cool hit counter Vanilla, aplikasi alternatif dari Bartender untuk merapikan ikon aplikasi pada menu bar | UNAPPOLOGETIC

Vanilla, aplikasi alternatif dari Bartender untuk merapikan ikon aplikasi pada menu bar

Salah satu aplikasi yang wajib diinstall pada Mac baru ataupun yang sehabis install ulang macOS versi saya adalah Bartender. Tugasnya sederhana, merapikan ikon-ikon aplikasi yang berada di menu bar. Menjadikannya lebih rapi dan terlihat lebih lega. Dengan Bartender, ikon aplikasi bisa dipindahkan ke bar tambahan yang selanjutnya bisa kamu akses dengan klik pada ikon Bartender atau dengan mengatur keyboard shortcut.

Bartender merupakan aplikasi berbayar seharga Rp 200ribuan dan bisa kamu coba terlebih dahulu selama 2 minggu. Apabila kamu mencari alternatif yang lebih murah dengan fungsi yang hampir mirip dengan Bartender, rekomendasi saya adalah Vanilla dari developer indie Matthew Palmer.

Fungsinya mirip dengan Bartender namun gratis!

Vanilla bisa kamu unduh di sini dan digunakan secara gratis. Fungsinya mirip dengan Bartender, merapikan ikon aplikasi di menu bar dengan menyembunyikannya pada sebuah tombol khusus. Bedanya, jika Bartender menyembunyikan ikon-ikon tersebut pada sebuah bar tambahan, Vanilla tidak, melainkan Vanilla akan menyembunyikan ikon aplikasi pada sebuah tombol yang bisa bergeser. Ketika Vanilla dijalankan, ada sebuah titik dan tanda panah ke kiri. Ikon-ikon yang akan disembunyikan oleh Vanilla harus berada di antara dua simbol tersebut.

Untuk mengatur susunan ikon aplikasi, kamu bisa menggesernya disertai dengan menekan tombol Command.

Vanilla, aplikasi alternatif dari Bartender untuk merapikan ikon aplikasi pada menu bar

Ya, Vanilla bisa kamu gunakan secara gratis, tetapi kalau kamu ingin merasakan fiturnya secara lengkap, ada in-app-purchase sebesar $3.99 yang bisa kamu bayar. Fitur yang dibuka meliputi pengaturan untuk menjalankan aplikasinya ketika Login di Mac, mode sembunyi ikon otomatis setelah 5 menit dan mode untuk menyembunyikan ikon secara permanen.

Meski secara fitur Vanilla tidak selengkap Bartender, namun setidaknya bisa kamu jadikan alternatif untuk membuat tampilan menu bar lebih rapi dan lega. Oh ya, untuk dapat menggunakan Vanilla, pastikan Mac kamu sudah menggunakan macOS Sierra ya! Bagaimana menurutmu? Tertarik menggunakan Vanilla di Mac kamu? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Gambar: Vanilla | Matthew Palmer

  • Download – Vanilla – Gratis ($3.99 untuk fitur lengkap)

Leave a Reply

Berlangganan
UNAPPOLOGETIC Newsletter

Dapatkan beragam informasi, berita seputar Apple juga tips dan trik perangkat iPhone, iPad dan Mac setiap minggunya