunakan ‘!youtube maroon 5’ dan DuckDuckGo akan secara langsung membawa kamu ke Youtube dan menampilkan hasil pencarian yang sesuai. Gunakan ‘!imdb interstellar’ misalnya maka DuckDuckGo akan secara langsung membawamu ke hasil pencarian intersetellar di laman IMDB. Ada ribuan perintah !bang yang bisa kamu gunakan mulai dari online services, shopping, tech dsb.

Mengganti search engine dari Google ke DuckDuckGo di iPhone dan iPad

Menggunakan !bang di DuckDuckGo untuk mencari langsung ke Youtube

 

Mengganti search engine dari Google ke DuckDuckGo di iPhone dan iPad

!bang !IMDB di DuckDuckGo

Hasil pencarian kamu kurang lengkap dan ingin mencari di Google? DuckDuckGo menyediakan !bang untuk melakukan pencarian di Google. Cukup gunakan perintah !google sebelum kata pencarian. Dengan menggunakan bang, kamu bisa mempercepat pencarian dengan langsung menuju ke website atau layanan yang diinginkan.

Saya sarankan untuk mencoba DuckDuckGo sebagai search engine di iPhone dan iPad kamu lalu gunakan !bang untuk mempercepat serta mempermudah pencarian. Dengan DuckDuckGo, melakukan pencarian bukan hanya lebih cepat namun juga aman dan privasi terjaga.

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya