cool hit counter Menggunakan keyboard shortcut di iPad | UNAPPOLOGETIC

Menggunakan keyboard shortcut di iPad

Bisa nge-blog dari mana saja merupakan keinginan saya setelah membuat UNAPPOLOGETIC. Oleh karena itu pada beberapa kesempatan saya mencoba untuk mengaturnya agar pas dengan workflow menulis saya baik di iPhone, iPad atau Mac sekalipun. Termasuk menggunakan Amazon AWS dan CDNnya untuk menyimpan gambar dan assets lainnya.

Sebenarnya saya bisa saja ngeblog langsung di iPhone atau iPad menggunakan aplikasi resmi WordPress, but I won’t do it. Aplikasi resmi WordPress di iPhone dan iPad meski mendukung untuk membuat postingan baru namun kurang menyenangkan ketika digunakan. Saya lebih memilih menggunakan Ulysses yang sekarang di versi betanya sudah support untuk mengupload tulisan ke dashboard WordPress.

Untuk menulis, saya sekarang lebih memilih menggunakan iPad dengan tambahan Logitech Folio Case. Dengan external keyboard, menulis di iPad jadi lebih mudah dan nyaman ketimbang harus mengetik dengan software keyboard. Dan kini, iPad sudah mendukung beberapa keyboard shortcut untuk mempercepat pengoperasian. Tak hanya tersedia pada level sistem operasinya saja, namun beberapa pengembang juga sudah menambahkan dukungan keyboard shortcut pada aplikasinya.

Berikut daftar keyboard shortcut umum pada iOS 9 ke atas pada iPad

  • Command + Tab: Mengaktifkan application switcher sama seperti di Mac
  • Esc: Berfungsi mirip Home button, tekan 1 kali untuk menutup aplikasi dan tekan 2 kali untuk mengakses multitasking
  • Command + Space: Mengakses pencarian lewat Spotlight

Keyboard shortcut di setiap aplikasi pun bisa berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, cukup tekan dan tahan tombol Command. Misalnya, jika sedang browsing-browsing menggunakan Safari, kamu bisa menggunakan panah ke atas dan bawah untuk scrolling atau menggunakan tombol Space untuk beralih ke bagian bawah laman web. Untuk membuka tab baru tekan kombinasi Command + T. Misal ingin mengunjungi laman web yang lain kamu bisa gunakan Command + L untuk mengakses address bar.

Dengan adanya keyboard shortcut, menggunakan keyboard eksternal di iPad menjadi lebih menyenangkan ketimbang harus tap tombol di layar. Selain itu membuat pengoperasian juga lebih cepat, misalnya ketika mengedit tulisan di Ulysses. Ya, iPad kini lebih dari sekedar alat untuk mengkonsumsi konten buat saya. iPad menjadi perangkat yang lebih banyak saya gunakan untuk bekerja daripada Mac.

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya