cool hit counter Rapikan ikon di menu bar Mac dengan Bartender

Rapikan ikon di menu bar Mac dengan Bartender

Menu bar pada OS X dapat memberikan informasi terkait beberapa aplikasi yang sedang berjalan. Sayangnya jumlah ikon di menu bar akan berjalan seiring dengan bertambahnya jumlah aplikasi yang diinstall. Nah, untuk merapikan menu bar supaya terlihat lebih bersih saya menggunakan aplikasi bernama Bartender 2.

Bartender 2 dapat menyembunyikan ikon serta keterangan lainnya dengan menambahkan sebuah bar di bawah menu bar. Bar tambahan ini bisa Anda akses melalui ikon Bartender ataupun hot key/ keyboard shortcut yang telah diatur. Selain menyembunyikan dan hanya menampilkan informasi penting pada menu bar utama, Anda juga bisa mengatur posisi serta urutan ikon-ikon tersebut. Caranya pun cukup mudah, cukup Command + drag pada ikon yang ingin dipindah posisinya.

Versi terbaru dari Bartender 2 sudah memiliki UI yang selaras dengan OS X El Capitan. Agar lebih mudah mengakses sebuah ikon, Bartender 2 menyediakan fitur search. Cukup klik pada Bartender ikon dan ketik nama ikon dari aplikasi yang ingin dicari. Nah, untuk urusan navigasi antar ikon, Anda bisa menggunakan tombol panah.

Rapikan ikon di menu bar Mac dengan Bartender

Untuk menyembunyikan ikon pada menu bar, buka Bartender 2 Preferences lalu pilih Show in Bartender Bar, not in Menu Bar pada pilihan Menu Bar Item. Tak hanya menyembunyikan ikon aplikasi, Bartender 2 bahkan bisa mennyembunyikan ikon Wi-Fi, Bluetooth, Notification Center, Spotlight yang dimiliki sistem. Jika Anda ingin Bartender berjalan secara otomatis ketika Mac menyala, centang pada pilihan “Launch Bartender at Login” di bagian General.

Bartender prefs

Jika Anda belum yakin untuk membeli Bartender 2, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 4 minggu. Setelah lewat dari 4 minggu, Anda bisa membeli license sebesar Rp 220 ribu melalui tautan ini. Nah, bagi Anda yang sudah memiliki dan menggunakan Bartender 1 sebelumnya, Anda bisa upgrade license ke Bartender 2 sebesar Rp 110 ribu. Untuk lebih meyakinkan lagi, coba bandingkan dua gambar di bawah ini sebelum dan sesudah menggunakan Bartender 2:

Rapikan ikon di menu bar Mac dengan Bartender

Sebelum menggunakan Bartender

Rapikan menu bar ikon dengan Bartender

Setelah menggunakan Bartender

Saya sih lebih menyukai tampilan menu bar yang lebih rapi dan bersih ketimbang harus penuh dengan berbagai macam ikon aplikasi. Bagi saya, Bartender adalah aplikasi Mac yang wajib diinstall setelah melakukan clean install. Tertarik menggunakan Bartender 2?

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya