cool hit counter Tips Menggunakan Opera VPN di iPhone dan iPad | UNAPPOLOGETIC

Tips Menggunakan Opera VPN di iPhone dan iPad

Opera kini bukan hanya sekedar browser. Baru saja Opera meluncurkan sebuah aplikasi yang membuatmu bisa lancar internetan yang bernama Opera VPN. Dengan VPN kamu bisa internetan dengan aman dan bebas mengunjungi situs tanpa pemblokiran. Opera VPN merupakan aplikasi standalone yang bisa kamu gunakan di iPhone atau iPad secara gratis dan bisa kamu gunakan langsung selama memiliki paket data internet.

Opera menggunakan layanan SurfEasy VPN yang telah diakuisisinya pada Maret yang lalu. Meski SurfEasy memiliki aplikasinya sendiri di Android, iOS dan desktop namun SurfEasy menerapkan biaya berlangganan setelah trialnya abis. Penasaran seperti apa Opera VPN dan cara menggunakannya? Mari kita bahas.

Opera VPN dapat diunduh secara gratis di App Store. Ketika hendak mengunduh Opera VPN, saya dialihkan ke App Store US. Ada kemungkinan aplikasinya belum tersedia di App Store Indonesia namun jika kamu memiliki akun Apple ID USA, kamu bisa langsung mengunduhnya. Kalau belum memiliki akun Apple ID USA, cek cara bikinnya di sini.

Setelah aplikasinya terinstall:

Mengaktifkan Opera VPN

  1. Buka Opera VPN, tap Continue. Kamu bisa mengikuti pendahuluannya atau menekan Skip pada sebelah kanan atas.
  2. Selanjutnya ada sebuah profil VPN yang harus diinstall oleh Opera VPN, tap Allow pada pop up yang muncul.
  3. Untuk mengaktifkan VPN, cukup aktifkan pada panel Settings.

Tips Menggunakan Opera VPN di iPhone dan iPad

Kamu akan secara otomatis terhubung dengan server VPN terdekat dengan lokasi kamu. Ada beberapa pilihan lokasi seperti Kanada, Jerman, Belanda, Singapura dan Amerika Serikat yang bisa kamu gunakan. Cara menggantinya pun mudah.

Mengganti Server VPN di Opera VPN

  1. Setelah Opera VPN aktif, tap pada tombol bergambar petir di ujung atas sebelah kanan
  2. Sebuah pop-up akan muncul dan kamu bisa memilih server VPN di daerah mana yang akan kamu gunakan.
  3. Setelah memilih lokasi server baru, koneksi internet kamu akan berpindah ke negara yang kamu pilih.

Tips Menggunakan Opera VPN di iPhone dan iPad

Opera VPN juga menyediakan fitur pemblokiran iklan serta pelacak yang terdapat pada web yang sedang kamu kunjungi. Agar semakin informatif, Opera juga menyediakan fitur statistik untuk melihat seberapa banyak iklan dan trackers yang sudah terblokir selama kamu internetan.

VPN dapat menjadi salah satu cara untuk mengunjungi website yang terkena pemblokiran oleh penyedia layanan internet. Bukan bermaksud untuk mengajarkan yang tidak-tidak namun pemblokiran yang dilakukan oleh pemerintah agak menyebalkan menurut saya. Bagaimana menurutmu? Apakah akah menggunakan Opera VPN? Sampaikan di kolom komentar ya!

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya