cool hit counter Tips mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp | UNAPPOLOGETIC

Tips mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp

Untuk memberikan pengamanan lebih, biasanya beberapa website atau aplikasi menambahkan fitur verifikasi dua langkah. Jadi selain meminta password, akan ada satu kode 6 digit angka lagi yang harus disediakan untuk bisa login. Kode ini bisa didapatkan dengan mendaftarkan no telepon ke website atau aplikasi tersebut ataupun menggunakan aplikasi sepeti Authy, Lastpass atau 1Password.

Nah, belum lama ini aplikasi pesan instan populer WhatsApp juga menambahkan fitur verifikasi dua langkah (Two-Step Verification). Dengan semakin canggihnya metode hacking sekarang ini, verifikasi atau autentikasi dua langkah menjadi penting untuk digunakan. Untuk mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di WhatsApp, caranya:

Mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp

  1. Masuk ke WhatsApp
  2. Tap pada bagian Settings
  3. Pilih Account
  4. Tap pada pilihan Two-Step Verification
  5. Tap Enable
  6. Masukkan 6 digit angka yang akan digunakan sebagai passcode
  7. Konfirmasi kembali 6 digit angka yang sebelumnya dimasukkan
  8. Masukkan alamat email yang kamu gunakan. Fungsinya untuk mereset kembali passcode jika kamu lupa suatu saat nanti.
  9. Tap Next
  10. Konfirmasi email yang sebelumnya dimasukkan
  11. Tap Done

Tips mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp

Tips mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp

Tips mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp

Agar kamu tidak lupa dengan passcode yang sudah diatur, WhatsApp akan memintamu untuk memasukkan passcode tersebut tiap 7 hari, menurut laman FAQ WhatsApp.

Lalu bagaimana kalau kita lupa passcode dan tidak mendaftarkan email atau tidak memiliki akses ke email yang didaftarkan?

Kamu tetap bisa mengakses akun WhatsApp-mu setelah 7 hari tanpa passcode namun pesan yang diterima dalam rentang waktu tersebut akan hilang. Apabila kamu ingin mengaksesnya kembali setelah lebih dari 30 hari dari terakhir maka WhatsApp akan menganggapmu membuat akun baru. Semua data di akun yang lama akan hilang.

Oleh sebab itu, gunakan email yang selalu diakses dan pastikan penulisannya benar sewaktu mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp. WhatsApp tidak mengirimkan konfirmasi ke alamat email sewaktu kamu mengaktifkan fitur ini.

Ada pertanyaan?

Ingat, identitas akun online itu sama pentingnya dengan identitas berbentuk fisik seperti KTP, SIM atau NPWP jadi pastikan selalu menjaganya dengan baik. Jangan sampai jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab dan disalahgunakan. Ada pertanyaan seputar mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di WhatsApp? Langsung sampaikan di kolom komentar di bawah ya!

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya